Cara Sederhana Mengatur Furnitur

Cara Sederhana Mengatur Furnitur
Banyak pemilik rumah merasa kebingungan ketika mulai merapikan bagian dalam rumah mereka, saat disajikan sebuah ruang kosong dan dengan semua kemungkinan untuk mengatur furnitur dan perabotan yang ada. Mungkin Anda berpikir untuk menempatkan furnitur di tengah ruangan, atau menyusunnya di bagian tepi, tanpa tahu dari mana untuk memulai. Menyusun pengaturan furnitur merupakan bagian penting dalam rangka membuat rumah Anda merasa nyaman dengan penampilan yang paling maksimal.

Anda tidak harus menyewa seorang desainer interior rumah profesional untuk mendapatkan komposisi sempurna dari furnitur interior rumah Anda. Anda dapat melakukannya sendiri, cukup ikuti panduan berikut untuk membantu dalam membuat tampilan rumah Anda lebih hangat dan menarik.

  • Untuk mendapatkan hasil terbaik, mulailah dengan sebuah ruangan kosong. Keluarkan semua perabotan dan benda-benda lain dari ruangan sehingga Anda dapat melihat bentuk dan ukuran sebenarnya. Hal ini dapat membantu Anda dalam memilih furnitur dengan ukuran yang seimbang serta memberikan gambaran letak mebel yang tepat.
  • Pilih area titik fokus dan susun furnitur Anda di sekitar area tersebut. Titik fokus adalah posisi sentral dimana awal mula desain pertama terlihat dan mengalir ke daerah di sekitarnya. Titik fokus merupakan penarik perhatian seseorang.
  • Buatlah keseimbangan antara mebel berat dan ringan, sehingga terkesan lebih alami dan netral. Jangan menempatkan semua perabotan menempel ke dinding. Furnitur yang cocok ditempatkan dekat dinding adalah yang berukuran besar, sehingga benda-benda kecil dapat ditempatkan di depannya tanpa menghalangi keseluruhan desain.
  • Jangan meletakkan furnitur yang berada di jalur jalan masuk dan keluar, atau menghalangi daun pintu terbuka sempurna, baik itu pintu ruangan, lemari, laci atau furnitur lain yang membutuhkan tempat tambahan ketika digunakan.
  • Mulailah dengan menempatkan sebuah furnitur besar. Tempatkan ranjang pertama kali di kamar tidur, sofa pertama kali di ruang tamu, meja makan di ruang makan. Setalh itu Anda akan dapat melihat berapa banyak ruang yang tersisa untuk perabotan lainnya. Intinya perabotan kecil menyesuaikan penempatan dari perabotan yang lebih besar.
  • Jangan memenuhi ruangan dengan furnitur. Meskipun Anda adalah orang kaya raya yang memiliki banyak uang untuk membeli furniture, sangat tidak bijak jika mengisi seluruh ruangan dengan benda-benda yang belum tentu Anda gunakan semuanya. Usahakan tetap mempertahankan ruangan yang sederhana, rapi dan terlihat lapang.
  • Tempatkan peralatan elektronik yang membutuhkan tenaga listrik di dekat stop kontak, seperti televisi, DVD player, lemari es dan lain sebagainya.
  • Jangan menaruh furnitur berukuran tinggi, seperti rak buku atau lemari di depan perangkat lain, misalnya saklar lampu.
  • Kelompokkan furnitur dengan menempatkan perabotan serupa bersama-sama dalam satu tempat. Misalnya, menempatkan sofa di seberang titik fokus dan sebuah meja di depannya. Anda dapat menempatkan beberapa kursi lagi di samping sofa dan meja yang lebih kecil.
Cara Sederhana Mengatur Furnitur

Penempatan furnitur dalam rumah memang terkesan sepele, semua orang bisa melakukannya. Tapi hasil yang baik tergantung dari teknik yang kita gunakan. Dengan melakukan cara yang tepat, paling tidak kita sudah memberikan komposisi terbaik untuk interior rumah kita.
img:thewowstyle.com,amjadaliphotography.com

Belum ada Komentar untuk "Cara Sederhana Mengatur Furnitur"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel