Desain Penataan Ruang Tamu

Desain Penataan Ruang Tamu
Tips menata ruang tamu minimalis modern - Apakah Anda pernah merasa bahwa ruang tamu rumah Anda entah bagaimana terasa ada yang kurang, tetapi Anda tidak bisa mencari penyebabnya? Ruang tamu bisa dibilang ruang yang paling banyak digunakan di rumah, dan membutuhkan tata letak yang baik yang mendukung seluruh aktivitas keluarga. Penataan ruang tamu baik dari segi desain, furniture dan penempatan adalah kunci untuk kenyamanan dan fungsi dari sebuah ruangan. Penataan ruang tamu ini sangat penting terutama untuk ruang tamu minimalis yang cenderung kecil, sempit dan sederhana.

Pengaturan dan penataan ruang kecil bisa menjadi suatu tantangan tersendiri, tetapi sebagai faktanya bahwa ruang tamu kecil akan lebih mudah diatur daripada ruangan besar, apalagi jika berhubungan dengan biaya dan tenaga.

Aturan utama menata ruang tamu kecil tidak berbeda jauh dari ruangan besar: Pilih furnitur yang cocok dengan ruang, dan jangan mencoba untuk terlalu memaksakan sesuatu yang tidak sesuai.
Baca juga: Tips Mudah Dekorasi Ruang Tamu
 
Desain Penataan Ruang Tamu
Desain Penataan Ruang Tamu

Mudah diucapkan daripada dilakukan, mungkin ini yang ada dalam benak Anda. Tapi ada tips dan ide-ide cemerlang untuk membuat layout ruang tamu kecil dapat terasa lebih nyaman dan menarik. Tidak hanya itu, kita juga bisa membuat penampilannya semakin cantik.

Hal paling utama yang perlu dipertimbangkan adalah pastikan Anda merasa leluasa ketika pertama kali masuk ke ruang tamu dengan cara tetap memberikan ruang di sekitar area lalu lintas. Anda bisa menempatkan pintu masuk menghadap area strategis, misalnya area sofa, sehingga kita bisa lebih nyaman dan membuat ruangan semakin ramah.

Desain Penataan Ruang Tamu
Desain Penataan Ruang Tamu

Anda harus menyediakan jarak sekitar 1 meter di sekitar ruangan. Inilah jarak minimal yang Anda butuhkan untuk mendapatkan kenyamanan, tanpa terbentur furnitur dan menabrak dinding. Semua jenis furnitur yang memiliki pintu atau laci juga membutuhkan jarak 1 meter agar dapat terbuka dengan maksimal.

Usahakan untuk tidak menempatkan semua perabotan menempel dinding. Tarik sofa atau tempat duduk lainnya setidaknya 5 cm dari dinding. Trik ini akan membuat ruang tampak lebih nyaman dan tidak monoton, serta untuk menghindari susana ruang tamu yang membosankan karena hanya ada sebuah ruang kosong di tengah-tengah.
Baca juga: Desain Keramik Dinding Ruang Tamu
 
Desain Penataan Ruang Tamu
Desain Penataan Ruang Tamu

Jika Anda memasang karpet, baik sebagian atau seluruh ruangan, posisikan tempat duduk dengan tepat sehingga kaki berada di atas karpet atau benar-benar di luar karpet. Cobalah untuk tidak memposisikan karpet yang membuat tepi atau sudut karpet berada di jalan agar tidak mengganggu orang akan berjalan di sekitar.

Kondisi lampu dan pencahayaan juga tidak kalah penting, bisa dikatakan pencahayaan adalah salah satu elemen paling penting dalam ruang. Jika Anda memiliki lampu meja, pastikan bahwa cahaya yang dihasilkan tidak begitu besar sehingga tidak berisiko menyilaukan mata. Selain itu, bagian penting lainnya adalah setiap kabel listrik dan ekstensi harus ditempatkan dengan tepat sehingga tidak ada orang yang akan tersandung ketika berjalan. Sumber cahaya utama harus dapat menyebar di sekitar ruang, dan pastikan setiap sudut mendapat perhatian yang sama.

Desain Penataan Ruang Tamu
Desain Penataan Ruang Tamu

Anda ingin mengekspos sebagian besar lantai, bisa memanfaatkan karpet area seperti dijelaskan di atas. Karpet seperti ini bisa digunakan untuk menggolongkan area tertentu tanpa pemisah ruangan. Hal ini sangat memudahkan kita untuk mentara ruang tamu dengan baik. Hanya saja ada hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu karpet yang terlalu kecil akan membuat ruangan kecil tampak lebih kecil dan ruang besar terlihat terputus.

Dekorasi lain yang bisa kita gunakan adalah gordern. Ada yang mengatakan semakin tinggi gorden semakin baik, tapi tentu saja hal ini tergantung pada ketinggian ruangan. Dalam kebanyakan situasi, menggantung tirai dari langit-langit hingga ke lantai bisa membuat langit-langit tampak jauh lebih tinggi dan memperluas ruangan. Jika Anda memilih tirai atau gorden yang terlalu kecil, terlalu pendek atau digantung terlalu rendah akan membuat ruangan tidak seimbang.

Desain Penataan Ruang Tamu
Desain Penataan Ruang Tamu

Kita juga bisa memasang hiasan dinding seperti lukisan atau foto untuk mendukung penataan ruang tamu kita. Banyak orang memiliki kecenderungan menggantung pigura terlalu tinggi. Saat memasang hiasan dinding di atas furnitur, tempatkan antara 60-90 cm di atas furnitur tersebut, meskipun aturan inibervariasi tergantung pada ketinggian dari hiasan dinding itu sendiri. Sebelum Anda membuat lubang di dinding, coba trik ini: Gunakan sample kertas yang disediakan saat membeli pigura atau Anda bisa buat sendiri untuk mengetahui penempatan terbaik. Letakkan di dinding dan pindah di sekitar untuk mendapatkan posisi yang paling tepat. Gunakan cara yang sama ketika Anda ingin memasang cermin hias, yaitu dengan menempatkkan berlawanan dengan sesuatu yang ingin didramatisir seperti wallpaper yang indah atau jendela untuk memantulkan lebih banyak cahaya. Dengan teknik yang sama, Anda bisa menempatkan obyek lain seperti televisi.
Baca juga: Hiasan Dinding Ruang Tamu Modern
 
Desain Penataan Ruang Tamu
Desain Penataan Ruang Tamu

Menata ruang tamu tidak harus monoton, ada banyak cara untuk melakukannya, tapi itu tidak berarti Anda tidak akan membuat kesalahan. Dekorasi dan penataan ruang adalah seni, membutuhkan perhitungan yang cermat antara fungsi dan penampilan. Banyak orang mungkin sepakat cara terbaik untuk menata ruang tamu yang sempurna adalah dengan trial and error dan mengeksplorasi berbagai desain.
Desain Penataan Ruang Tamu
Desain Penataan Ruang Tamu

Belum ada Komentar untuk "Desain Penataan Ruang Tamu"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel