Tips Membersihkan Rumah

Tips Membersihkan Rumah
Jika kita membahas tentang rumah, yang terlintas dalam pikiran adalah ada banyak ruangan seperti kamar tidur, ruang tamu, ruang belajar, dapur dan lain sebagainya. Dari berbagai ruangan tersebut pasti semakin lama akan semakin kotor, terutama bagian yang tersembunyi. Kita semua pasti tidak akan merasa nyaman jika berada dalam ruangan yang kotor, tidak rapi dan acak-acakan. Itulah sebabnya kita sebagai pemilik rumah harus rutin membersihkan rumah kita.

Ruangan seperti dapur mungkin menjadi tempat yang paling banyak kotoran karena ada banyak bahan organik yang berada di dalamnya. Tidak banyak lalu lintas dalam kamar tidur, tetapi bukan berarti kita tidak harus membersihkannya secara teratur. Kamar tidur merupakan tempat di mana kita menghirup udara untuk periode terlama setiap hari. Kamar tidur menjadi tempat berkumpulnya debu lebih dari ruang lainnya. Berbagai benda dan perabotan yang tidak teratur juga dapat membawa suasana yang kurang sedap dipandang. Rapikan kamar tidur Anda di pagi hari, dikombinasikan dengan malam hari ketika sebelum tidur.

Membersihkan kamar tidur yang berantakan bisa tampak seperti pekerjaan yang berat, tetapi jika Anda mempersiapkannya dengan tepat dan sederhana, Anda dapat membersihkannya secara menyeluruh dan dalam waktu yang relatif singkat. Ukuran kamar tidur dan waktu yang dibutuhkan merupakan faktor dalam proses ini.

Berikut adalah langkah-langkah dasar sederhana dalam membersihkan rumah:

  • Pertama, bawalah kantong sampah dan mengambil sampah di sekitar ruangan. Mengeluarkan sampah dari ruangan untuk memastikan kita menghindari tumpahan atau mengotori benda lainnya saat membersihkan.
  • Rapikan furnitur seperti tempat tidur, sofa, meja dan lainnya. Perabotan yang rapi merupakan kunci dari rumah yang bersih. Jika bagian yang perlu diganti seperti sprei, sarung bantal hias atau tirai, usahakan untuk melakukannya terlebih dahulu.
  • Simpan barang-barang di tempatnya. Rapikan benda-benda di atas meja, seperti lampu dan pernak-pernik, bawa barang-barang dapur kembali ke tempatnya semula, masukkan pakaian ke bak cuci, atau ke dalam lemari. Jika ada barang-barang tergeletak di sekitar, tumpuk dengan rapi agar dapat ditangani nanti.
  • Bersihkan furnitur dengan kain yang lembut.
  • Bersihkan lantai dengan vacum cleaner atau sapu lantai. Hal ini merupakan langkah penting, karena banyak debu dan kotoran kecil di sini. Menyapu lantai sekali sudah cukup efektif, tapi jika Anda memiliki lebih banyak waktu, Anda dapat menyapu dua kali.
Agar konsisten, mulailah di salah satu sudut ruangan dan mulai berjalan ke satu arah. Jika Anda bergerak tanpa tujuan akan membuat Anda kehilangan fokus. Selain itu, cobalah untuk mengerjakan satu pekerjaan pada satu waktu, bukannya melakukan beberapa pekerjaan sekaligus.

Kebersihaan merupakan pangkal dari kesehatan, sehingga kebersihan sangat penting untuk menjaga semua orang dalam rumah tetap sehat. Berikut ini beberapa tips agar kegiatan bersih-bersih rumah dapat lebih menyenangkan:
  • Bergerak dengan leluasa, mainkan musik favorit untuk menjaga tubuh dan otak tetap bersemangat. Lagu-lagu cepat akan membantu menggerakkan kaki Anda, dan memberikan fokus stabil ke pekerjaan. Hal ini juga dapat menyehatkan tubuh kita.
  • Tambahkan tantangan seperti seberapa cepat Anda dapat membersihkan lantai kamar tidur? Dapatkan Anda melakukan teknik membersihkan jendela yang lebih dibandingkan iklan di televisi? Dengan memberikan diri Anda tantangan kecil dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan.
  • Libatkan anak-anak atau anggota keluarga lain. Mungkin terdengar kontraproduktif, tetapi membersihkan dengan anak-anak dapat membantu menyelesaikan beberapa pekerjaan kecil serta menciptakan ikatan kebersamaan keluarga yang lebih intensif. Anak-anak akan merasa bangga dalam membantu, dan juga memberikan edukasi tentang hidup bersih.

Belum ada Komentar untuk "Tips Membersihkan Rumah"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel