Membuat Taman Rumah Terlihat Lebih Luas

Membuat Taman Rumah Terlihat Lebih Luas
Otak manusia adalah organ yang luar biasa. Otak menerima informasi mentah yang dikumpulkan oleh indera, menyaring informasi yang tidak berguna, mengidentifikasi data penting dan mengkompilasi menjadi persepsi dunia di sekitar kita. Otak juga dapat dimanipulasi dengan cara tertentu. Kali ini kita akan membahas mengenai trik untuk meningkatkan kualitas taman minimalis di rumah kita, yang membuat otak berpikir bahwa taman yang kecil terlihat lebih megah.

Otak dapat ditipu dalam aspek tiga dimensi melalui ilusi yang mengubah persepsi ruang. Lebih khususnya, para tetangga dapat tertipu dengan asumsi halaman kecil rumah Anda tampak lebih besar dari sudut pandang mereka. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Otak menggunakan isyarat seperti kecepatan relatif gerak dan perspektif untuk membangun persepsi kita tentang ruang tiga dimensi. Animator mensimulasikan isyarat ini dalam bentuk dua dimensi, misalnya melalui penggunaan perspektif linier, yang menggunakan satu titik fokus untuk mensimulasikan jarak. Otak akan melihat serangkaian dua garis dimensi sebagai kubus transparan.

Anda dapat menggunakan sedikit trik ini untuk rumah kecil Anda. Jika Anda memiliki taman atau halaman yang mungil, di bawah ini ada beberapa teknik yang tepat untuk membuat taman rumah Anda terlihat lebih besar daripada yang sebenarnya.

Gunakan Warna Secara Seimbang
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kita menanam tanaman untuk keindahan? Alasan terbesar mungkin karena warna yang mereka hasilkan. Jika digunakan secara tepat, warna yang ditemukan pada tanaman dapat membantu memperluas tampilan halaman rumah.
Membuat Taman Rumah Terlihat Lebih Luas

Warna hangat (seperti merah, kuning, coklat dan orange) memiliki efek yang menarik pada otak manusia. Sebagai hasilnya, kita secara visual tertarik ke arahnya dan seolah-olah bergerak mendekati kita. Sebaliknya, warna dingin (seperti biru, hijau, pink dan ungu) lebih cenderung berbaur dengan bagian lain dari taman.
Dengan menempatkan tanaman berwarna hangat di dekat fokus utama halaman Anda (biasanya rumah atau patio) dapat menarik perhatian lebih. Penempatan tanaman berwarna di sepanjang perbatasan dan tepi halaman akan menciptakan ilusi jarak dan halaman Anda akan terlihat lebih besar.

Gunakan Tekstur
Seperti warna, tekstur juga dapat menciptakan ilusi jarak. Tanaman secara tekstur dibagi menjadi tiga kategori: biasa, sedang dan kasar. Perbedaan ini berdasarkan cara tanaman memantulkan cahaya. Sebuah tanaman dengan banyak daun kecil mencerminkan banyak cahaya dan cenderung membentuk tampilan secara keseluruhan. Kasar, tanaman berdaun besar dengan banyak celah di mana bayangan dapat tersembunyi, menciptakan kontras antara terang dan gelap.
Membuat Taman Rumah Terlihat Lebih Luas

Seperti tanaman hangat berwarna, tanaman bertekstur kasar cenderung lebih menarik perhatian. Tanaman bertekstur halus, seperti tanaman dengan warna-warna sejuk, menuntut perhatian lebih pada visual dan memudar ke latar belakang dan tampak lebih jauh. Dengan menciptakan garis visual yang bertekstur jauh dari titik fokus taman Anda, dengan tanaman yang kasar lebih dekat dengan titik fokus dan tanaman bertekstur halus lebih jauh, Anda dapat menciptakan kesan ilusi jarak. Mata yang melihatnya akan tertipu.

Gunakan Unsur Vertikal
Membuat taman yang tampak lebih besar tidak selalu berhubungan secara eksklusif dengan luas permukaan. Otak juga menyimpulkan ukuran ruang berdasarkan tinggi. Dengan menambahkan isyarat visual yang menarik pandangan mata ke atas, Anda dapat membuat halaman yang terbatas dalam lingkup persegi terlihat lebih besar. Pohon adalah tambahan yang sangat baik untuk menambahkan tinggi untuk taman.
Berhati-hatilah dalam memilih pohon-pohon tinggi. Kebiasaan pertumbuhan pohon dapat berakhir pada berbagai bentuk, seperti oval, bulat, tegak atau kerucut. Beberapa jenis pohon dapat tumbuh ke samping dan ke atas, karakteristik yang tentu harus Anda hindari jika ingin halaman tampak lebih besar. Ketika menambahkan pohon tinggi dalam halaman kecil, pilih tanaman yang tegak dan oval yang paling sedikit membutuhkan ruang yang tersedia, pohon tinggi seperti cemara bisa menjadi pilihan.

Ukur Keterbatasan Semua Bagian
Anda sudah mengimplementasikan semua trik di atas mulai dari penggunaan warna, memanfaatkan tekstur, tanaman tinggi dan lain sebagainya untuk memubat persepsi ilusi, tapi Anda harus tetap menghadapi kenyataan bahwa taman Anda memang kecil.
Sebuah halaman kecil tidak berarti semua bagian taman harus dikecualikan. Proporsi adalah faktor besar dalam persepsi ukuran karena benda besar disandingkan di halaman kecil akan memantulkan cahaya mencolok pada ukuran kecil halaman itu. Memilih versi komponen-komponen yang lebih kecil seperti tanaman, pohon-pohon dan bebatuan bisa membuat taman Anda lebih rapi dan tampak memperluas ukurannya.
Membuat Taman Rumah Terlihat Lebih Luas

Jika Anda terbatas karena ukuran halaman, Anda pasti tidak ingin membuat sebuah kolam besar dan air terjun yang memakan sebagian besar ruang yang tersedia. Sebaliknya, cobalah membuat versi minimalis dari kolam tersebut, misalnya sebuah hiasan air mancur sederhaan dengan ukuran mini. Unsur lanskap yang proporsional dengan ukuran taman mungkin tidak sepenuhnya membuatnya terlihat lebih besar, tetapi tentu akan terlihat lebih seimbang.

Belum ada Komentar untuk "Membuat Taman Rumah Terlihat Lebih Luas"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel