Cara Mengatur Kursi dan Meja Ruang Tamu

Cara Mengatur Kursi dan Meja Ruang Tamu
Tips tata letak interior ruang tamu - Ruang tamu adalah salah satu pusat dari rumah kita dimana kita biasa menerima tamu, pertemuan, bersantai dan lain sebagainya. Ada berbagai desain ruang tamu yang dapat kita pilih. Terlepas dari bagaimana kita menggunakan ruang tamu, ada beberapa aturan praktis untuk membuat pengaturan tata letak kursi dan meja secara fungsional dan menarik.

Ketika mendekorasi ruang tamu, biasanya kita merasa sedikit bingung darimana kita harus memulainya. Kita merasa ada begitu banyak hal yang perlu dipertimbangkan seperti tata letak, komposisi, penampilan, kemudahan, biaya dan lain sebagainya. Namun banyak orang menganggap cara terbaik untuk memulai mendekorasi ruang tamu adalah dengan mengatur tata letak kursi dan meja. Dengan kata lain, tentukan susunan sofa dan kursi, meja, dan juga dekorasi lain yang ada di ruang tamu Anda, semua benda yang ada di atas lantai.

Cara Mengatur Kursi dan Meja Ruang Tamu
Cara Mengatur Kursi dan Meja Ruang Tamu


Berikut beberapa langkah mudah mengatur kursi dan meja ruang tamu agar kita dapat bekerja secara lebih baik dan terstruktur, serta memberikan ide-ide baru dekorasi rumah yang lebih segar.

Baca juga: Tips Mudah Dekorasi Ruang Tamu

Pertama, perkirakan ukuran luas ruang tamu Anda, buat catatan sederhana panjang dan lebar ruangan. Gambar denah sederhana dengan skala, Anda bisa menggambarnya di selembar kertas atau membuatnya menggunakan program komputer. Hal ini tampaknya terlalu berlebihan, tapi dengan memiliki rencana lantai yang tepat akan sangat membantu untuk perencanaan ruang yang lebih efektif. Kemudian ukur meja, kursi dan perabotan lain yang ada di ruang tamu dan catat. Dengan demikian Anda memiliki skala dengan ukuran sebenarnya yang membuat Anda bisa berkesperimen dengan berbagai komposisi.

Cara Mengatur Kursi dan Meja Ruang Tamu
Cara Mengatur Kursi dan Meja Ruang Tamu


Setelah itu, kita bisa menentukan titik fokus dari ruang tamu kita, misalnya sebuah sofa besar atau TV, lukisan atau karya seni, dan sebagainya. Titik fokus ruang tamu tidak selalu berada di tengah ruangan. Setelah itu, furnitur seperti kursi dan meja dapat disusun di sekitarnya. Jika di ruang tamu terdapat televisi, perlu diketahui bahwa jarak pandang TV standar adalah minimal 3 kali lebar televisi.

Tempatkan kursi dan meja di area yang tidak mengganggu lalu lintas antara pintu masuk dengan ruang tengah. Hal penting yang sering dilupakan orang adalah sudut pandang dari orang yang dapat ke rumah kita. Ketika seseorang masuk ke rumah kita sebagai tamu, kemudian duduk di kursi yang posisinya pasti tidak terlalu jauh dari pintu. Penampilan apa yang akan ia lihat? Itulah sebabnya ketika menata kursi dan meja ruang tamu, kita disarankan merancang dari arah pintu masuk atau area tempat duduk tamu.

Cara Mengatur Kursi dan Meja Ruang Tamu
Cara Mengatur Kursi dan Meja Ruang Tamu


Setelah pengaturan tempat duduk yang melibatkan titik fokus, atur juga dekorasi lain seperti rak atau lemari. Tempat penyimpanan seperti ini biasanya didesain terbuka untuk menampilkan hiasan, souvenir, buku, aksesoris atau foto-foto keluarga, untuk menggantikan hiasan dinding.

Baca juga: Hiasan Dinding Ruang Tamu Modern

Bagian penting lainnya yang perlu diingat ketika merancang ruang tamu adalah keseimbangan. Ruangan besar dapat diisi dengan perabotan berukuran besar, tapi bukan berarti setiap bagian harus besar. Ruangan kecil mungkin tampak terbatas, tapi kita dapat menyiasatinya dengan penggunaan beberapa perabotan berukuran kecil. Pilih ukuran kursi dan meja yang sesuai. Sofa berukuran besar tentu tidak cocok dengan meja mungil.

Cara Mengatur Kursi dan Meja Ruang Tamu
Cara Mengatur Kursi dan Meja Ruang Tamu

Dengan mengatur posisi kursi dan meja dengan tepat, kita bisa memaksimalkan ruang tamu kita baik dari sisi fungsi dan penampilan. Sekali lagi, perhatikan apa hal pertama yang terlihat ketika seseorang masuk ke ruang tamu Anda. Pada dasarnya, mencari tahu apa yang Anda inginkan sebelum memulai pengaturan furnitur adalah kunci mengorganisir ruang tamu yang seimbang.

Cara Mengatur Kursi dan Meja Ruang Tamu
Cara Mengatur Kursi dan Meja Ruang Tamu

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatur Kursi dan Meja Ruang Tamu"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel