Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Rapi

Jika kita tinggal di rumah yang kecil, kita pasti paham bahwa setiap bagian rumah sangat berarti. Jadi kita harus menjadikan setiap bagiannya memiliki fungsi. Tidak semua orang tahu bagaimana cara untuk menata rumah kecil agar terlihat rapi, kita harus berpikir kreatif agar barang-barang yang ada tidak merusak suasana keindahan rumah kita.

Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Rapi
Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Rapi
Tidak ada lemari maka kita bisa menggunakan rak pakaian sederhana. Dapur kecil bisa diatasi dengan memaksimalkan rak. Ini adalah dasar untuk merapikan rumah kecil sehingga semua terlihat rapi. Berikut tips dan trik untuk membuat rumah kecil kita selalu terlihat rapi:

Pastikan Semua Barang Memiliki Tempat

Salah satu alasan terbesar barang-barang menumpuk di sekitar rumah adalah karena tidak adanya tempat khusus. Buku, koran, dan barang lainnya cenderung menumpuk di meja. Buatlah tempat khusus untuk setiap barang atau setiap jenis kelompok barang. Selain membuat rumah kecil kita lebih rapi juga bisa memudahkan kita jika membutuhkannya dengan cepat.

Tempat Penyimpanan Sementara

Penumpukan barang biasanya ada di satu atau dua tempat di rumah kita. Di sinilah kita bisa menempatkan tempat penyimpanan sementara. Tempat penyimpanan sementara ini bisa berupa kotak yang juga bisa kita tambahkan hiasan sehingga lebih menarik. Fungsi kotak ini sebagai tempat penyimpan barang-barang yang tiba-tiba ada dan membutuhkan tempat. Dengan adanya kotak ini akan mengurangi barang yang berserakan. Jika waktu sudah luang kita punya waktu untuk memilah-milah isinya ke tempat yang semestinya.

Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Rapi
Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Rapi

Membersihkan Rutin dan Seketika

Ketika tinggal di rumah kecil, kita tidak bisa cukup menekankan betapa pentingnya untuk memastikan kita dan anggota keluarga membersihkan diri sendiri. Tidak peduli seberapa besar rumah Anda, jika anak-anak menaruh barang di sembarang tempat akan menyebabkan rumah berantakan.

Lakukan pembersihan secara rutin dan seketika, setiap anggota keluarga bertanggung jawab atas barang-barangnya sendiri. Seketika artinya langsung ditangani, alih-alih memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain untuk ditangani nanti. Misalnya, saat tiba di rumah sepatu langsung ditaruh di rak sepatu, jaket digantung, pakaian kotor dimasukkan ke dalam bak, dan seterusnya. Intinya lakukan yang terbaik untuk tidak membiarkan berantakan sehari-hari menumpuk, yang berarti menjaga rumah kecil kita tetap rapi dan teratur.

Bawah Tempat Tidur

Bawah tempat tidur adalah lokasi yang sangat strategis bagi kebanyakan orang untuk menyimpan barang, bahkan ada tempat tidur dengan laci di bawahnya. Saya sendiri menyimpan barang-barang di bawah tempat tidur, yang akhirnya tetap harus dikeluarkan. Kolong bisa menjadi penyimpanan darurat yang bisa kita andalkan misal sewaktu-waktu ada tamu. Kita bisa menyiapkan box atau wadah khusus yang diletakkan di bawah tempat tidur.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Rapi"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel