Memilih Cat Exterior Rumah

Memilih Cat Exterior Rumah
Salah satu perbedaan utama antara cat indoor dan outdoor pada rumah adalah pada area outdoor terdapat permukaan yang lebih luas yang perlu dipertimbangkan dengan baik. Permukaan ini termasuk papan dengan dinding atau aluminium, susunan kayu, dinding bata, batako, semen, dan tentu saja cat lama. Pada kebanyakan rumah-rumah tua, Anda bisa menemukan kombinasi berbagai permukaan tersebut. Untungnya, ada cat untuk segala jenis permukaan, dan ada juga beberapa jenis cat yang cocok untuk berbagai permukaan.
Seperti halnya cat interior, cat eksterior juga tersedia dalam jenis campuran air atau campuran pelarut (thinner) dan dalam tiga model hasil akhir: standar, semigloss, dan gloss. Namun demikian, terdapat beberapa karakteristik membedakan antara cat eksterior dan interior rumah. Salah satunya, cat eksterior harganya lebih mahal. Selain itu juga mengandung lebih banyak resin (untuk menahan air dan meningkatkan daya tahan terhadap cuaca) dan lebih banyak pigmen (warna).

Anda bisa memilih cat berdasarkan jenis cat yang digunakan sebelumnya. Seperti cat interior, lateks sangat baik jika digunakan di atas cat lateks dan begitu juga dengan alkyd. Jika Anda tidak yakin tentang jenis cat di rumah Anda, gunakan saja cat alkyd.
Memilih Cat Exterior Rumah
Cat lateks lebih mudah digunakan, cepat kering dan dapat membantu meminimalkan masalah kelembaban karena memiliki pori-pori sebagai sirkulasi udara. Untuk membersihkannya cukup dengan air dan sabun. Cat jenis ini tidak sesuai dengan jenis cat oilbase, alkyd atau permukaan yang tidak rata. Alkyd, di sisi lain sangat tahan lama, tetapi lebih sulit diterapkan dan butuh waktu lama untuk kering. Cat Alkyd juga membutuhkan pelarut untuk membersihkan kuas, rol, tempat cat dan tetesan yang tidak diinginkan.
Memilih Cat Exterior Rumah
Salah satu jenis cat alkyd eksterior memiliki kelebihan mudah diatur dan dibersihkan. Selama beberapa tahun, permukaan cat perlahan mengoksidasi. Setiap kali hujan dapat mengikis kapasitas cat bersama dengan kotoran. Karena aliran air ini permukaan cat seolah-olah terus memperbaharui dirinya. Tapi resikonya akan ada residu kapur pada benda-benda di bagian bawahnya, tetapi formula terbaru mampu mengontrol residu ini sehingga tidak menodai permukaan yang berdekatan.
Cat jenis ini tidak dianjurkan untuk setiap rumah. Di daerah dengan sedikit curah hujan, misalnya fungsi cat ini tentu tidak maksimal.

Belum ada Komentar untuk "Memilih Cat Exterior Rumah"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel