Merancang Desain Perpustakaan dalam Rumah Minimalis

Banyak orang yang benar-benar suka membaca dan mengumpulkan berbagai jenis buku. Bagi Anda yang cinta membaca pasti akan merasa puas jika dikelilingi oleh buku-buku favorit yang ditulis oleh penulis yang Anda sukai. Anda dapat mengumpulkan berbagai jenis buku mulai dari komik, novel, fiksi, pengetahuan hingga buku fakta. Jika Anda benar-benar seorang pencinta buku, pasti Anda ingin memiliki sebuah perpustakaan rumah di mana Anda dapat mengatur buku-buku Anda dan di mana Anda dapat menikmati waktu yang tepat untuk membacanya. Tapi bagaimana Anda bisa mengintegrasikan perpustakaan ke dalam rumah?


Apa pun jenis tata letak yang Anda miliki dan tidak peduli ukuran rumah minimalis Anda, Anda masih dapat memiliki perpustakaan rumah Anda sendiri. Anda tidak harus memiliki ruang yang besar untuk membuat perpustakaan dalam rumah. Bagi Anda yang sangat bersemangat untuk memilikinya, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk merancang perpustakaan di rumah, meskipun dalam ruang yang kecil :

  • Tentukan kebutuhan Anda
Merancang Desain Perpustakaan dalam Rumah Minimalis
Gambar: Bebitalia

Hal ini akan menjadi faktor dasar yang harus dipertimbangkan dalam merancang sebuah perpustakaan dalam rumah. Anda harus tahu apa yang Anda inginkan dan apa yang Anda butuhkan di dalam perpustakaan Anda nanti. Anda dapat menentukan jenis pencahayaan yang Anda butuhkan. Sleain itu, Anda juga dapat merencanakan tata letak, aksesoris, pengaturan buku dan hal penting lainnya. Cobalah untuk mempertimbangkan kebutuhan anggota keluarga Anda yang lain yang akan menggunakan perpustakaan juga. Jika Anda sudah memikirkannya dengan baik, maka Anda sekarang sudah dapat mulai dekorasi perpustakaan rumah Anda.
  • Pilih lokasi yang tepat
Merancang Desain Perpustakaan dalam Rumah Minimalis
Gambar: Jheteg

Hal ini sangat penting bagi Anda untuk mengetahui di mana lokasi perpustakaan yang tepat. Pertimbangkan berapa banyak ruang yang Anda miliki dengan melihat tata letak rumah Anda. Jika Anda memiliki ruang kecil, maka Anda hanya dapat menempatkan rak atau lemari buku dengan ukuran kecil dan sedikit area untuk membaca. Anda juga dapat menggunakan ruang tamu untuk membaca jika memang benar-benar sudah tidak ada lagi ruang yang khusus untuk membaca. Sebuah sudut kecil yang tenang sudah bisa menjadi perpustakaan rumah yang baik. Tetapi jika rumah Anda besar, Anda dapat memiliki ruang yang terpisah sebagai perpustakaan.
  • Kebutuhan tempat penyimpanan
Merancang Desain Perpustakaan dalam Rumah Minimalis
Gambar: Jade516

Cobalah untuk menentukan berapa banyak buku yang Anda miliki dan berapa banyak buku yang akan Anda beli lagi. Dengan cara ini, Anda dapat menentukan jenis rak buku yang sesuai. Anda dapat menggunakan rak buku dari lantai hingga langit-langit jika Anda memang memiliki banyak buku. Anda juga dapat menggunakan rak terbuka jika buku Anda tidak begitu banyak. Cobalah untuk menyesuaikan rak buku dengan konsep desain interior rumah Anda.
  • Rak buku yang baik
Merancang Desain Perpustakaan dalam Rumah Minimalis
Gambar: Erick

Pastikan bahwa rak buku yang Anda pilih dapat menjaga buku-buku berharga Anda dengan baik. Pastikan semua komponen rak sudah terpasang dengan baik untuk menghindari kerusakan karena terlalu banyak beban yang berat. Jangan menambahkan banyak dekorasi seperti vas bunga, patung, ukiran kayu dan asesoris lainnya di atas rak buku. Buatlah suasana yang sederhana. Biarkan pengaturan buku dan aksesoris lainnya menciptakan desainnya sendiri. Anda tidak perlu berlebihan. Pilih rak buku yang tepat dan berkualitas untuk perpustakaan Anda. Ada rak yang berbahan dasar kayu, besi dan aluminium dan bahan lainnya. Selain itu, sangat penting untuk memilih desain rak buku yang memungkinkan sirkulasi udara yang baik untuk menghindari buku Anda ditumbuhi jamur karena kelembaban yang berlebihan.
  • Pilihan warna
Merancang Desain Perpustakaan dalam Rumah Minimalis
Gambar: Alapaap

Anda bisa memberi warna rak sesuai dengan keinginan Anda dengan catatan harus sesuai dengan warna ruangan Anda. Pilih warna yang nyaman untuk Anda ketika membaca dan memberi kesan santai karena warna yang tegang akan membuat Anda tidak dapat berkonsentrasi ketika membaca. Warna perpustakaan dapat berwarna-warni jika memang Anda menginginkannya. Anda bahkan dapat menggunakan warna favorit Anda dalam perpustakaan.
  • Furnitur
Merancang Desain Perpustakaan dalam Rumah Minimalis
Gambar: Bebitalia

Setelah menentukan ruangan, Anda sekarang dapat memilih furnitur yang ingin Anda gunakan dalam perpustakaan. Umumnya, akan selalu ada meja dan kursi di dalam perpustakaan selain rak buku. Ukuran ruangan dapat menjadi dasar bagi Anda untuk menentukan berapa banyak meja dan kursi yang dapat ditampung. Anda tidak perlu memasangkan meja dan kursi seperti di perpustakaan umum. Anda juga dapat menempatkan meja di sudut dengan lampu atau dekorasi lainnya untuk menghemat tempat. Pilihlah furnitur sederhana untuk perpustakaan Anda dan semuanya nyaman untuk digunakan.
  • Pengaturan dan tata letak
Merancang Desain Perpustakaan dalam Rumah Minimalis
Gambar: Marc Canut

Tata letak yang baik sangat penting dalam perpustakaan. Susunlah rak buku serta furnitur lainnya untuk membuat lalu lintas yang baik. Buku juga harus memiliki pengaturan yang baik sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mencari buku yang Anda butuhkan. Ada baiknya untuk menggunakan rak buku terpisah untuk buku-buku baru.
  • Pencahayaan yang tepat
Merancang Desain Perpustakaan dalam Rumah Minimalis
Gambar: Luis Tejeda

Pencahayaan sangat penting karena Anda akan kesulitan membaca tanpa pencahayaan yang tepat. Pada siang hari, Anda dapat menggunakan cahaya alami dari jendela. Sinar matahari cukup untuk membaca jika ventilasi dan jendela dalam perpustakaan Anda cukup banyak. Ketika malam hari, Anda dapat menggunakan lampu, baik lampu atap ataupun lampu khusus membaca. Anda juga bisa memasang lampu dinding dan jensi lampu lainnya untuk dekorasi saja. Pilihlah lampu yang terang dan sesuai untuk membaca karena lampu yang terlalu terang juga tidak nyaman. Anda juga dapat menambahkan dimmer (pengatur intensitas cahaya) sehingga Anda dapat membaca dengan nyaman setiap waktu.
  • Layout vertikal
Merancang Desain Perpustakaan dalam Rumah Minimalis
Gambar: Mobileffe

Dalam perpustakaan dengan tempat terbatas akan lebih baik untuk menggunakan layout vertikal untuk dapat menghemat ruang. Anda dapat menggunakan ketinggian yang bervariasi untuk rak buku dinding. Layout vertikal juga cocok sebagai tempat penyimpanan asesoris dan dekorasi yang dapat membuat tampilan yang lebih rapi dan dapat menjadi hiasan yang bagus.
  • Tempatkan perpustakaan dekat jendela
Merancang Desain Perpustakaan dalam Rumah Minimalis
Gambar: Bertrand Benoit

Akan lebih baik jika perpustakaan Anda terletak di dekat jendela untuk memaksimalkan cahaya alami masuk terutama di siang hari. Anda pasti  tidak ingin memiliki perpustakaan yang gelap. Selain itu, ketika Anda membaca buku di dekat jendela akan memberi Anda pemandangan yang baik dari luar. Selain itu, fungsi penting lainnya dari jendela adalah memberi kesempatan mata Anda untuk melihat area yang jauh untuk mengembalikan otot mata ke kondisi semula karena terlalu banyak membaca akan membuat mata Anda lelah.

Anda pasti sudah dapat merancang desain perpustakaan rumah Anda sendiri dengan beberapa tips di atas. Tetapi ingatlah bahwa perpustakaan rumah tidak hanya untuk orang-orang yang mencintai buku karena Anda dapat membuat suasana perpustakaan yang berbeda dengan perpustakaan yang begitu tenang pada umumnya. Anda juga dapat bersantai sambil membaca majalah. Dengan demikian, perpustakaan dapat menjadi tempat yang tepat untuk menghilangkan stress yang membelenggu Anda. Jadikan perpustakaan rumah Anda menjadi tempat berkumpul keluarga yang nyaman.

Belum ada Komentar untuk "Merancang Desain Perpustakaan dalam Rumah Minimalis"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel