Cara Merawat Kucing di Rumah Kita

Jika Anda adalah pemilik kucing baru, Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan tentang bagaimana merawat kurcing kita ketika berada di rumah. Sama seperti hewan peliharaan lainnya, kucing memerlukan penanganan khusus saat berada di rumah. Dengan demikian, rumah kita bisa tetap bersih dan rapi, semua terjaga dengan baik meskipun kucing terkenal suka melompat kesana-kemari.

Cara Merawat Kucing di Rumah Kita
Cara Merawat Kucing di Rumah Kita
Kucing adalah hewan peliharaan yang mudah dirawat dan perawatannya relatif rendah. Setelah Anda terbiasa dengan dasar-dasar perawatan kucing seperti pemberian makanan, kotak sampah, perawatan, kesehatan umum, dan keselamatan, yang harus Anda lakukan hanyalah merawat dan menikmati waktu bersama kucing Anda.

Dalam artikel ini, Anda akan belajar tentang topik penting yang harus diketahui pemilik kucing agar tetap merasa nyaman, sehat dan tidak mengganggu aktivitas keluarga.

Kami akan mulai dengan topik yang bagi kucing paling penting.

  • Beri Makanan Sehat untuk Kucing Anda
Makanan yang Anda pilih memiliki efek besar pada kesehatan kucing secara keseluruhan, jadi pastikan bahwa Anda memberinya makan sesuatu yang bergizi. Jika Anda tahu merek makanan yang dimakan kucing sebelum mengadopsinya, itu sangat membantu untuk mendapatkan jenis makanan yang sama. Mengubah makanan baru membutuhkan sedikit penyesuaian. Kucing yang sehat tentu akan memberikan suasana yang nyaman saat berada di dalam rumah kita.

  • Pilih tempat Makanan dan Mangkuk Air
Untuk makanan dan air, piring dan mangkuk stainless steel atau keramik merupakan pilihan yang paling ideal untuk kucing peliharaan. Tidak seperti plastik, kedua bahan tersebut tidak memiliki bau dan mudah dibersihkan. Tidak ada salahnya untuk memiliki lebih dari satu piring dan mangkuk sehingga Anda selalu memiliki yang bersih. Piring dan mangkuk yang tepat berpengaruh terhadap kebersihan interior rumah kita. Jika bentuk piring dan mangkuk baik untuk kucing, maka dapat meminimalisir berserakannya sisa makanan atau minuman sehingga rumah kita tetap bersih.

  • Memiliki Tempat Sampah
Tempat sampah khusus kucing setidaknya berupa kotak yang berisi pasir untuk setiap kucing yang Anda miliki. Jadi satu kucing memiliki satu kotak sampah. Kotak sampah ini biasanya terbuka sehingga bisa saja menimbulkan bau kotoran. Untuk mengatasinya Anda bisa menambahkan di dekatnya aroma terapi, bunga atau tanaman hijau lainnya.

  • Menggosok Kucing Secara Teratur
Menyikat bulu kucing cukup mudah dan tidak butuh waktu lama. Kebanyakan kucing senang jika disikat karena membuatnya mereka rileks. Menyikat secara teratur bisa menghilangkan rambut mati, kotoran, dan membantu menjaga kulit kucing tetap sehat. Kucing dengan bulu pendek atau sedang bisa disikat seminggu sekali, sedangkan yang memiliki bulu lebih panjang harus disikat dua atau tiga kali per minggu. Menggosok bulu kucing secara teratur akan meminimalisir tersebarnya bulu-bulu kucing kemana-mana dalam rumah kita.

  • Memandikan Kucing
Sebagian besar kucing yang dipelihara dalam rumah bisa tetap terjaga kebersihannya. Kecuali jika kucing sering bermain keluar rumah dan sering kotor. Kucing umumnya cukup dimandikan 2-3 kali dalam setahun. Gunakan sampo lembut yang dibuat khusus untuk kucing dan hindari sabun atau air di dekat mata atau telinganya. Setelah mandi, gunakan handuk untuk mengeringkannya dengan baik, lalu jaga agar tetap hangat sampai kering. Setelah benar-benar kering, sikat bulunya dengan baik untuk membuat bulunya kembali segar dan cantik.

  • Mencaga Cakar Kucing Agar Tidak Tajam
Anda membutuhkan gunting kecil untuk memotong kuku kucing. Pemotongan kuku kucing penting untuk menjaga agar tidak terlalu panjang, tajam, patah, atau rusak. Cakar panjang dapat menyebabkan kucing bisa saja menggores pemiliknya tanpa sengaja, atau merobek pakaian, tirai atau furnitur di rumah Anda. Memotong cakar kucing dua kali sebulan biasanya sudah cukup. Cakar depan biasanya tumbuh lebih cepat daripada cakar belakang. Pastikan gunting yang Anda gunakan tajam karena jika tumpul malah berpotensi merobek atau merusak cakar kucing.

Cara merawat kucing di atas memang membutuhkan konsistensi secara rutin. Jika dilakukan dengan baik, kucing Anda akan merasa nyaman dan sehat. Selain itu, kucing yang sehat dan bersih akan meminimalisir kotoran yang disebabkannya sehingga rumah kita tetap terjaga kebersihannya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Kucing di Rumah Kita"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel