Tips Mengecat Dinding Interior Rumah

Setiap rumah pasti memiliki warna cat untuk dinding dan bagian lainnya. Ini adalah salah satu cara untuk membuat rumah terlihat nyaman dan santai untuk tinggal. Menggunakan cat adalah salah satu cara termudah untuk mempercantik rumah. Bahkan dekorasi ulang sebuah ruangan dapat dimungkinkan hanya dengan mengganti warna cat saja. Beberapa pemilik rumah dapat melakukannya sendiri. Tapi ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan jika Anda ingin mengubah warna cat interior rumah Anda.


Jadi, kami akan memberikan beberapa tips mengenai pemilihan cat interior rumah Anda. Tips ini lebih condong pada apa yang harus Anda lakukan sebagai pemilik rumah. Dengan tips ini, cat rumah Anda akan jauh lebih halus dan lebih cepat. Anda juga harus mengalokasikan waktu atau hari tertentu untuk mengecat rumah Anda karena biasanya Anda perlu menyingkirkan beberapa barang dan furnitur sebelum memulainya. Dan sebelum Anda mulai mengecat, bacalah tips-tips di bawah ini.

  • Bersihkan permukaan dinding
Tips Mengecat Dinding Interior Rumah
Sebelum Anda mulai mengecat, pastikan bahwa permukaan dinding dalam keadaan bersih dan bebas dari segala kotoran. Anda tidak bisa mengecat pada permukaan yang kotor karena itu akan menyebabkan permukaan dinding tidak akan mulus dan pasti akan terlihat berantakan. Jadi, gunakan lap untuk membersihkan dinding atau area yang akan dicat. Jika ada banyak kotoran, maka lebih baik gunakan alat pengggosok terlebih dahulu. Hasil cat dinding Anda akan sia-sia jika dilakukan di atas permukaan yang kotor karena akan ada daerah yang memiliki gumpalan kotoran dan tidak akan terlihat rata dan halus. Selain itu, jangan melukis di atas wallpaper dinding. Anda harus menghilangkan wallpaper yang sudah ada terlebih dahulu.
  • Pilih warna cat
Tips Mengecat Dinding Interior Rumah
Langkah selanjutnya adalah memilih warna yang akan Anda gunakan untuk interior rumah. Pada saat ini, Anda dapat memutuskan tema yang Anda inginkan untuk rumah Anda. Selain itu, pilihlah warna yang sesuai kepribadian Anda. Warna mungkin juga bervariasi tergantung pada ruangan. Pilih warna yang dapat melengkapi satu sama lain sehingga tidak akan terlihat terlalu ramai. Anda juga dapat menggunakan warna utama dan kemudian menambahkan beberapa warna aksen. Ketika Anda mengecat sebuah ruangan besar, Anda bisa menggunakan warna gelap atau mencolok, tetapi ruangan kecil perlu warna terang seperti putih dan krem ​​sehingga akan terlihat lebih besar secara visual.
  • Pilih jenis cat yang tepat
Tips Mengecat Dinding Interior Rumah
Ada berbagai jenis finishing cat mulai dari matte glossy dan dari yang berdasar air hingga cat berdasar minyak. Seiring berjalannya waktu, matte banyak digunakan untuk dinding, tetapi Anda juga dapat memilih finishing yang mengkilap atau satin sesuai dengan keinginan Anda. Cat berdasar air lebih cepat kering dan rendah VOC, sedangkan cat berdasar minyak lebih tinggi VOC. Anda dapat melakukan penelitian tentang hal ini sehingga Anda dapat memilih cat yang tepat untuk rumah Anda.
  • Siapkan alat-alat yang dibutuhkan
Tips Mengecat Dinding Interior Rumah
Pastikan untuk mempersiapkan semua alat-alat yang dibutuhkan seperti kuas dan rol yang tepat. Rol biasanya diperlukan tergantung pada viskositas cat dan tekstur dinding. Kuas juga tersedia dalam berbagai ukuran yang berbeda tergantung pada area yang Anda butuhkan. Jadi, saat membeli cat orang cenderung membeli kuas dan rol juga. Anda juga dapat berkonsultasi di toko tempat Anda membeli.
  • Kenakan pakaian khusus untuk mengecat
Tips Mengecat Dinding Interior Rumah
Ingatlah bahwa Anda bekerja dengan cat yang berarti Anda bisa terkena cat tanpa sengaja. Jadi gunakan pakaian yang tidak terlalu bagus dan tidak masalah jika terkena cat. Anda juga bisa mengenakan setelan khusus untuk mengecat sehingga pakaian Anda akan bebas dari cat. Anda juga dapat mencoba menggunakan sarung tangan.
  • Bukalah jendela
Tips Mengecat Dinding Interior Rumah
Berbagai jenis cat pasti menimbulkan bau yang beragam. Anda pasti tidak ingin tercekik dengan bau cat yang tajam. Jadi, ketika Anda mengecat, bukalah pintu dan jendela untuk memperlancar ventilasi. Dengan cara ini, Anda akan terbebas dari bau cat terutama jika Anda menggunakan cat bredasar minyak. Jika Anda memiliki alergi terhadap bau yang kuat, Anda dapat menggunakan masker untuk menutup mulut dan hidung saat bekerja.
  • Lapisan cat
Tips Mengecat Dinding Interior Rumah
Anda juga harus memperhatikan tentang lapisan cat. Anda harus menggunakan cat primer sebelum Anda mengecat dengan warna yang Anda inginkan terutama jika Anda mengubah dari satu warna ekstrem ke warna yang lain. Dengan cara ini akan memastikan Anda memperoleh warna asli dari cat Anda tanpa tercampur dengan warna sebelumnya. Beberapa jenis cat membutuhkan sekitar 2-3 lapisan untuk mendapatkan warna asli.
  • Persiapkan ruangan
Ketika Anda siap untuk memulai pengecatan, siapkan ruangan Anda dengan menempatkan furnitur dan dekorasi dinding di tempat yang aman. Anda dapat menempatkan semua benda pada ruangan lain yang jauh dari tempat Anda mengecat. Anda juga dapat menutupinya untuk menghindari cat yang jatuh.
  • Bersihkan dan rawat semua peralatan
Tips Mengecat Dinding Interior Rumah
Biasakan untuk membersihkan alat-alat setelah Anda menggunakannya. Dengan demikian, Anda dapat menggunakannya kembali pada saat Anda membutuhkannya. Selain itu, tempatkan semua peralaran dengan baik di tempat penyimpanan. Jangan lupa untuk menutup kaleng cat yang lebih agar dapat digunakan kembali.
  • Mencari bantuan
Tips Mengecat Dinding Interior Rumah
Jika Anda merasa tidak bisa melakukan pengecatan untuk rumah Anda sendiri, Anda dapat menyewa seseorang untuk melakukannya untuk Anda. Sebagian besar pekerja bagnunan dapat melakukannya dengan baik. Hal ini juga dapat membantu Anda menghemat waktu dan Anda tidak harus bekerja keras. Mereka juga dapat memberikan saran mengenai kombinasi warna yang tepat untuk interior rumah Anda.

Beberapa pemilik rumah berpikir bahwa mengecat adalah pekerjaan yang mudah karena memang terlihat mudah. Tapi berpikirlah dua kali karena sebenarnya ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika mengecat. Jadi jika ragu Anda dapat melakukan tips nomor 10 dengan menyewa seseorang yang ahli untuk melakukannya. Namun, mengecat rumah juga bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan terutama jika Anda melakukannya bersama dengan keluarga. Selain dengan mengecat dinding, Anda juga dapat menambahkan beberapa tekstur dinding ke dalamnya untuk membuatnya tampak lebih hidup.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengecat Dinding Interior Rumah"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel