Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah
Bagi Anda yang akan membeli rumah atau pindah ke rumah baru, pasti sebelum membelinya Anda sudah memeriksa kondisi tiap bagian rumah. Hal ini sangat penting karena kita akan menempatinya bersama keluarga. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah baru yang perlu Anda ketahui.

Ketika Anda membeli rumah dan banyak hal yang tidak sesuai dengan keinginan kita, penjual atau pemilik rumah sebelumnya bertanggung jawab untuk memperbaikinya. Atau ada kesepakatan lain sehingga semua masalah bisa teratasi saat Anda mulai tinggal di dalamnya.

Kebanyakan rumah sudah dipersiapkan dengan baik ketika akan dijual. Namun, tetap saja kita mungkin mengeluarkan biaya perbaikan yang diperlukan, jadi sebaiknya semua perbaikan telah selesai sebelum Anda tinggal.

Berikut adalah hal-hal yang perlu kita perhatikan sebelum membeli rumah:

LANTAI
Pastikan lantai dalam kondisi yang baik. Lantai adalah hal pertama yang Anda lihat dan rasakan karena ada di seluruh bagian rumah. Ketika berjalan, pastikan untuk merasakan lantai masih dalam keadaan baik dan nyaman. Jika ada karpet, pastikan karpet bersih dan bagian lantai di bawah karpet dalam keadaan baik.

Untuk dapur dan kamar mandi, sangat penting kondisi lantai bersih dan tidak licin. Biasanya di area inilah lantai lebih sering rusak dan kusam.
Baca juga: Memilih Warna Lantai Rumah Minimalis

DINDING
Hampir sama dengan lantai, dinding juga bagian dari rumah yang ada di setiap sudut. Yang pertama dan terpenting, lihat apakah cat dalam kondisi baik dan tidak terkelupas, warna yang konsisten di seluruh bagian. Perhatikan juga tidak ada noda di dinding. Jika dinding terbuat dari papan kayu, pastikan tidak ada papan yang longgar atau keropos.

Hiasan dinding atau pigura yang digantung di dinding akan meninggalkan lubang. Lubang ini perlu ditutup agar rata. Dinding retak adalah masalah lain yang sering muncul. Biasanya retak kecil tidak begit terlihat tapi semakin lama bisa melebar.
Baca juga: Desain Keramik Dinding Ruang Tamu

JENDELA
Ketika memeriksa jendela, pastikan Anda bisa membukanya dengan sempurna. Jendela yang tidak sempurna sangat beresiko baik untuk desain maupun keamanan. Setiap ruang harus memiliki setidaknya satu jendela yang dapat dibuka.

Pastikan jendela tidak rusak, kaca tidak kusam atau pecah. Untuk jendela yang memiliki komponen dari besi pastikan tidak berkarat. Jendela harus bisa digunakan secara normal dan bisa mengunci dari dalam. Masalah yang paling banyak dijumpai adalah lumut dan jamur jika jendela terkena hujan langsung.

Bagian lain dari jendela adalah tirai. Meskipun tirai tidak begitu menjadi masalah, tapi kondisi tirai yang baik bisa mengurangi pengeluaran biaya untuk membeli tirai baru.
Baca juga: Mendesain Jendela Depan Rumah Minimalis

PINTU
Sama seperti jendela, lihat juga semua pintu di rumah. Semua pintu bisa menutup erat dan pas dalam bingkai, gagang pintu atau kunci dalam keadaan baik. Jika perlu Anda harus memiliki dua set kunci pintu, yaitu pintu yang memiliki kunci yang normal serta dilengkapi gerendel untuk mengunci dari dalam.
Baca juga: Model Daun Pintu Minimalis

KAMAR TIDUR
Di kamar tidur, lihat ruangan dari atas hingga bawah, dari langit-langit hingga lantai. Jika di dalamnya terdapat ranjang, lemari atau laci periksa setiap bagian juga. Pemeriksaan kamar tidur ini sangat penting karena kita menghabiskan sebagian besar waktu di sini, terutama saat tidur di malam hari.
Baca juga: Ide Desain Kamar Tidur Sempit

LISTRIK
Coba setiap saklar lampu dan stop kontak di semua ruangan. Periksa dengan cermat apakah semua dalam keadaan baik dan aman. Instalasi listrik harus tepat dan aman karena beresiko terhadap penghuni rumah terutama jika Anda memiliki anak kecil. Selain itu, pemasangan dan penataan kabel memiliki peran penting agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Biasanya lampu tidak bekerja optimal pada siang hari, jadi usahakan untuk mencoba setiap lampu pada malam hari. Setiap ruangan memerlukan tingkat penerangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda mungkin perlu merencanakan anggaran penggantian lampu untuk kebutuhan tertentu.

Bagian listrik lain yang tidak kalah penting adalah kotak sekering atau panel listrik. Panel listrik yang baik berada dalam kotak pelindung khusus sehingga aman dari gangguan luar. Selain itu panel ini harus dipasang di tempat yang aman dari hujan dan panas matahari.

KAMAR MANDI
Masuklah ke kamar mandi dan coba semua peralatan yang ada. Pertama-tama, buka keran air dan lihat apakah air mengalir, apakah air jernih atau kotor. Dinding kamar mandi juga harus bersih dan bebas lumut atau jamur. Toilet juga harus bersih dan berfungsi dengan baik. Saluran air yang lancar juga salah satu tanda kamar mandi yang sehat.
Baca juga: Model Kamar Mandi Ukuran Kecil

DAPUR
Kebanyakan rumah memiliki dapur di bagian belakang, tapi ada juga yang terletak agak ke depan terutama untuk rumah minimalis. Perhitungkan luas area dapur apakah sudah cukup nyaman untuk memasak dan menyiapkan makanan.

Dapur memerlukan sistem ventilasi yang baik. Jendela sangat penting agar sirkulasi udara lancar dan mencegah bau atau jamur tertahan di dalam, terutama dalam lemari.
Baca juga: Desain Dapur Sederhana dan Murah

HAMA
Hama dan binatang seperti tikus, serangga, semut, kecoa dan lainnya memang cukup sulit dideteksi. Hal ini mungkin sedikit berlebihan, tapi sangat perlu jika Anda ingin tinggal di rumah yang sehat.

Hama biasanya masuk melalui celah-celah kecil, itulah sebabnya kita harus menutup celah dan retakan di dinding dan langit-langit yang memungkinkan binatang bisa memasuki rumah. Sisa-sisa makanan dapat menarik perhatian binatang, jadi kita harus hidup bersih.

Belum ada Komentar untuk "Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel