Manfaat Tanaman Hijau untuk Interior Rumah

Manfaat Tanaman Hijau untuk Interior Rumah
Manfaat Tanaman Hijau untuk Interior Rumah - Jika kita membahas tentang dekorasi interior rumah, kita dapat dengan mudah menemukan banyak cara untuk melakukannya. Kita dapat menambahkan hiasan dinding, frame foto atau beberapa dekorasi untuk meja atau lemari. Kita cukup memilih beberapa hal yang kita sukai dan menambahkannya di dalam rumah. Tapi ada satu hal yang sering dilupakan banyak orang ketika mendekorasi interior rumah, yaitu tanaman. Kita sering mengabaikannya, tapi sebenarnya ada banyak manfaat tanaman hijau untuk interior rumah kita.

Kadang-kadang, kita ragu untuk melakukannya karena tanaman membutuhkan perawatan yang tepat dan kita tidak yakin jenis tanaman apa yang cocok untuk rumah. Tapi Anda tidak perlu khawatir, ada jenis tanaman tertentu yang dapat tumbuh dalam ruangan, dimana tempat yang tepat untuk meletakkannya dan membuatnya sesuai dengan estetika. Tapi selain itu, tanaman hijau memiliki segudang manfaat untuk penghuni rumah. Bahkan jika Anda perhatikan di ruangan tempat-tempat umum seperti mall, area perbelanjaan, kantor-kantor dan lain-lain sudah mulai menempatkan tanaman di dalam ruangan.


Baca juga : Tips Memilih Tanaman untuk Taman Rumah

Memperlancar Pernapasan
Anda pasti sudah belajar tentang pernafasan, yaitu kita menghirup oksigen dan melepaskan karbondioksida. Ketika tanaman menjalani fotosintesis, mereka menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen. Oleh karena itu, tanaman adalah pilihan terbaik sebagai hiasan interior. Hal ini berarti ada peningkatan kadar oksigen di dalam interior rumah Anda ketika ada tanaman di dalamnya. Saat malam hari, tanaman akan melepaskan karbondioksida dan menyerap oksigen, itulah mengapa ada orang yang mengeluarkan tanaman di malam hari. Tapi ada tanaman yang masih melepaskan oksigen pada malam hari seperti anggrek, bromelia dan tanaman succulent. Tempatkan tanaman ini di kamar tidur dan Anda akan merasa segar saat tidur.

Manfaat Tanaman Hijau untuk Interior Rumah
Tanaman kecil sebagai hiasan meja


Mempersihkan Udara
Dengan ruangan modern yang kita miliki, terutama dengan pengatur suhu seperti AC atau pemanas ruangan, meningkatkan resiko menumpuknya senyawa organik yang mungkin berbahaya bagi kesehatan kita. Menambahkan tanaman dalam rumah akan membantu mengurangi gas-gas berbahaya ini. Beberapa sumber mengatakan bahwa tanaman hias dapat menghilangkan 87% racun di udara dalam rumah kita, termasuk gas sejenis formalin dari dalam asap rokok, karpet, tas belanja, dan vinil, benzena dan trichloroethylene yang ditemukan dalam serat buatan, pelarut, wastafel, dan cat. Tanaman akan menyerap gas-gas dan menarik kontaminan tersebut ke dalam tanah.

Mengurangi Stres
Anda mungkin pernah mengalami perasaan lebih tenang dan terhindar dari stres ketika kita berada di sekitar lingkungan alam. Anda dapat mendapatkan suasana alami dengan menambahkan tanaman di dalam rumah. Tanaman akan membuat kita merasa nyaman dan bahkan akan mempengaruhi kita untuk merasa positif. Bayangkan sebuah ruangan tanpa tanaman dan dengan tanaman, Anda pasti dapat merasakan perbedaan atmosfer dan cara pandang Anda. Tanaman segar juga dapat mengurangi rasa stres kita.

Kondisi Kesehatan Rumah yang Lebih Baik
Studi menunjukkan bahwa tanaman dapat menenangkan detak jantung dan tekanan darah rendah. Hal ini juga dapat mengurangi ketegangan otot yang berhubungan dengan stres. Selain itu juga bisa menurunkan sakit kepala, kelelahan, sakit tenggorokan, pilek, batuk, dan gejala seperti flu. Manfaat ini jelas memiliki dampak yang besar untuk meningkatkan kesehatan kita.


Meningkatkan Kelembaban
Tanaman melepaskan uap air sebagai bagian dari proses fotosintesis serta proses pernapasannya. Karena itu, dengan adanya tanaman dapat meningkatkan kelembaban udara dalam ruangan. Tanaman akan melepas sekitar 97 persen dari air yang mereka serap. Jika Anda ingin meningkatkan kelembaban ruangan secara alami, Anda dapat menambahkan lebih banyak tanaman dan menempatkannya bersama-sama.

Meningkatkan Fokus dan Kreativitas
Studi lain menunjukkan bahwa ketika tanaman ditempatkan dalam ruang indoor seperti rumah, ruang kerja, kantor, ruang kelas atau di tempat dimana kita melakukan aktivitas, ada peningkatan yang diamati dalam produktivitas sebagai akibat dari peningkatan kemampuan untuk fokus pada pekerjaan. Orang juga cenderung lebih kreatif karena memiliki tanaman hijau di rumahnya.

Mengurangi Kebisingan
Salah satu manfaat yang tidak banyak diketahui orang dari tanaman adalah bahwa tanaman mampu mengurangi polusi suara. Hal ini pada dasarnya terjadi disebabkan oleh adanya batang, daun, cabang, kayu, dan bagian lain dari tanaman dapat menyerap suara. Salah satu contoh yang membuktikan bahwa tanaman dapat mengurangi kebisingan adalah penggunaan pagar di halaman rumah di mana sering ada kendaraan bermotor lewat. Suara yang dihasilkan pasti berbeda jika dibandingkan dengan tanpa pagar. Konsep ini sebenarnya dapat digunakan untuk interior juga.

Manfaat Tanaman Hijau untuk Interior Rumah
Tanaman tinggi diletakkan di salah satu sisi ruangan


Mengatur Suasana Hati
Sebuah rumah dengan tanaman akan lebih cenderung memiliki suasana yang lebih bahagia dan ceria. Kita bisa tahu dari manfaat yang disebutkan di atas bahwa dengan adanya tanaman, seseorang akan merasa senang dan ceria karena mereka akan merasa lebih baik dalam hal kesehatan secara psikologis dengan adanya aura yang berbeda dengan tanaman di sekitarnya.

Membuat Tampilan Lebih Lembut
Ketika kita berbicara tentang ruang interior, menambahkan tanaman akan membuat kontras dengan permukaan keras. Itulah sebabnya desainer interior akan menempatkan tanaman di dekat dinding batu bata atau sudut yang tajam. Memperlihatkan area lebih lembut akan memunculkan perasaan lebih nyaman dan tenang.

Peningkatan Estetika
Kita dapat melihat dengan jelas bagaimana tanaman dapat meningkatkan daya tarik interior rumah. Rumah yang memiliki tanaman di dalamnya pasti akan terlihat lebih menarik, membuat pemilik rumah lebih berwibawa. Jadilah kreatif dalam memilih tanaman. Pilih ukuran yang sesuai dengan ruangan, bentuk yang tepat untuk area tertentu seperti tanaman tinggi di sudut dan tanaman kecil di tengah. Yang paling penting aalah memperhatikan skala yang tepat. Anda pasti tidak ingin di tengah-tengah ruang tamu Anda ada pohon beringin setinggi 20 meter.

Tanaman memang penting bukan hanya untuk area luar ruangan tapi juga untuk interior. Tanaman adalah salah satu dekorasi alami yang membuat kita merasa lebih segar. Tanaman juga bisa membuat aura lebih santai dan tenang di mana pun Anda berada. jadi, mulailah memilih jenis tanaman yang tepat untuk rumah Anda. Selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Tanaman Hijau untuk Interior Rumah"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel