Warna Cat Ruang Keluarga

Warna Cat Ruang Keluarga
Memilih warna cat untuk ruang keluarga - Seperti namanya, ruang keluarga adalah tempat dimana keluarga berkumpul dengan suasana yang nyaman. Dekorasi ruang keluarga memang cukup penting karena biasanya ruangan ini berada di tengah-tengah rumah setelah ruang tamu. Ruangan yang nyaman ditandai dengan pilihan warna cat rumah yang tepat. Oleh karena itu kita perlu menentukan kombinasi warna cat untuk ruang keluarga rumah kita.


Psikologi warna memainkan peran penting ketika kita mendesain interior ruangan. Efek dari warna ruangan berdampak signifikan, baik fisik dan psikologis. Penggunaan warna ruang keluarga berpengaruh terhadap suasana hati kita. Di mana pun kita melihat warna, itulah mengapa pentingnya memilih warna untuk interior rumah kita.

Berikut beberapa memilih warna cat rumah yang bagus untuk ruang keluarga:

  • Mulai dari yang kecil
Jika Anda tidak yakin warna apa yang cocok, cobalah di area kecil seperti kamar mandi, loteng atau area antara kamar, atau bisa juga membuat aksen dinding. Pilih area yang cepat dan lihat hasilnya. Perhatikan apakah nada warna yang Anda pilih dapat menyatu dengan ruangan, jika tidak Anda bisa mencoba warna lain.

Warna Cat Ruang Keluarga
Warna Cat Ruang Keluarga

Untuk memulai, pilih warna favorit yang diambil dari benda di sekitar ruang keluarga, seprti dekorasi, karya seni, karpet, aksesori atau furnitur sebagai warna utama atau aksen.

Baca juga: Warna Dinding Ruang Tamu Minimalis
  • Pelajari komposisi warna
Ada begitu banyak warna yang memiliki sifat yang berbeda-beda pula. Dengan mempelajari sifat dan komposisi warna dapat membantu kita untuk memahami terminologi yang digunakan untuk menggambarkan warna.

Warna Cat Ruang Keluarga
Warna Cat Ruang Keluarga

Jika Anda ingin ruang keluarga yang lebih aktif, pertimbangkan warna yang kuat, warna yang lebih intens. Tapi meskipun Anda ingin ruang keluarga berwarna terang, pilih warna yang sedikit lebih jenuh daripada hanya putih atau cahaya pastel. Warna cahaya dapat terasa terang dan mencolok ketika digunakan pada semua permukaan dalam sebuah ruangan. Namun, dua atau lebih warna setengah terang, warna pastel yang terkait dapat menciptakan efek bercahaya bila digunakan di ruangan yang sama.

Warna Cat Ruang Keluarga
Warna Cat Ruang Keluarga


  • Pertimbangkan dampak warna terhadap suasana
Ketika memilih warna, pertimbangkan suasana ruangan yang dihasilkan. Di ruang keluarga kita bisa memilih berbagai kesan yang diinginkan seperti warna-warni yang menyenangkan, warna tenang dan menenangkan atau dramatis, dan lain sebagainya. Warna-warna lembut dan sejuk dan netral biasanya menciptakan perasaan yang lebih tenang, sedangkan warna kuat cocok untuk kesan dramatis.

Warna Cat Ruang Keluarga
Warna Cat Ruang Keluarga


Kita bisa merancang ruang keluarga untuk keakraban bersosialisasi atau tampil formal dan tenang. Warna hangat, kontras dan yang lebih cerah akan menambah suasana akrab, sedangkan warna-warna netral seperti biru dan hijau akan memberikan suasana yang lebih formal. Ruang keluarga biasa digunakan sebagai tempat berkumpul keluarga termasuk anak-anak, hati-hati untuk tidak terlalu merangsang anak-anak Anda dengan warna yang sangat terang. Entah fakta atau mitos mengatakan beberapa warna cerah dapat menyebabkan ketidakteraturan dan emosi.

Warna Cat Ruang Keluarga
Warna Cat Ruang Keluarga

Baca juga: Warna Cat Ruang Tamu Sempit
  • Pencahayaan
Ketika memilih cat, kita perlu mengantisipasi karena biasanya ada perbedaan ketika cat masih dalam kaleng dan ketika sudah digunakan pada dinding. Itulah mengapa beberapa toko cat profesional memiliki kotak cahaya untuk menguji bagaimana penampilan cat ketika sudah berada di ruangan yang dilengkapi dengan pencahayaan. Warna asli dari cat dapat kita lihat melalui cahaya alami siang hari, nada hangat dan kuning disebabkan oleh lampu pijar, lampu neon memberikan nada biru yang tajam. Pada dasarnya penampilan warna cat dinding sangat dipengaruhi oleh pencahayaan yang kita gunakan.
Warna Cat Ruang Keluarga
Warna Cat Ruang Keluarga

Jadi, warna yang kuat mungkin akan terlalu terang dan kuat bila digunakan pada semua bagian dinding ruang keluarga atau di samping jendela besar, tapi mungkin efektif bila digunakan sebagai aksen dinding dengan cahaya tidak langsung.

  • Tambahkan tekstur dengan dekorasi
Warna Cat Ruang Keluarga
Warna Cat Ruang Keluarga
Ubah dinding datar ruang keluarga ke dalam ruang yang menarik dengan visual tekstur dramatis. Penambahan furniture atau dekorasi mengilap atau logam berlapis bisa menambah kedalaman. Beberapa contoh logam reflektif seperti mika, tembaga, timah, perak dan emas yang dapat diaplikasikan pada hiasan dan asesoris di ruang keluarga. Selain itu kita bisa menambahkan pola untuk memberikan kesan tekstur.

Warna Cat Ruang Keluarga
Warna Cat Ruang Keluarga

  • Sesuaikan dengan ruangan lain
Warna Cat Ruang Keluarga
Warna Cat Ruang Keluarga
Dinding interior ruang keluarga merupakan bagian dari ruangan lain di rumah kita, sehingga kita perlu memperhatikan bagaimana warna berinteraksi dengan ruangan lain. Pendekatan komposisi dapat dilakukan dengan Anda berada di satu ruangan, tetapi Anda dapat melihat ruangan lain. Sehingga ketika memilih warna, mempertimbangkan bagaimana warna mengalir dari ruang ke ruang lain untuk menciptakan keseimbangan.

Warna Cat Ruang Keluarga
Warna Cat Ruang Keluarga

  • Kombinasi warna yang berbeda
Salah satu cara yang bagus untuk menciptakan tampilan yang kohesif di ruang keluarga dengan banyak jendela dan pintu, adalah dengan memilih warna cat yang berbeda dengan dinding. Cara ini akan membuat kontras yang lebih menarik. Frame dan bingkai yang berbeda akan lebih menarik perhatian, apalagi jika ditambah dengan hiasan jendela seperti tirai.

Belum ada Komentar untuk "Warna Cat Ruang Keluarga"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel