Tips Merancang dan Memperindah Langit-Langit Rumah

Pada umumnya kita mengisi rumah dengan furnitur dan dekorasi yang indah dan nyaman, kita juga memastikan bagian lain dari rumah kita dirancang dengan baik. Dengan demikian akan memberikan rumah Anda tampilan yang terkesan ramah dan menyambut. Hal ini bahkan bisa mengurangi kebutuhan Anda untuk membeli lebih banyak dekorasi jika Anda memiliki dinding dan langit-langit dengan desain yang menarik perhatian. Anda telah membaca artikel sebelumnya mengenai merancang tekstur dinding yang berbeda untuk menambah kehidupan pada dinding ruangan. Jadi, hari ini kami akan memberikan tips tentang bagaimana merancang langit-langit agar tampak lebih indah.


Langit-langit atau biasa disebut dengan plafon adalah bagian atas ruangan yang menutup atap dan memberikan tampilan ruangan yang lebih cantik. Beberapa ruangan mungkin memiliki langit-langit biasa, tapi ada rumah yang memiliki langit-langit dengan desain yang rumit. Tentu saja, desain bisa sangat bervariasi tergantung pada jenis ruang. Jika sebuah ruangan memiliki interior modern, langit-langit yang cocok terdiri dari garis-garis halus dan kurva. Untuk desain tradisional biasanya memiliki pola yang lebih rumit. Apapun jenis langit-langit rumah Anda, tips-tips berikut pasti berguna bagi Anda untuk meningkatkan tampilan langit-langit rumah Anda.

  • Pertimbangkan jenis ruang.
Tips Merancang dan Memperindah Langit-Langit Rumah
Hal ini mengacu pada jenis ruangan yang akan Anda dekorasi langit-langitnya. Desain memang bervariasi mulai dari kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu dan area lain dari rumah. Umumnya, langit-langit di ruang tamu, ruang keluarga dan kamar tidur memiliki tampilan yang lebih rumit daripada di kamar mandi. Tapi semua itu tergantung pada selera dan jenis interior yang Anda miliki.
  • Gaya interior
Tips Merancang dan Memperindah Langit-Langit Rumah
Seperti yang telah disebutkan dalam poin sebelumnya untuk selalu memperhatikan gaya interior ruangan saat merancang langit-langit. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa desain langit-langit sesuai dengan interior yang ingin Anda buat. Untuk tampilan modern, Anda dapat menambahkan langit-langit sederhana dengan lampu tersembunyi di atasnya. Lampu bisa ditempatkan di tengah ruangan atau di sisi ruangan. Anda juga dapat menambahkan beberapa tekstur untuk langit-langit. Untuk tampilan klasik, sentuhan tradisional bisa menjadi pilihan, Anda juga dapat menempatkan pola dekoratif pada sisi langit-langit.
  • Tentukan posisi pencahayaan
Tips Merancang dan Memperindah Langit-Langit Rumah
Lampu langit-langit merupakan faktor yang juga harus dipertimbangkan. Tentukan posisi yang tepat untuk menempatkan lampu. Hal ini akan membantu Anda tentang bagaimana rancangan langit-langit yang tepat. Atau Anda juga dapat merancang langit-langit terlebihd ahulu kemudian mencari lampu yang sesuai. Pastikan lampu dan langit-langit dapat menyatu dengan baik sehingga Anda bisa mendapatkan desain langit-langit benar-benar menakjubkan.
  • Ketinggian langit-langit
Tips Merancang dan Memperindah Langit-Langit Rumah
Setiap rumah memiliki ukuran yang berbeda-beda, begitu juga dengan tinggi langit-langit, ada rumah yang memiliki langit-langit yang tinggi adan ada juga yang rendah. Anda tidak dapat menambahkan asesoris langit-langit jika langit-langit rumah Anda sudah rendah. Sebaliknya, Anda bisa melukis dengan warna yang lebih ringan. Anda juga dapat menambahkan beberapa tekstur yang tidak terlalu ramai. Untuk langit-langit tinggi, Anda dapat lebih banyak melakukan eksperimen dan percobaan dengan berbagai macam dekorasi. Tapi bukan berarti langit-langit rendah tidak dapat tampil menakjubkan, Anda hanya harus berpikir kreatif.
  • Warna yang tepat
Tips Merancang dan Memperindah Langit-Langit Rumah
Seperti bagian lain dari rumah, warna langit-langit akan mempengaruhi tampilan keseluruhan interior. Gunakan warna gelap untuk ruangan yang besar yang bertujuan untuk membuat perasaan nyaman. Untuk ruangan kecil, Anda dapat mencoba menggunakan warna yang lebih ringan untuk membuatnya tampak lebih besar. Tapi sebenarnya Anda bisa saja menggunakan skema warna yang berbeda dengan catatan dapat melengkapi dengan skema desain interior. Untuk langit-langit, tidak hanya warna yang penting, bahkan kemilau warna cat sangat berpengaruh. Jika ruangan Anda memiliki langit-langit rendah, menggunakan cat semi-gloss akan membuatnya terlihat lebih besar dan langit-langit akan tampak lebih tinggi. Cobalah untuk mempelajariefek warna cat yang berbeda sehingga Anda bisa mendapatkan jenis suasana yang tepat.
  • Gema
Tips Merancang dan Memperindah Langit-Langit Rumah
Pikirkan juga megnenai gema ketika merancang langit-langit. Anda pastinya tidak ingin ketika bersama keluarga akan menimbulkan perasaan seperti Anda sedang berbicara di sebuah ruangan yang sangat besar. Untuk menghindari gema, Anda dapat menambahkan peredam langit-langit. Untuk ruangan dengan langit-langit tinggi, atur suara dengan menempatkan beberapa peredam di sekitar dinding ruangan.
  • Tambahkan fitur arsitektur
Tips Merancang dan Memperindah Langit-Langit Rumah
Salah satu cara untuk memiliki langit-langit yang indah adalah dengan menambahkan beberapa fitur arsitektur di atasnya. Anda dapat menambahkan balok kayu, panel kain, lapisan langit-langit, kayu anyaman, layar, karya seni, wallpaper atau dekorasi lainnya. Dengan trik ini Anda pasti akan mendapatkan langit-langit yang indah dan berbeda.
  • Cobalah berbagai bentuk
Tips Merancang dan Memperindah Langit-Langit Rumah
Anda dapat mencoba berbeagao bentuk untuk desain langit-langit. Anda dapat mencoba bentuk persegi panjang, lingkaran atau bentuk lainnya. Tapi Anda juga dapat mencoba menggunakan bentuk yang tidak beraturan asalkan tetap terlihat seimbang dengan interior lainnya. Hal ini dapat menambahkan kesan lembut dan mengalir dari langit-langit rumah Anda. Jangan takut untuk bereksperimen sesuai dengan anggaran dan sesuai dengan hiasan lainnya misalnya lampu yang telah Anda pasang sebelumnya.
  • Ventilasi
Tips Merancang dan Memperindah Langit-Langit Rumah
Ventilasi dapat Anda buat dengan menyisakan area terbuka di bagian langit-langit, tetapi Anda juga dapat membuatnya dengan lampu buatan sehingga tanpa perlu membuat area terbuka di bagain atap. Menciptakan ilusi cahaya alami dengan memasang lampu tersembunyi di bagian atas lapisan langit-langit dapat menambah pencahayaan ke dalam ruangan. Menambahkan lampu di bawahnya akan membuatnya tampil seperti obyek mengambang di langit-langit Anda.
  • Dekorasi lampu
Tips Merancang dan Memperindah Langit-Langit Rumah
Lampu dapat dijadikan dekorasi yang menakjubkan. Anda dapat memposisikan lampu dengan arah cahaya yang berbeda-beda. Cobalah menggunakan lampu yang menghadap ke bawah dan ke atas. Dengan cara ini, dapat menciptakan lebih banyak drama ke langit-langit rumah Anda.

Merancang langit-langit bukan hanya tentang arsitektur, tetapi juga tentang pencahayaan. Anda dapat melihat langit-langit yang dirancang dengan baik akan tetap terlihat membosankan tanpa pencahayaan yang tepat di atasnya. Itulah sebabnya, Anda harus menyeimbangkan keduanya untuk mendapatkan desain langit-langit yang sempurna.

Belum ada Komentar untuk "Tips Merancang dan Memperindah Langit-Langit Rumah"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel