Tips Agar Dinding Rumah Tidak Lembab

Tips Agar Dinding Rumah Tidak Lembab
Kelembaban adalah masalah yang menjadi perhatian serius dalam setiap rumah, dimanapun Anda tinggal. Bagian rumah yang paling rawan mengalami kelembaban berlebih selain lantai adalah dinding. Dinding yang lembab dapat mengganggu kenyamanan, menimbulkan jamur yang tidak sehat, dan tentunya menimbulkan kerusakan struktural atau bocor.

Namun kita tidak perlu khawatir, dinding lembab dapat diperbaiki dan dicegah. Ada juga tanda-tanda yang dapat kita lihat yang menyebabkan akar masalah dari dinding bocor, serta strategi sederhana yang dapat Anda terapkan untuk mengurangi kerusakan dinding di rumah Anda.

Masalah dinding bocor biasanya sangat terasa ketika musim hujan. Garis-garis halus di dinding yang semakin lama bisa menjadi retak. Oleh karena itu, kita perlu melakukan pemeriksaan untuk mengidentifikasi masalah utama sebelum menyebar ke area dinding lainnya.
Baca juga: Batu Alam untuk Dinding Rumah

Letakkan tangan ke dinding, Anda bisa merasakan dinding yang kering atau lembab, bahkan ada dinding yang terlihat basah. Carilah tanda-tanda pertumbuhan jamur yang biasanya berupa bintik-bintik hitam atau abu-abu pada dinding, kayu dan wallpaper. Pengelupasan cat atau wallpaper juga bisa menjadi indikator dinding yang lembab. Selain itu kelembaban dalam rumah bisa ditandari dengan muncullnya bau apak.

Tips Agar Dinding Rumah Tidak Lembab
Tips Agar Dinding Rumah Tidak Lembab

Dinding basah dan lembab bisa disebabkan oleh teknik konstruksi dan renovasi rumah yang tidak tepat terutama bagian ventilasi bisa membuat ruangan tidak mendapatkan cukup udara segar sehingga kelembaban tertahan dalam rumah. Untuk mengatasinya kita dapat mengurangi kondensasi, perbaikan atau penmabahan ventilasi untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dari kelembaban.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, hal ini juga berlaku untuk perawatan dinding rumah. Periksa dinding luar rumah secara teratur terutama setelah hujan deras. Persiapkan ventilasi secara berkala untuk lalu lintas udara dalam rumah Anda sehingga udara dapat mengalir dengan lancar. Buka jendela setiap hari bila memungkinkan. Hal ini sangat penting selama musim hujan ketika kita menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan.

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Dinding Rumah Tidak Lembab"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel