Tips Memilih Furnitur dan Dekorasi Ruang Tamu

Ruang tamu adalah ruangan di rumah kita yang berguna untuk menyambut tamu. Dengan demikian, pemilik rumah selalu memastikan ruang tamu dirancang dengan baik dan bisa memberikan kenyamanan bagi semua orang, tidak hanya untuk tamu tetapi juga bagi pemilik rumah. Dalam merancang ruang tamu, perabotan dan furnitur sangat penting karena selain dari daya tarik visual dari ruang, juga memainkan peran penting untuk penampilan. Bayangkan jika sebuah ruang tamu tanpa furnitur. Dimana Anda duduk dan menyambut tamu? Di mana Anda dapat bersantai sambil menonton televisi?


Dalam memilih furnitur dan dekorasi ruang tamu, pastikan untuk mengutamakan kualitas selain keindahan. Pastikan juga Anda mengatur posisinya sesuai dengan ruangan dan arsitektur rumah Anda. Selain itu, masih ada hal-hal lain yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih furnitur dan dekorasi ruang tamu. Berikut adalah tips-tips dalam memilih furnitur dan dekorasi ruang tamu:

  • Mulailah dari dasar
Tips Memilih Furnitur dan Dekorasi Ruang Tamu
Sebelum Anda berpindah ke titik lainnya, Anda harus mulai dari dasar dalam memilih furnitur dan mempertimbangkan ruangan Anda. Carilah furnitur dasar seperti sofa, kursi, meja tengah dan meja sisi. Kemudian perhatikan sekeliling ruang Anda sehingga Anda tahu ukuran furnitur yang tepat yang Anda perlukan untuk fungsi tertentu.
  • Pengukuran
Tips Memilih Furnitur dan Dekorasi Ruang Tamu
Untuk memastikan furnitur yang tepat, Anda perlu mengukur dan menggambar denah ruang tamu atau Anda dapat membuat sketsa pada selembar kertas. Kemudian merencanakan lalu lintas ruangan menggunakan rencana yang sudah Anda buat dan memutuskan penempatan furnitur. Hal ini akan memberi Anda gambaran yang baik dari ruangan yang ada. Selain itu, jangan lupa untuk menyisakan area bebas.
  • Utamakan fungsi
Tips Memilih Furnitur dan Dekorasi Ruang Tamu
Apa kegiatan yang akan Anda lakukan di ruang tamu Anda? Hal ini memiliki dampak yang besar pada apa yang akan Anda tempatkan di ruang tamu seperti kabinet modular untuk televisi, penyimpanan atau tempat di mana Anda dapat menempatkan minuman Anda jika Anda memiliki tamu. Utamakan fungsi dan kenyamanan sebelum beranjak ke tampilan.
  • Pertimbangkan arsitektur yang sudah ada
Tips Memilih Furnitur dan Dekorasi Ruang Tamu
Hal ini sangat penting untuk melihat unsur-unsur arsitektur yang sudah ada di rumah Anda, termasuk jendela, perapian dan lain-lain. Dengan demikian, Anda perlu merencanakan dan mempertimbangkannya dengan baik karena jika tidak, furnitur Anda mungkin tidak akan terlihat baik dalam ruangan. Desain interior juga juga memberikan bagian besar untuk mempercantik ruang tamu.
  • Perencanaan
Tips Memilih Furnitur dan Dekorasi Ruang Tamu
Pada poin sebelumnya telah disebutkan bahwa Anda perlu menggambar rencana untuk ruang tamu Anda. Hal ini dapat menjadi acuan desain ruangan. Untuk tampilan ruang tamu yang lebih baik, Anda dapat merancang desain dalam bentuk 3D dengan furnitur yang Anda inginkan. Desainer interior juga dapat membantu Anda melakukannya. Gunakan rencana tersebut sebagai acuan dalam pembuatan.
  • Pilih furnitur yang berkualitas
Tips Memilih Furnitur dan Dekorasi Ruang Tamu
Dalam hal pemilihan furnitur, cobalah untuk memilih furnitur yang memiliki kualitas tinggi karena furnitur adalah investasi. Pastikan Anda tidak hanya melihat desain tetapi juga memperhatikan kondisi dan daya tahan dalam jangka waktu yang lama. Itulah sebabnya, bahan furnitur harus menjadi salah satu perhatian Anda. Tapi memang furnitur yang berkualitas tinggi memerlukan biaya yang lebih tinggi juga.
  • Koordinasi tiap furnitur
Tips Memilih Furnitur dan Dekorasi Ruang Tamu
Dalam memilih furnitur ruang tamu, Anda tidak bisa hanya melihat ruang tamu itu sendi. Anda harus melihatnya secara keseluruhan termasuk di dalamnya furnitur dan dekorasi. Anda juga perlu memastikan setiap bagian dapat sesuai dan saling melengkapi terutama jika Anda memiliki tata letak terbuka di mana semua perabotan dapat dilihat dari luar. Harus ada pandangan yang koheren dan seimbang dalam keseluruhan furnitur Anda.
  • Tema
Tips Memilih Furnitur dan Dekorasi Ruang Tamu
Pilih tema untuk interior Anda. Kemudian pilih furnitur yang sesuai dengan tema ruang tamu Anda. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan tema tampilan modern, carilah furnitur yang memiliki desain modern juga. Ruangan dan furnitur yang serasi akan memaksimalkan tampilan ruang tamu Anda.
  • Penggunaan furnitur aksen
Tips Memilih Furnitur dan Dekorasi Ruang Tamu
Selain dari furnitur dasar dalam ruang tamu, tambahkan juga beberapa aksen furnitur seperti kursi, meja atau dekorasi lainnya. Hal ini juga bisa menjadi area tempat duduk tambahan terutama ketika Anda memiliki tamu. Selain itu, hal ini dapat menambah daya tarik ke sebuah ruangan. Anda juga dapat menambahkan aksesori lain di atasnya seperti bantal.
  • Jangan berlebihan
 Tips Memilih Furnitur dan Dekorasi Ruang Tamu
Seperti biasa, Anda harus menghindari hal-hal berlebihan dalam desain ruang tamu dengan menempatkan furnitur yang diperlukan saja. Jika Anda menempatkan terlalu banyak furnitur, ruang tamu Anda akan terlihat kotor dan terlalu penuh dengan barang.

Memilih furnitur untuk ruang tamu adalah hal menyenangkan karena Anda dapat berkreasi untuk menunjukkan nilai seni dalam diri Anda. Semua orang pasti bersemangat untuk memiliki ruang yang indah dan nyaman untuk menyambut para tamu. Oleh karena itu, pastikan Anda memperhatikan tips-tips di atas sehingga Anda dapat merancang ruang tamu yang nyaman.

2 Komentar untuk "Tips Memilih Furnitur dan Dekorasi Ruang Tamu"

  1. TQ Mas atas sharenya ya,,jika rapi dan bersih..kita pun jdi betah- Salam kenal, By Lukisan Minimals

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga bermanfaat untuk memilih furniture dan dekorasi rumah kita.

      Hapus

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel