Cara Memilih Skema Warna untuk Interior Rumah Minimalis

Cara Memilih Skema Warna untuk Interior Rumah Minimalis


Warna adalah hal yang penting saat merancang Interior rumah minimalis. Hal ini sebenarnya sangat penting dalam setiap aspek terutama dalam desain rumah. Dengan banyaknya warna yang tersedia, orang mungkin akan merasa bingung warna apa yang cocok digunakan untuk interior rumah minimalis mereka. Beberapa orang akan puas dengan warna yang umum seperti putih dan krem tetapi ada juga yang akan bereksperimen dengan berbagai warna. Tapi, bagaimana Anda bisa memilih Anda? Jika Anda merasa sulit untuk memilih warna, kami akan memberikan beberapa tips tentang bagaimana Anda bisa melakukan itu.

Dalam menggunakan warna dekorasi dan perancangan, ada nilai-nilai yang berbeda yang harus dipertimbangkan: ringan, menengah dan gelap. Dinding dan lantai yang diberi warna terang sehingga aksesoris di dalamnya akan mendapatkan perhatian yang lebih. Lantai selalu lebih gelap daripada dinding sehingga tidak akan terlihat seperti mengambang. Untuk perawatan furnitur dan jendela, sebaiknya menggunakan warna nilai menengah. Warna gelap dapat digunakan sebagai aksen yang tersebar di seluruh interior. Berikut ini beberapa tips tentang bagaimana Anda dapat memilih skema warna untuk interior Anda :

  • Rencana ke depan.
 gambar: Svetlana Nezus
Ada banyak cara untuk mempertimbangkan hal ini. Tetapi jika Anda benar-benar ingin skema warna interior terbaik, Anda dapat mencoba menggunakan sebuah papan sampel warna dan wallpaper. Anda juga dapat membuat scrap book sehingga Anda dapat menguji berbagai kombinasi warna. Bisa juga meminta sampel-sampel warna dari toko sehingga anda bisa mendapatkan warna-warna dengan lebih banyak pilihan. Campur dan mencocokkan sehingga Anda mendapat kombinasi terbaik untuk interior Anda. Pilih warna dengan cermat, karena warna sangat berpengaruh di masa depan.
  • Buat kontinuitas dan berkesinambungan.
 gambar: Semsa
Periksa apakah ruangan lain dapat dilihat saat Anda berada di bagian yang berbeda dari rumah. Jika bisa dilihat, Anda harus memastikan bahwa warna akan koheren dengan bagian lain rumah yang terlihat. Jika tidak, maka anda bisa membuat desain yang berbeda. Rencanakan skema warna rumah Anda dalam kaitannya dengan kamar lain berdasarkan pada seberapa besar dapat dilihat dari ruangan itu. Dengan cara ini, Anda akan mampu menciptakan ruangan yang saling berkesinambungan. Rencanakan skema warna Anda dalam kaitannya dengan berapa banyak setiap kamar terlihat dari ruangan lain.
  • Pilih warna yang Anda sukai.
gambar: Snuff75x

Pilih beberapa warna yang Anda sukai, misalnya empat warna inti dan mungkin dua pola. Kombinasikan warna-warna tersebut dan lihatlah apakah mereka terlihat menyatu dan seimbang, jika tidak, pilihlah warna lain atau pola yang berbeda. Cobalah kombinasi yang berbeda. Mulailah dengan memilih satu warna atau skema monokromatik dan kemudian menambahkan warna lain yang terlihat sesuai dengan warna itu. Harus ada satu warna dominan yang akan menjadi warna utama Anda dan kemudian warna yang lain sebagai pelengkap. Dengan metode ini pasti akan membantu Anda memilih skema warna yang baik untuk interior rumah minimalis Anda.
  • Mulailah dengan pola.
Selain dengan mengatur warna favorit, anda juga bisa memilih pola favorit. Pilih pola terbaik yang Anda sukai dan kemudian pilih warna yang akan terlihat serasi dengan warna yang sudah anda tentukan. Jika Anda suka pola berwarna-warni, Anda harus memastikan semua unsur akan cocok. Anda juga dapat mencoba menggunakan kontras agar terlihat lebih menarik.
  • Uji coba cat.
gambar: Rusu Ruslan
Cara lain yang baik dari pemilihan warna cat adalah dengan melakukan eksperimen. Cat terlihat berbeda ketika mengering dan ketika cahaya mengenai benda tersebut. Jadi, cobalah mengecat sebagian kecil dari dinding seperti bagian bawah setinggi 5-8 cm. Biarkan mengering dan amati bagaimana hasilnya jika terkena cahaya lampu dan tanpa cahaya lampu.
  • Pilih warna untuk ruang yang tepat.
gambar: Irena
Setiap kamar memiliki fungsi yang berbeda dan dalam penggunaannya. Selain itu juga memiliki berbagai ukuran dan bentuk. Oleh karena itu, Anda akan perlu warna yang berbeda untuk masing-masing ruang. Tentukan warna yang sesuai dengan ruang tertentu. Warna terang biasanya digunakan untuk dinding dengan lantai gelap. Misalnya, jika ruangan Anda kecil, jangan gunakan warna gelap karena akan membuatnya tampak lebih kecil. Gunakan warna-warna terang. Anda dapat menambahkan beberapa warna gelap sebagai aksen, tetapi bukan sebagai warna dasar atau warna utama.
  • Menentukan skema warna dari aksesoris dan dekorasi.
gambar: Ozhan
Periksa karpet Anda, karpet, lukisan dan barang-barang lain yang sudah ada di ruangan anda. Anda dapat menggunakannya sebagai warna dasar. Pilih warna yang akan cocok dengan interior tersebut. Jika Anda memiliki karpet dan tirai berwarna-warni, Anda bisa memilih salah satu warna. Tekstur dari dekorasi rumah Anda dapat membuat tampilan lebih dimensial akan terlihat lebih menarik.
  • Sesuaikan dengan suasana hati.
gambar: Eja87
Tanyakan pada diri sendiri bagaimana suasana hati yang Anda rasakan. Hal ini dapat membantu Anda memilih warna. Jika Anda menggunakan warna yang kalem, akan menciptakan suasana yang tenang. Warna jenis ini misalnya warna-warna seperti beige, krem putih, coklat dan lain-lain. Anda juga dapat memilih warna-warna cerah dan berani untuk membuatnya terlihat hidup dan penuh energi seperti warna merah, oranye, biru dan warna-warna cerah lainnya. Anda juga dapat menggunakan warna-warna sebagai aksen.
  • Lihatlah sekeliling Anda.
gambar: Pixersize
Lihatlah di sekitar Anda dan periksa apa pun yang bisa memberi Anda gambaran tentang apa warna yang cocok untuk digunakan. Anda dapat melihat wallpaper atau pola furnitur. Anda bahkan dapat melihat pakaian favorit Anda! Skema warna pakaian favorit Anda pasti selaras dengan ruangan anda. Anda dapat mencoba menggunakan kombinasi untuk rumah Anda sendiri.
  • Carilah inspirasi.
gambar: Skyknightb
Ini bisa menjadi cara termudah untuk memilih skema warna. Carilah majalah desain interior yang memiliki fitur yang indah. Anda juga dapat menelusuri situs-situs yang dapat memberikan inspirasi desain interior. Anda dapat memilih skema warna yang paling Anda sukai.

Memang ada cara yang berbeda untuk memilih skema warna untuk rumah Anda, tetapi pastikan semua warna dapat saling melengkapi dengan baik satu sama lain dan selaras dengan aksesoris interior lainnya, furnitur dan perabot di rumah Anda. Jika Anda tidak yakin apa warna yang sebaiknya digunakan setelah melakukan langkah di atas, maka lebih baik Anda menyewa seorang desainer interior sehingga Anda bisa mendapatkan kesempurnaan warna dari desainer profesional.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memilih Skema Warna untuk Interior Rumah Minimalis"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel