Tips Dekorasi Furnitur Ruang Tamu Unik

Mengatur dekorasi ruang tamu bisa sangat bervariasi tergantung ukuran ruangan yang Anda miliki apakah besar atau kecil. Jenis ruangan akan memerlukan berbagai jenis penanganan jika kita berbicara tentang dekorasi dan pengaturan. Jika Anda telah membeli furnitur dan asesoris untuk ruang tamu Anda, hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengaturan yang baik. Tetapi jika Anda masih berencana untuk membeli beberapa barang lagi, pertimbangkanlah penempatannya dalam ruangan terlebih dahulu agar dapat pas dengan ukuran ruangan. Penataan ruang tamu memang penting untuk menciptakan aura yang baik dalam ruangan. Hal ini juga bisa membuat ruang tamu Anda lebih ramah dan menyambut.


Jadi, jika Anda mengalami kesulitan mengenai bagaimana Anda untuk mengatur furnitur dan perabot di ruang tamu, kami akan memberikan beberapa tips tentang cara yang tepat untuk mengorganisir ruang tamu. Tapi sebelumnya, ingatlah bahwa dalam ruang tamu tidak hanya ada furnitur tetapi juga ada hal-hal lain di dalamnya. Bahkan dekorasi seeprti wallpaper dinding serta penataan meja dan kursi merupakan faktor yang penting. Jadi tips-tips berikut ini pasti bermanfaat bagi Anda :

  • Ukuran ruang tamu
Tips Dekorasi Furnitur Ruang Tamu Unik
Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah ukuran ruang tamu Anda. Hal ini dapat membantu Anda menentukan apakah furnitur yang akan Anda tempatkan di dalamnya akan sesuai. Ukuran yang pas yaitu tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Selain itu, Anda mungkin perlu memeriksa lebar pintu masuk untuk memasatikan apakah barang-barang Anda dapat masuk dengan baik, karena ada jenis furnitur besar yang pastinya tidak akan muat dengan pintu yang kecil.
  • Membagi ruangan
Tips Dekorasi Furnitur Ruang Tamu Unik
Jika Anda memiliki sebuah ruangan yang berukuran besar, membagi ruang akan menciptakan dua area ruangan. Anda dapat menempatkan karpet penuh atau karpet area untuk memperlihatkan ruang tamu utama dan menunjukkan kepada para tamu ruang tamu dalam ruangan yang besar tersebut. Manfaatkan sofa sebagai furnitur utama, kemudian buat area yang berbeda yang berisi beberapa kursi juga. Pastikan ada jalur yang mudah antara ruang utama dan ruang tambahan.
  • Kombinasi ukuran dan gaya furnitur
Tips Dekorasi Furnitur Ruang Tamu Unik
Sebuah ruang tamu dengan ukuran sofa dan dekorasi yang sama akan terlihat membosankan dan monoton. Itulah sebabnya akan lebih baik jika Anda menempatkan furnitur berbagai ukuran, atau mungkin juga gaya yang berbeda-beda. Hal ini akan menambah daya tarik visual ke dalam ruangan dengan menciptakan volume yang berbeda di ruangan yang sama. Anda juga dapat menambahkan sandaran dan perabotan lain di dalamnya. Selain menggunakan satu set furnitur sejenis, tidak ada salahnya mencoba untuk menggunakan jenis furnitur yang berbeda dengan mencampur dan mencocokkan.
  • Susunan furnitur
Tips Dekorasi Furnitur Ruang Tamu Unik
Perlu diingat bahwa ruang tamu adalah tempat di mana Anda dapat berkomunikasi satu sama lain, baik dengan keluarga maupun dengan tamu. Jadi, susunlah isi ruang tamu dengan posisi yang tepat sehingga pengguna dapat saling berhadapan ketika berbicara. Jika Anda memiliki lebih dari satu area tempat duduk di ruang tamu, Anda harus memastikan agar tidak akan terlalu jauh untuk memastikan setiap orang masih bisa berkomunikasi dengan lancar meskipun mereka duduk di set tempat duduk lainnya.
  • Perhatikan keseimbangan
Tips Dekorasi Furnitur Ruang Tamu Unik
Produk-produk di ruang tamu Anda dapat memiliki hubungan visual satu sama lain dengan memilih berbagai furnitur yang memiliki bentuk, warna dan gaya yang serupa. Ini akan membuat keseimbangan ruang tamu Anda. Ada dua bentuk keseimbangan: simetri dan asimetri. Ketika kita berbicara tentang simetri, Anda menempatkan hal-hal yang sama di bagian kiri dan kanan sehingga tampak serasi. Anda akan menggunakan item yang sesuai seperti sofa yang sama, meja samping dan lampu yang serupa juga. Untuk keseimbangan asimetri, Anda dapat menempatkan item yang memiliki perbedaan seperti dua lampu dengan desain yang berbeda atau dua vas dengan ukuran yang berbeda.
  • Pertimbangan skala ruangan
Tips Dekorasi Furnitur Ruang Tamu Unik
Pengaturan ruang tamu harus selalu memperhatikan skala. Jika Anda memiliki ruangan kecil, Anda dapat mencoba menggunakan kursi sederhana bukannya loveseats atau sofa yang besar sehingga tidak akan terlihat memenuhi dalam ruangan yang kecil. Selain furnitur, Anda juga harus mempertimbangkan ukuran dekorasi yang Anda tempatkan di dalam ruangan.
  • Area yang tepat
Tips Dekorasi Furnitur Ruang Tamu Unik
Dari beberapa tips sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa kita dapat membuat area tempat duduk yang berbeda di ruang tamu. Anda dapat memiliki tempat yang berada di dekat jendela. Ini bisa menjadi sudut cerah yang baik dengan sinar alami matahari. Anda juga dapat membuat bidang kegiatan seperti tempat di mana permainan papan dapat dimainkan, area yang cocok untuk membaca dan lain-lain. Tempat yang dekat dengan jendela lebih banyak disukai karena selain memberi cahaya, juga memberi udara segar secara langsung.
  • Susunan bentuk L
Tips Dekorasi Furnitur Ruang Tamu Unik
Bentuk L merupakan pengaturan yang paling umum untuk ruang tamu modern. Sofa dan kursi empuk bisa disusun dalam bentuk L dengan meja di bagian tengah. Ini adalah cara yang ideal untuk mengatur furnitur dalam ruang besar agar bisa memaksimalkan untuk berkomunikasi.
  • Membuat titik fokus
Tips Dekorasi Furnitur Ruang Tamu Unik
Sangat dianjurkan untuk memiliki titik fokus dalam ruang tamu. Benda-benda yang bisa menjadi titik fokus dalam ruangan misalnya wallpaper dinding, perapian atau hanya sebuah televisi. Anda juga dapat menempatkan sebuah lukisan di dinding. Cobalah untuk mempertimbangkan triangulasi di mana di bagian puncak memiliki elemen penting yang menjadi titik fokus. Misalnya, Anda menempatkan dua sisi meja dengan lampu di atasnya. Di bagian tengah atas di antara kedua meja tersebut, tempatkan sebuah lukisan dinding. Itu bisa menjadi titik fokus yang baik dengan teknik triangulasi.
  • Manfaatkan karpet
Tips Dekorasi Furnitur Ruang Tamu Unik
Karpet memang sangat baik untuk menciptakan kesatuan dalam sebuah area tertentu. Karpet akan terlihat lebih menarik bersama furnitur yang dapat membuatnya muncul sebagai penghias lantai. Jangan khawatir jika Anda memiliki karpet area yang tidak terlalu besar untuk menampung semua perabotan, hanya tempatkan furnitur yang sesuai di atasnya.

Mengatur ruang tamu dapat menjadi hal yang menyenangkan dan menantang. Anda harus memastikan untuk memilih hal-hal yang tepat untuk rumah Anda sehingga dapat terlihat sesuai. Itulah mengapa Anda harus memikirkan pengaturan sebelum membeli furnitur dan dekorasi lainnya. Cobalah untuk membuat rancangan gambar bagaimana jika furnitur-furnitur yang Anda pilih sudah berada di ruang tamu. Selain itu, jangan lupa untuk menempatkan pencahayaan yang tepat dalam ruang tamu Anda.

Belum ada Komentar untuk "Tips Dekorasi Furnitur Ruang Tamu Unik"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel