Desain Kantilever Rumah Modern Unik

Umumnya, rumah dirancang lurus dan sejajar antara sisi yang satu dengan sisi yang lain. Anda pasti jarang atau mungkin tidak pernah melihat sebuah rumah yang memiliki sisi menonjol yang tampak mengapung di udara. Mungkin ide-ide seperti ini terlihat lucu tapi ketika Anda bisa melihat langsung rumah-rumah seperti ini, Anda pasti akan kagum dan bahkan mungkin ingin memiliki rumah dengan desain seperti ini. Desain rumah yang memiliki bagian yang menonjol di atas disebut sebagai kantilever.


Ketika kita mengatakan kantilever, hal ini mengacu pada struktur rumah yang kokoh yang memanjang secara horizontal dan didukung oleh struktur vertikal. Dalam jenis rumah ini, akan menjadi lantai yang didukung oleh kolom. Tapi dengan desain rumah yang unik, akan dibutuhkan analisis lebih mengenai struktural yang tepat untuk memastikan bahwa seluruh struktur tidak akan runtuh. Mungkin Anda akan berpikir inilah desain-desain rumah futuristik di masa yang akan datang. Lihatlah desain-desain rumah kantilever di bawah ini dan  Anda pasti akan kagum :

  • Coronet Grove Residence
Desain Kantilever Rumah Modern Unik
Gambar: Maddison Architects

Sebuah rumah tinggal yang indah bertema kontemporer yang terletak di Melbourne, Victoria, Australia. Teknik desain yang digunakan adalah dengan membagi bangunan menjadi dua elemen, elemen ruang tamu dan elemen kamar tidur dua lantai. Anda dapat menikmati keindahan dari lantai atas rumah ini.
  • TDA House
Desain Kantilever Rumah Modern Unik
Gambar: Cadaval & SolĂ -Morales

Rumah ini terletak di Meksiko yang dirancang untuk cuaca ekstrim. Area yang luas dan kolam renang besar merupakan kelebihan desain rumah ini. Mungkin satu-satunya kekurangan rumah ini adalah jalan masuk yang hanya ada sebuah jalan kecil di sisi kolam.
  • House in Santander
Desain Kantilever Rumah Modern Unik
Gambar: A-cero Architects

Penggunaan volume yang berbeda untuk desain rumah sangat membantu untuk mengintegrasikan plot area yang memiliki pandangan yang baik. Rumah modern ini terbuat dari beton, kaca dan kayu.
  • Uro House
Desain Kantilever Rumah Modern Unik
Gambar: 7XA Taller De Arquitectura

Sebuah rumah di atas tanah seluas 9.800 kaki persegi, memiliki dua lantai. Rumah kontemporer ini siap menyambut para tamu di bagian lorong yang berada di balik pohon. Terdapat jalan berbentuk L yang mengarah ke taman dan teras di belakang.
  • SGNW House
Desain Kantilever Rumah Modern Unik
Gambar: Metropole Architects

Apakah Anda sependapat jika ini adalah rumah yang indah? Pasti banyak orang yang ingin memiliki tempat tinggal dengan desain rumah seperti ini. Sebuah rumah kontemporer yang megah seperti istana. Anda bisa melihat bagian kantilever berada tepat di atas kolam renang.
  • Cape Schanck
Desain Kantilever Rumah Modern Unik
Gambar: Jackson Clements Burrows Architects

Desain rumah ini yang tampak sangat indah dengan pemandangan hijau sempurna yang mengelilinginya. Tingkat atas memiliki ekstensi ke arah lereng buatan yang menuju ke bawah. Rumah ini sangat indah dengan posisinya yang tampak seperti di pegunungan.
  • C House
Desain Kantilever Rumah Modern Unik
Gambar: Sommet & Asociados

Rumah mewah tapi tetap sederhana dengan dinding bebatuan. Kantilever dirancang dengan sangat rapi menunjukkan bagian atas seperti mengambang di udara.
  • The Trojan House
Desain Kantilever Rumah Modern Unik
Gambar: Jackson Clements Burrows Architects

Rumah ini akan membuat Anda tercengang, bagaimana sebuah rumah dengan lantai atas yang tampak melayang di udara. Desain ini dirancang dengan perhitungan yang sangat detail dan cermat, jika tidak pasti bangunan atas sudah roboh. Meskipun dibuat dengan desain modern, rumah ini tetap menggunakan bahan dasar kayu sehingga memperlihatkan sisi tradisionalnya.
  • Vila Castela Residence
Desain Kantilever Rumah Modern Unik
Gambar: Anastasia Arquitetos

Untuk menekankan posisinya yang ekstrem, rumah ini memanfaatkan cantilevers tidak hanya untuk mencapai estetika yang baik, tetapi juga untuk menonjolkan topografi. Rumah ini dibangun di lahan dengan kemiringan 30 derajat. Rumah unik ini terletak di Nova Lima, Brasil.
  • Riverhouse Niagara
Desain Kantilever Rumah Modern Unik
Gambar: Zerafa Studio

Rumah kontemporer dua lantai yang terletak di Kanada menawarkan tiga volume horisontal. Desain rumah yang benar-benar futuristik, eksterior yang dibalut panel logam perak dan kaca.
  • Hemeroscopium House
Desain Kantilever Rumah Modern Unik
Gambar: Ensamble Studio

Pembentukan struktur bangunan rumah ini sangat mengesankan terutama dengan penggunaan elemen baja. Anda bisa melihat rumah ini memiliki bagian yang lebih mirip jembatan. Mungkin agak aneh karena bagian ini tidak begitu jelas fungsinya, tapi sangat menarik perhatian.
  • Graham Residence
Desain Kantilever Rumah Modern Unik
Gambar: E. Cobb Architects

Rumah yang sangat indah dengan volume yang berbeda dan garis ramping untuk membuat desain rumah yang kontemporer. Area kantilever tampak sangat menarik. Rumah ini seperti tersusun dari bagian-bagian yang terpisah.
  • Cantilever House
Desain Kantilever Rumah Modern Unik
Gambar: Imbue Design

Terlihat sederhana tetapi tetap menakjubkan. Desain rumah idaman setiap orang untuk menikmati hidup bersama keluarga. Rumah ini dirancang dengan sangat baik dan cocok untuk pertemuan dan kebutuhan rekreasi lainnya.
  • Sloped Semi-cantilever House
Desain Kantilever Rumah Modern Unik
Gambar: Grido Architektura

Rumah ini dibangun di atas lereng, sehingga bentuknya disesuaikan dengan bentuk kontur lereng yang menurun. Rumah dengan Ini 6 ruang berjajar ini tampak hebat dengan bentuknya yang tidak biasa. Dengan posisinya yang miring memberi keunikan tersendiri pada rumah ini.
  • Casa Playa Las Lomas
Desain Kantilever Rumah Modern Unik
Gambar: Vertice Architects

Rumah ini berada di atas area berbatu dan berpasir dan berada di dekat laut. Mungkin ini desain rumah kantilever yang paling unik, memiliki banyak sisi dan kantilever. Desain ini memiliki dua volume paralel di mana salah satu lebih tinggi yang berguna untuk menikmati pemandangan laut. Bahkan terdapat kolam renang yang menggantung di rumah ini.

Desain rumah di atas benar-benar menakjubkan. Anda bisa membayangkan berapa banyak analisis struktural yang harus dilakukan untuk memastikan desain rumah di atas dapat berdiri dengan stabil. Inilah tantangan yang harus dihadapi untuk membangun sebuah rumah kantilever, apalagi jika terletak di daratan berbukit/pegunungan. Dengan usaha yang keras akan menciptakan desain rumah luar biasa seperti desain-desain di atas. Semoga desain-desain rumah unik di atas bermanfaat bagi Anda.

Belum ada Komentar untuk "Desain Kantilever Rumah Modern Unik"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel