Tips Mudah Dekorasi Ruang Tamu

Tips Mudah Dekorasi Ruang Tamu
Tips Mudah Dekorasi Ruang Tamu - Seorang ahli desain interior rumah profesional pasti sudah paham bagaimana untuk mengatur dan bermain-main dengan berbagai benda untuk memunculkan keindahan sebuah ruangan, menyembunyikan kekurangannya, dan membuatnya menarik bagi orang yang melihatnya. Tapi bukan berarti kita sebagai pemilik rumah yang tidak memiliki gelar ahli desain tidak dapat melakukannya. Kita dapat melakukan langkah-langkah mudah dan sederhana untuk meningkatkan penampilan rumah kita.

Saat ini pasti banyak orang yang sibuk mendandani rumah mereka karena sebentar lagi tiba momen idul fitri, sepertinya hal ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Beberapa tips untuk menyegarkan interior rumah Anda berikut ini pasti dapat membantu Anda dalam menemukan tema desain yang tepat.

Memberikan Desain yang Unik pada Pintu Depan
Jika Anda ingin sebuah rumah memberikan kesan pertama yang menarik, pasti pertama kali adalah bagian depan rumah yaitu pintu. Berilah warna cat pintu depan dengan pilihan warna yang menyenangkan, atau tambahkan kesan glossy. Beberapa pendapat mengatakan merah adalah warna keberuntungan di banyak budaya, seperti Cina yang terkenal dengan Fengshuinya. Sebuah pintu merah berarti ucapan "selamat datang" untuk tamu, tapi mungkin sangat jarang digunakan di Indonesia. Pilihan warna lain yang memiliki efek yang hampir sama adalah orange dan kuning. Kedua warna ini berhubungan dengan sukacita dan kehangatan. Satu hal yang harus diperhatikan yaitu pintu yang sudah rusak dan tidak layak pakai. Lebih baik ganti pintu yang memang sudah rusak dengan pintu baru, terutama dengan desain kaca modern untuk memberikan kesan mewah.

Warna Dinding Cerah dan Netral
Warna netral seperti beige atau abu-abu, terutama di bagian lantai pertama karena terdapat lalu lintas yang paling padat. Dinding netral memberikan fleksibilitas dekorasi maksimal, sehingga dapat dengan mudah beralih antara berbagai macam waran aksesoris. Jika Anda memiliki ruangan yang kecil yang bersebelahan, berilah warna netral yang sama untuk membuatnya terasa lebih besar. Anda dapat mencoba pola strip atau garis-garis vertikal, satu atau dua warna untuk variasi sederhana.

Pilih Sofa yang Serasi dengan Kursi
Ketika Anda masuk ke sebuah hotel dengan lobi yang bagus, terlihat dekorasi furnitur diatur dalam pengelompokan yang cocok untuk percakapan. Ketika Anda menempatkan furnitur di ruang tamu Anda, memiliki tujuan yang sama, yaitu terlihat rapi, nyaman dan keseimbangan. Umumnya untuk mendapatkan kesan ini area ruang tamu memiliki bentuk U, dengan sofa dan dua kursi saling berhadapan pada setiap ujung dan dilengkapi dengan meja di bagian tengah. Atau bisa juga berbentuk H, dengan sofa di seberang dua kursi dan meja di tengah. Satu kesalahan umum yang perlu kita hindari yaitu menempatkan semua perabotan ke dinding. Banyak orang berpikir itu akan membuat ruangan terlihat lebih besar, namun pada kenyataannya menempatkan perabotan agak jauh dari dinding membuat ruangan tampak lebih besar.

Biarkan Cahaya Matahari Masuk
Cahaya matahari yang masuk ke sebuah ruangan berhubungan erat dengan ventilasi, terutama jendela. Jendela dengan tirai yang bagus merupakan hal sepele yang sering terlupakan, tapi dapat memberikan efek yang luar biasa. Tirai jendela harus fungsional dan elegan. Ada berbagai desain tirai yang dapat Anda pilih, sesuaikan dengan tema ruangan. Jika terlalu banyak cahaya matahari yang masuk ruangan, pilih warna tirai yang cerah dan tidak tampak memudar. Jenis yang paling direkomendasikan untuk tirai antara lain katun, linen, dan sutra atau memadukannya.

Menggantung Satu Cermin di Setiap Ruangan
Lagi-lagi cermin memainkan peran penting dalam desain interior rumah. Dekorasi dinding cermin bisa membuat ruang terasa lebih cerah karena memantulkancahaya di sekitar ruangan. Tapi menempatkannya di posisi yang salah dapat membuatnya lebih buruk daripada tanpa cermin. Tempatkan cermin pada dinding yang searah dengan jendela, tapi tidak secara langsung. Menggantung cermin tepat di seberang jendela malah dapat memantulkn cahaya kembali keluar jendela.
Tips Mudah Dekorasi Ruang Tamu
Cermin hias berfungsi untuk memantulkan cahaya agar mencapai sudut yang tidak terjangkau


Perhatikan Ukuran dan Skala Hiasan Dinding
Kesalahan yang sering terjadi adalah menggantung karya seni yang terlalu kecil sedikit terlalu tinggi di dinding. Bagian tengah asesoris harus tepat di tingkat mata. Memang ada orang yang pendek dan ada juga yang tinggi, jadi ambil ukuran rata-rata ketinggiannya. Selain itu perhitungkan juga skala, karena dinding yang besar, cocok dengan satu hiasan yang besar atau kelompok hiasan berukuran kecil seperti galeri, jangan menempatkan masing-masing terlalu jauh sesuai dengan komposisi ruangan.

Pencahayaan
Setiap ruang bisa memiliki lebih dari satu jenis pencahayaan. Cahaya ambient yang memberikan pencahayaan secara keseluruhan dan biasanya ditempatkandi langit-langit. Untuk keperluan tertentu terdapat lampu khusus seperti untuk tempat belajar atau bekerja, di dapur atau di ruang baca. Ada juga lampu aksen, yang lebih dekoratif, lebih cenderung digunakan untuk keindahan, seperti menyoroti karya seni. Untuk ruang tamu, usahakan menggunakan pencahayaan interior ruangan yang cerah. Jika ada biaya lebih gunakan uplight (lampu hias yang mengarah ke atas). Menempatkan uplight tabung atau obor di sudut ruangan akan memancarkan cahaya pada langit-langit, membuat ruangan tampak lebih megah.
Tips Mudah Dekorasi Ruang Tamu
Lampu hias dapat memperindah suasana interior ruangan


Memanfaatkan Karpet
Karpet dalam hal ini adalah karpet yang lebih banyak digunakan untuk hiasan. Terdapat beberapa aturan dasar untuk karpet, di ruang tamu semua kaki sofa dan kursi berada di atas karpet untuk pengelompokan furnitur, karpet harus mendefinisikan area tempat duduk. Paling tidak, bagian depan dua kaki sofa dan kursi harus berada di atasnya. Hal ini sangat berguna jika Anda memiliki ruang tamu yang besar dan ada beberapa area tempat duduk, misalnya di kiri dan kanan. Anda dapat mengelompokkannya untuk masing-masing area.

Trik Visual untuk Membuat Langit-Langit Lebih Tinggi
Jika langit-langit Anda berada di posisi rendah, berilah warna cat putih untuk membuat ruangan terasa lebih megah. Gantung tirai lebih tinggi dari jendela untuk mengelabui mata ke dalam pemikiran seolah-olah ruangan lebih tinggi. Anda dapat menggantung sekitar 5-10 cm di atas frame jendela. Jika Anda suka tirai bermotif, coba pola garis-garis vertikal, atau garis visual memanjang dinding. Menempatkan cermin besar di dinding juga dapat membuat ruangan tampak lebih tinggi.
Tips Mudah Dekorasi Ruang Tamu
Tirai yang panjang memberikan efek langint-langit tinggi


Perbarui Furnitur dan Dekorasi
Setelah sekian lama digunakan, pasti banyak benda yang sudah usang dan waktunya diperbarui. Anda dapat memperbaiki perabot yang rusak, memberikan warna cat baru, atau membeli yang baru. Furniture seperti kursi dan meja dapat dicat atau dipernis ulang.
Gambar:sdsudevelopingchampions.com,architecturaldigest.com,luxuryhome-ideas.com,rightmove.co.uk

Belum ada Komentar untuk "Tips Mudah Dekorasi Ruang Tamu"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel