8 Tanaman Sehat di Dalam Rumah

8 Tanaman Sehat di Dalam Rumah
Tanaman adalah dekorasi alami yang fungsional, karena selain sebagai hiasan tanaman sehat juga bisa membuat rumah semakin segar. Selain itu tanaman sehat juga mampu membersihkan udara dengan mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Suasana alami sangat erat kaitannya dengan tingkat stres pemilik rumah.

Itulah sebabnya menempatkan tanaman sehat di dalam rumah bisa Anda coba, alih-alih tanaman ini bisa berfungsi sebagai penyejuk ruangan dan pembersih udara. Memilih tanaman dalam ruangan berbeda dengan luar ruangan, selain indah tentunya harus mudah dirawat dan efektif dalam meningkatkan oksigen dan membersihkan polusi untuk udara yang bersih.
Baca juga: Manfaat Tanaman Hijau untuk Interior Rumah


  • Tanaman Lidah Buaya

8 Tanaman Sehat di Dalam Rumah
Tanaman Lidah Buaya Sehat di Dalam Rumah

Gel dari tanaman lidah buaya memiliki sejumlah khasiat penyembuhan. Tidak hanya mendinginkan luka bakar dan lecet, juga dapat membantu memantau kualitas udara di rumah Anda. Tanaman ini dapat membantu membersihkan udara dari polutan yang ditemukan dalam produk pembersih kimia, dan bila jumlah bahan kimia berbahaya di udara berlebihan, daun tanaman ini akan menampilkan bintik-bintik coklat.


  • Sansevieria

8 Tanaman Sehat di Dalam Rumah
Tanaman Sansivieria Sehat di Dalam Rumah

Sansevieria, ada yang menyebutnya tanaman ular atau tanaman pedang banyak tumbuh dengan mudah di Indonesia. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak cahaya atau air untuk bertahan hidup, jadi sansivieria adalah pilihan yang tepat untuk setiap sudut rumah Anda. Tanaman ini bisa menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen pada malam hari, kebanyakan tanaman melakukan proses ini di siang hari, jadi sangat baik jika dikombinasikan dengan tanaman lain untuk memaksimalkan udara bersih setiap saat.


  • Palem

8 Tanaman Sehat di Dalam Rumah
Tanaman Palem Sehat di Dalam Rumah

Bamboo Palm termasuk dalam keluarga tanaman palem, dengan ukuran yang tidak terlalu besar sehingga  dapat ditanam dalam pot. Tanaman ini termasuk dalam daftar tanaman pembersih udara yang sangat baik dibandingkan tanaman dalam ruangan lainnya untuk menyaring polusi di dalam rumah kita seperti formaldehida, benzena, dan karbon monoksida terutama jika ada seseorang di rumah merokok. Palem termasuk tanaman yang perlu disiram dengan baik, terutama jika diletakkan di tempat yang tidak terjangkau sinar matahari langsung.


  • Anggrek

8 Tanaman Sehat di Dalam Rumah
Tanaman Anggrek Sehat di Dalam Rumah

Anggrek termasuk tanaman yang dianggap sulit tumbuh, tidak banyak orang yang bisa merawatnya dengan baik. Kebanyakan orang gagal memeliraha anggrek karena terlalu banyak perawatan seperti terlalu banyak air dan sinar matahari. Sebenarnya anggrek adalah tanaman yang tidak perlu banyak perawatan. Selain minim perawatan, tanaman anggrek mampu menyingkirkan udara dari kandungan xylene yang merupakan polutan yang sering ditemukan di banyak bahan kimia perekat dan cat. Hal ini membuat anggrek sangat bermanfaat ketika Anda pindah ke rumah baru atau baru saja merenovasi Anda. Tidak seperti tanaman lainnya, anggrek juga bernafas dan mengeluarkan oksigen di malam hari, jadi sangat baik juga untuk kamar tidur.


  • Pakis

8 Tanaman Sehat di Dalam Rumah
Tanaman Pakis Sehat di Dalam Rumah

Pakis, tanaman yang kebanyakan orang tidak menyadari bahwa tanaman ini mampu bertahan sejak zaman prasejarah. Di film-film dokumenter sering diperlihatkan fosil tumbuhan yang ada sangat mirip dengan tanaman pakis yang kita jumpai saat ini. Tanaman pakis sangat diminati karena daunnya yang lembut dan berbulu, dan daunnya bisa membersihkan udara dari polutan yang umum di sekitar lingkungan kita.


  • Tanaman English Ivy

8 Tanaman Sehat di Dalam Rumah
Tanaman English Ivy Sehat di Dalam Rumah

Di negara-negara barat, tanaman ini dianggap sebagai pembersih udara rumah terbaik, karena tanaman ini adalah yang paling efektif untuk menyerap formaldehid. Tanaman English Ivy juga sangat mudah untuk tumbuh dan beradaptasi, baik digantung atau di atas tanah.


  • Bunga Lily

8 Tanaman Sehat di Dalam Rumah
Tanaman Bunga Lily Sehat di Dalam Rumah

Peace Lily merupakan salah satu jenis tanaman bunga bakung yang indah dengan pemeliharaan sederhana, cocok disimpan di dalam ruangan rumah. Bunga lily bisa tumbuh dengan baik di tempat teduh dan suhu yang lebih sejuk, serta dapat mengurangi kadar racun di udara. Beberapa jenis racun berbahaya yang terbukti dapat disaring oleh tanaman Peace Lily antara lain aseton, amonia, benzena, etil asetat, formaldehid, metil alkohol, trikloretilena, dan xilena.


  • Anthurium

8 Tanaman Sehat di Dalam Rumah
Tanaman Anthurium Sehat di Dalam Rumah

Anthurium selain sebagai pembersih udara juga bisa mempercantik rumah Anda karena bunganya yang mekar akan tampak eksotis dengan warna mencolok. Daunnya yang besar dan gelap berfungsi menyerap amonia, formaldehida, toluena dan xilena. Tanaman ini juga sering digunakan di tempat kerja dan kantor-kantor.

Baca juga: Dekorasi Rumah Ramah Lingkungan

Itulah 8 tanaman sehat di dalam rumah yang bisa kita manfaatkan sebagai penyejuk dan pembersih ruangan. Sebenarnya masih banyak lagi tanaman sehat yang bisa Anda pilih, namun tanaman-tanaman yang disebutkan di atas lebih mudah perawatannya dan sudah terbukti dapat menyaring racun dan polutan yang jika menumpuk dapat membahayakan kondisi kesehatan keluarga.
gambar:google images, pinterest

Belum ada Komentar untuk "8 Tanaman Sehat di Dalam Rumah"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel