Cara Mudah Membuat Ruangan Lebih Cerah

Cara Mudah Membuat Ruangan Lebih Cerah
Jika perabot rumah Anda mulai tampak tua dan membosankan, ada beberapa cara mudah yang bisa membuat kehidupan baru ke dalam ruang interior rumah Anda tanpa anggaran yang terlalu besar. Mengubah satu hal kecil dapat membuat perbedaan besar. Dekorasi harus bisa memberikan semua hal yang dibutuhkan baik dari tampilan dan fungsi, dan juga menawarkan sesuatu yang unik dan menarik. Jika ruangan rumah Anda sudah lama tak terawat, saatnya untuk membuat interior yang cerah.

Ada beberapa langkah sederhana yang dapat kita lakukan untuk memperbarui suasana ruangan, antara lain:

Tambahkan Benda Berkilau
Menambahkan beberapa permukaan reflektif akan membuat ruangan polos terlihat lebih cerah dan lebih besar. Dalam hal ini sebuah lampu kristal dapat Anda gunakan, atau beberapa potongan kaca atau cermin akan menjadikan ruangan tampak lebih bersinar. Pilihan lainnya adalah menggunakan bingkai foto kristal, hiasan gelas kaca dan karya seni kaca lainnya. Anda juga dapat menggunakan kaca, cermin dan kristal di dinding. Jika Anda memiliki anggaran lebih, meja kaca berlapis dengan sisipan kaca pada tepi dapat membuat perabotan lain di sekitarnya terlihat lebih cerah, bersih dan leluasa. Hal ini akan menciptakan pantulan cahaya tambahan untuk ruangan.

Tanaman dalam Ruangan
Tanaman hias mampu membawa alam ke dalam ruangan dengan warna dan tekstur, dan dapat dengan mudah dirawat. Pot yang dilengkapi dengan penampungan air tersendiri dapat mempertahankan kadar aditif tanah yang membuat proses perawatan lebih mudah. Ada berbagai jenis tanaman yang cocok untuk penggunaan dalam ruangan.

Banyak tanaman hias yang dapat berfungsi sebagai pembersih udara alami, mampu menyegarkan kembali udara yang telah tertahan di dalam ruangan. Tanaman hias dapat membantu mengontrol konsentrasi polutan udara dalam ruangan, secara umum tanaman hijau menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen untuk kita dan keluarga bernafas.

Warna
Teknik penggunaan warna merupakan cara populer karena dapat dengan mudah diaplikasikan dalam rumah Anda, selama memilih warna yang tepat. Sebagai penyegaran ruang, cat dinding baru dapat mencerahkan suasana, atau menutupi beberapa bagian dengan goresan warna lain, dan memanfaatkan bagian-bagian kecil lainnya menggunakan warna yang berbeda untuk menciptakan kontras. Cat dinding yang tepat dapat mengkoordinasikan dekorasi ruangan dan bahkan menampilkan bagian khusus dengan menempatkan dua atau lebih warna dalam satu ruangan. Perhatikan dari sisi psikologi warna dalam pilihan karena dapat membantu mendorong mood yang tenang, ceria atau energik. Anda tidak perlu menjadi seorang professional untuk mengecat ruangan dengan baik, hanya saja persiapkan dengan baik, antara lain:

  • Tutup bagian yang tidak ingin dicat seperti langit-langit dan lantai sebelum Anda mulai. Tutup juga perabotan agar tidak kotor terkena cat.
  • Perbaikan bagian yang retak seperti dinding, lubang paku, bekas benturan dan lainnya.
  • Pastikan ventilasi yang baik, misalnya dengan membuka jendela atau menggunakan kipas angin untuk ruangan tanpa jendela.
  • Jika Anda mengecat di area yang belum pernah dicat sebelumnya, gunakan cat dasar sebelum menerapkan cat utama.
  • Ikuti prosedur yang tertera pada kaleng cat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Biarkan cat kering selama sekitar semalam, mungkin agak berlebihan tetapi akan memberikan hasil terbaik.

Baca juga: Memperbarui Ruangan Menggunakan Warna Baru

Mengganti Aksesoris
Jika ruangan rumah Anda tampak terlalu umum dan biasa saja, ubah beberapa bagian seperti karpet, aksesoris, hiasan dinding dan unsur lain. Jika Anda sudah memiliki skema warna netral, tambahkan satu atau dua warna baru pada aksen untuk sedikit meningkatkan keberagaman warna. Jangan lupakan warna hitam karena dapat menarik perhatian dalam warna netral yang akan mengubah skema warna keseluruhan dengan membuat bagian yang lain terlihat lebih hidup.
Cara Mudah Membuat Ruangan Lebih Cerah
Cara lain yang dapat Anda tambahan misalnya beberapa bantal hias untuk melengkapi sofa ruang tamu, memperbarui bingkai foto keluarga yang sudah lama atau mengatur ulang posisi aksesoris. Anda juga dapat menempatkan hasil karya buatan Anda sendiri.

Mengatur Ulang Furniture
Membuat perubahan dari apa yang sudah Anda miliki adalah salah satu cara paling mudah untuk meningkatkan kembali energi ruangan. Keluarkan perabotan dari ruangan dan memulai dari awal. Mungkin ada beberapa bagian yang harus tetap pada posisi awal, seperti lemari es, pendingin ruangan dan TV yang membutuhkan akses ke kabel, stop kontak atau akses keluar dari dinding. Selain itu, Anda bebas untuk berkesplorasi. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda mendesain ulang penempatan furnitur:
  • Buat pengelompokan area yang lebih kecil dalam ruang yang lebih besar yang menggambarkan fungsi dan definisi, seperti ruang baca yang baik ditandai dengan penempatan karpet, dinding seni atau lampu baca.
  • Perhatikan lalu lintas di dalam ruangan. Penghuni rumah yang bergerak masuk dan keluar dari salah satu ruang ke ruang lain harus diatur dengan baik. Berikan jalan di sekitar perabotan untuk memudahkan orang masuk dan keluar tanpa terganggun kursi atau meja.
  • Berikan titik fokus pada sesuatu yang menarik dalam ruangan. Mengatur tempat duduk tamu sedemikian rupa sehingga mereka dapat melihat dan menikmati titik fokus yang Anda persiapkan.
 Cara Mudah Membuat Ruangan Lebih Cerah
Sungguh menarik dengan mengubah beberapa beberapa hal kecil di sekitar ruangan dapat membuatnya terlihat segar dan lebih baru. Jangan meremehkan hal yang sederhana karena dapat berdampak besar terhadap penampilan rumah Anda.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Ruangan Lebih Cerah"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel