Tips Meninggalkan Rumah dalam Keadaan Kosong

Tips Meninggalkan Rumah dalam Keadaan Kosong
Saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, beberapa orang biasa khawatir dengan keamanan rumahnya. Jangan sampai aktivitas di luar rumah menjadi tidak maksimal karena selalu teringat kondisi rumah. Keamanan rumah merupakan bagian penting dari rumah yang sehat. Kita perlu mengetahui tips-tips saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Ada ungkapan lebih baik mencegah daripada mengobati, berlaku juga untuk keamanan rumah kita. Periksa lagi kondisi rumah Anda sebelum meninggalkannya dalam keadaan kosong. Kewaspadaan tambahan bisa membantu menjaga barang benda tetap aman saat Anda pergi, dan juga membuat Anda merasa tenang.

Baca juga: 9 Cara Merawat Rumah Agar Sehat dan Bersih

Berikut beberapa tips sederhana sebelum meninggalkan rumah dalam keadaan kosong:

  • Pastikan Semua Pintu dan Jendela Terkunci
Sudah sangat jelas, tapi kadang banyak orang lupa. Ada jendela yang mungkin biasa terbuka meski malam hari, namun jika bepergian semua akses masuk harus ditutup rapat. Mengunci rumah adalah tindakan tepat untuk mencegah orang masuk, termasuk orang lewat yang sebenarnya tidak punya niat mencuri namun karena ada kesempatan.

  • Matikan Semua Perangkat Elektronik
Periksa setiap peralatan elektronik yang ada dan matikan, seperti komputer, audio, televisi, setrika dan lain-lain. Untuk keamanan maksimal, cabut stekker dari stop kontak. Anda dapat menghemat uang saat pergi tanpa khawatir. Jika Anda menggunakan pintu elektrik, mematikannya adalah piilhan yang tepat karena dapat mencegah pencuri membukanya dengan remote universal.

  • Penjaga Rumah
Cara terbaik lain untuk memastikan rumah Anda aman saat meninggalkannya adalah dengan menitipkannya pada orang kepercayaan atau tetangga. Hal ini sangat penting jika Anda memiliki hewan peliharaan atau tanaman yang perlu perawatan setiap hari. Saudara dekat bisa tinggal sementara di rumah saat Anda bepergian. Ini bisa menjadi solusi yang mudah, namun berpengaruh terhadap semua aspek karena orang tersebut memiliki akses penuh ke rumah kita. Itulah sebabnya kita perlu memilih orang yang tepat.
Baca juga: 8 Tanaman Sehat di Dalam Rumah

  • Memasang Alat Keamanan
Memasang sistem keamanan rumah seperti CCTV bisa menjadi solusi. Saat ini sudah banyak jasa pemasangan CCTV yang bisa Anda pilih. Dengan CCTV memungkinkan kita mengetahui kondisi rumah, bahkan ada jenis CCTV yang bisa kita pantau langsung menggunakan smartphone. Secara tidak langsung orang yang tahu ada CCTV di sekitar bisa mencegah tindakan kejahatan. Bahkan Anda bisa memasang CCTV dummy, yaitu CCTV yang hanya pajangan tidak berfungsi.

  • Buat Rumah Tetap Hidup
Rumah yang ditempati akan terlihat hidup, lampu menyala dan mati, kendaraan datang dan pergi. Saat Anda pergi, semuanya berhenti. Untuk membantu menciptakan ilusi bahwa rumah seolah-olah masih aktif, Anda bisa memasang timer yang bisa menyalakan lampu interior selama beberapa jam setiap malam. Dengan demikian rumah akan tampak normal, aktivitas tetap berjalan seperti biasa. Ada juga yang berpendapat saat meninggalkan rumah biarkan tirai terbuka dan lampu menyala sehingga orang beranggapan pemilik rumah ada di dalam. Semakin normal rumah Anda terlihat, akan semakin baik.

  • Hentikan Langganan Koran atau Surat
Tumpukan korang di depan pintu adalah tanda-tanda rumah yang tidak dihuni. Menghentikan langganan koran saat Anda meninggalkan rumah untuk beberapa waktu adalah hal yang sering dilupakan dan menjadi rumah Anda target pencurian. Jadi, pastikan Anda menghentikan layanan saat Anda pergi. Selain itu, pastikan Anda tidak akan menerima surat atau kiriman selama bepergian. Atau Anda bisa menghubungi pihak kurir seperti Kantor Pos untuk tidak mengantarkan kiriman ke rumah selama waktu tertentu.

Meninggalkan rumah adalah hal yang biasa, namun meninggalkan rumah dalam keadaan aman adalah hal yang perlu diperhatikan. Banyak kejadian kriminal ataupun bencana yang menimpa rumah yang sedang kosong, terutama karena kelalaian pemilik rumah. Hitung semua kunci rumah dan pastikan berada di tangan yang aman. Mengunci pintu sangat penting, sebagian besar pencurian melibatkan penggunaan kunci. Jangan juga menyembunyikan kunci di tempat terbuka karena pencuri lebih tahu tempat persembunyian dari kita.

Belum ada Komentar untuk "Tips Meninggalkan Rumah dalam Keadaan Kosong"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel