Tips Memilih Bahan Lantai Rumah Minimalis Yang Tepat

Ada begitu banyak hal yang harus kita perhatikan ketika merancang dan membangun rumah. Selain estetika, Anda juga perlu memastikan bahwa barang dan bahan yang kita gunakan sesuai dengan anggaran dan juga memiliki kualitas yang baik. Ketika merancang sebuah rumah berdasarkan anggaran, pastikan untuk membeli bahan-bahan yang tepat sehingga Anda tidak akan membuang-buang uang untuk barang yang tidak tepat. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan dengan baik dan cerdas ketika Anda mulai merancang atau mendesain ulang rumah.


Salah satu bagian penting penyusun rumah adalah lantai. Anda harus memilih dengan cermat karena ada begitu banyak bahan yang tersedia di pasar. Ada ubin keramik, vinyl, laminasi, bambu, kayu, spon, karpet, beton, marmer, batu atau bahkan bahan daur ulang. Jadi kali ini, kami akan memberikan beberapa tips tentang bagaimana memilih bahan lantai yang tepat untuk rumah minimalis Anda. Pertimbangkan dengan baik setiap poin di bawah ini :

  • Pertimbangkan anggota keluarga
Tips Memilih Bahan Lantai Rumah Minimalis Yang Tepat
Anggota keluarga adalah pertimbangan yang paling penting karena merekalah yang akan menggunakan lantai sepanjang waktu. Anda harus mempertimbangkan anak-anak yang akan bermain di lantai atau mungkin hewan peliharaan seperti kucing yang juga akan berada di atas lantai. Perhatikan juga kondisi kesehatan keluarga. Misalnya ada anggota keluarga yang menderita asma, maka jangan menggunakan bahan lantai yang memiliki senyawa organik yang mudah menguap karena dapat memicu asma dan alergi lainnya. Pikirkan baik-baik semua kegiatan mereka karena sangat penting untuk menentukan jenis lantai yang tepat bagi Anda dan keluarga.
  • Tentukan jenis suasana yang Anda inginkan
Tips Memilih Bahan Lantai Rumah Minimalis Yang Tepat
Selain dari sisi pengguna, tentukan juga jenis suasana yang ingin Anda wujudkan dalam rumah Anda. Jika Anda ingin suasana alami, maka lantai kayu adalah pilihan yang tepat. Jika Anda ingin memiliki nuansa yang lebih mewah, lantai marmer sangat cocok karena dapat menambah kemewahan rumah. Suasana apapun yang Anda inginkan, jangan lupa untuk mempertimbangkan poin nomor 1 di atas.
  • Pertimbangkan kondisi anggaran
Tips Memilih Bahan Lantai Rumah Minimalis Yang Tepat
Pertimbangkan anggaran Anda apakah sesuai dengan harga lantai Anda inginkan. Cobalah untuk mendapatkan barang yang lebih murah. Linoleum merupakan bahan lantai dengan harga lebih murah daripada karpet. Ubin keramik jauh lebih murah daripada marmer. Carilah bahan yang Anda mampu beli. Jangan menghamburkan uang sehingga Anda masih dapat memiliki uang untuk membeli bahan-bahan lainnya.
  • Tentukan jenis ruangan
Tips Memilih Bahan Lantai Rumah Minimalis Yang Tepat
Jenis lantai juga tergantung pada jenis ruangan. Jika untuk dapur, Anda dapat menggunakan bahan-bahan seperti karet, vinil, spon dan linoleum karena bahan ini mudah untuk dibersihkan dan dapat mencegah kerusakan ketika piring dan benda yang mudah pecah lainnya jatuh. Lantai kayu dan lantai laminasi sangat cocok untuk kamar tidur dan ruang tamu. Sementara ubin keramik umumnya digunakan dalam kamar mandi karena kondisi yang memang selalu basah.
  • Pelajari teknik pemeliharaan lantai
Tips Memilih Bahan Lantai Rumah Minimalis Yang Tepat
Bagaimana cara merawat lantai dengan bahan tertentu? Itulah pertanyaan jangka panjang yang harus Anda lakukan ketika sudah menentukan satu jenis bahan lantai. Anda perlu belajar cara merawat bahan lantai tertentu. Ubin keramik atau marmer harus disapu secara teratur atau akan tampak kotor jika jarang dibersihkan. Lantai kayu juga harus dibersihkan dengan vacuum cleaner dan disapu secara rutin untuk menghindari kotoran yang menumpuk dan untuk menghindari pelapukan. Semua jenis lantai memiliki teknik perawatan tersendiri, jadi pilihlah lantai yang mudah perawatannya.
  • Pemilihan bahan
Tips Memilih Bahan Lantai Rumah Minimalis Yang Tepat
Hal terbaik untuk dilakukan dalam memilih bahan lantai adalah dengan melakukan pemilihan bahan. Teliti semua jenis bahan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan Anda. Cobalah untuk mencari kekurangan dan kelebihan dari bahan tertentu dan bandingkan dengan bahan lainnya. Cari juga melalui internet atau Anda dapat mengunjungi toko-toko lokal untuk membandingkan bahan-bahan ini. Anda juga dapat meminta pendapat dari ahli bangunan tentang bahan yang sesuai dengan rumah Anda.
  • Gaya dan estetika
Tips Memilih Bahan Lantai Rumah Minimalis Yang Tepat
Keindahan interior rumah Anda menyangkut banyak hal. Lantai akan menambahkan keindahan interior tersendiri jika Anda bisa memilih yang tepat. Perhatikan pada artikel-artikel sebelumnya bagaimana sebuah karpet sederhana dapat melembutkan interior sebuah ruang tamu, bagaimana kayu dapat menambahkan sentuhan yang berbeda untuk seluruh tampilan rumah, bagaimana pola lantai sederhana dapat menjadi titik fokus dan lain-lain. Tentukan jenis tampilan lantai yang Anda inginkan karena lantai akan berpengaruh besar pada hasil akhir.
  • Kualitas dan daya tahan
Tips Memilih Bahan Lantai Rumah Minimalis Yang Tepat
Selain penampilan yang menarik, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah kualitas dan daya tahan. Berapa lama sebuah karpet bisa bertahan? Bisakah lantai kayu menahan semua beban yang Anda akan tempatkan di dalam rumah? Jika Anda memang ingin menggunakan karpet, Anda juga harus memilih jenis karpet yang mampu bertahan lama dan juga memberikan kenyamanan bagi Anda. Umumnya, rumah modern lebih memilih menggunakan ubin keramik karena memang dapat bertahan dalam jangka waktu yang relatif lama dan juga mudah dibersihkan. Tapi itu semua tergantung pada kebutuhan dan desain yang ingin dicapai.
  • Pemilihan warna
Tips Memilih Bahan Lantai Rumah Minimalis Yang Tepat
Warna adalah salah satu unsur penting ketika memilih bahan lantai karena akan menciptakan dampak yang besar bagi seluruh tampilan interior Anda. Bayangkan sebuah rumah dengan warna putih di mana-mana. Kemudian Anda mencoba menempatkan karpet berwarna-warni, pasti akan langsung menambah kehidupan dan keceriaan ke dalam rumah tersebut. Anda juga dapat menggunakan warna terang untuk lantai jika memang dinding dan furnitur serta barang-barang lain di dalamnya sudah penuh warna. Dengan cara ini, ruangan akan tampak terangkat dengan lantai berwarna terang.
  • Teknik pemasangan
Tips Memilih Bahan Lantai Rumah Minimalis Yang Tepat
Hal terakhir yang perlu Anda pikirkan adalah teknik pemasangan. Meksipun Anda akan mempekerjakan seseorang untuk memasang lantai di rumah Anda, ada baiknya Anda mempertimbangkan apakah bahan lantai tersebut dapat dipasang dengan baik di rumah Anda, atau malah membutuhkan biaya yang terlalu besar untuk biaya pemasangannya, atau mungkin bahan tersebut tidak bisa dipasang di lingkungan rumah Anda. Jadi, perhatikan dengan baik tentang teknik pemasangan yang tepat untuk rumah Anda. Pikirkan juga waktu yang diperlukan untuk pemasangannya. Beberapa jenis lantai tidak begitu sulit untuk dipasang dan mungkin Anda dapat melakukannya sendiri.

Saat ini, bahan dasar lantai hadir dalam berbagai jenis dan dapat disesuaikan di berbagai ruang. Memilih lantai yang tepat sangat mempengaruhi tampilan rumah Anda. Selain itu juga dapat membuat Anda merasa lebih nyaman jika menempatkan bahan lantai yang tepat untuk area tertentu di rumah Anda. Jika Anda merasa kesulitan memilih, Anda bisa meminta bantuan seseorang yang ahli dalam hal ini. Semua tips di atas dapat membantu Anda dalam memilih bahan lantai yang tepat bagi Anda, keluarga dan lingkungan.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Bahan Lantai Rumah Minimalis Yang Tepat"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel