Pentingnya Menjaga Kebersihan Dapur Rumah

Pentingnya Menjaga Kebersihan Dapur Rumah
Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Itulah sebabnya menjaga rumah yang bersih akan berdampak besar terhadap kesehatan seluruh anggota keluarga Anda. Rumah yang bersih akan membuat orang-orang yang tinggal di dalamnya merasa nyaman dan aman dari penyakit. Bagian rumah yang memerlukan perhatian khusus dari segi kebersihan adalah dapur. Dapur merupakan tempat di mana kita memasak dan menyiapkan makanan, dan pasti akan ada banyak sampah dan sisa-sisa yang dapat menyebabkan timbulnya kuman dan bakteri.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah: Apakah dapur rumah Anda sudah cukup bersih? Apakah semua peralatan makan dan perabot memasak Anda bebas dari kotoran atau kuman? Hal ini dapat berdampak besar terhadap kebiasaan dan sangat mempengaruhi kesejahteraan keluarga Anda.

Anda mungkin beranggapan dapur Anda benar-benar bersih, tapi dapur dengan tingkat sanitasi yang baik tidak hanya dari sekedar penampilan. Bakteri suka hidup dalam makanan dengan suhu ruangan, sehingga Anda harus sangat waspada tentang tempat penyimpanan makanan dan pendingin. Jika berbicara tentang lemari es, apakah Anda tahu pengaturan suhu yang tepat? Seberapa sering Anda membersihkan makanan lama yang sudah tidak begitu segar? Apakah Anda sudah memahami apa itu kontaminasi silang dan bagaimana cara menghindarinya?

Memang banyak yang harus kita pertimbangkan dan mungkin agak sedikit berlebihan. Tapi ini adalah tanggung jawab yang besar untuk menjaga kesehatan keluarga Anda. Oleh karena itu kali ini kita akan membahas bersama tentang kebersihan rumah kita, terutama dapur. Secara singkat, kita hanya perlu berkonsentrasi pada tiga hal: penyimpanan, persiapan dan pembersihan. Meskipun Anda tidak begitu memahami tentang standar dapur yang bersih, setidaknya sekarang Anda menerapkan kebersihan maksimal untuk keluarga Anda.

Kebersihan dapur tidak hanya tentang menyeka wastafel atau mencuci tangan Anda setelah menyentuh daging mentah. Jika Anda ingin menjaga semua orang dalam rumah tangga Anda bersih, sehat dan aman, perhatikan tiga bidang utama di bawah ini dan ikuti aturan-aturannya.

Penyimpanan: kulkas harus diatur suhunya agar lebih dingin dari 4-5 derajat Celcius, dan freezer harus pada suhu 0 derajat, periksa suhu setiap tiga bulan. Periksa isi kulkas seminggu sekali dan buang makanan-makanan yang sudah melewati batas. Daging mentah, telur, makanan yang dimasak atau dipotong secara standar hanya boleh berada dalam kulkas tidak lebih dari dua jam.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Dapur Rumah

Persiapan dan memasak: Ketika Anda menyiapkan makanan, selalu ingat aturan sederhana ini: bersihkan, pisahkan, masak, dinginkan. Anda tidak hanya harus menjaga daging mentah terpisah dari makanan lain, tapi buah-buahan dan sayuran juga sebaiknya dicuci terpisah dari bahan kotor lainnya. Selain itu Anda harus memiliki talenan yang berbeda untuk daging dan bahan lain seperti buah.

Pembersihan: Ada tidak perlu menggunakan pembersih kimia di dapur, dan Anda pasti tidak ingin menggunakannya untuk membersihkan lemari es. Jus lemon dan cuka putih dapat menjadi alat pembersih terbaik untuk membersihkan dapur: Jus lemon menetralkan bau, cuka adalah disinfektan dan pembersih yang handal, dan keduanya merupakan kombinasi ganda yang cukup untuk dapur Anda. Gunakan botol semprot agar memudahkan ketika menjangkau bagian yang sulit, sedikit pemutih dan air juga bisa digunakan. Dan jangan lupa membersihkan diri sendiri: Cuci tangan Anda setelah menangani berbagai bahan makanan, bersin, membuang ingus, menggunakan kamar mandi, menyentuh binatang peliharaan, dan lain sebagainya. Usahakan menggunakan air hangat dan sabun, gosok setidaknya selama 20 detik agar kuman dan bakteri hilang sepenuhnya.
Pentingnya Menjaga Kebersihan Dapur Rumah
Ini hanyalah dasar-dasar dalam menjaga kebersihan dapur, tentu saja Anda dapat meningkatkan cara-cara di atas sesuai dengan kondisi dapur rumah Anda.
img:decorationarea.com,digsdigs.com

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Menjaga Kebersihan Dapur Rumah"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel