Tips Merancang dan Membuat Rumah yang Nyaman

Semua orang pasti ingin memiliki inspirasi desain yang baru, ide-ide segar, beberapa tips untuk membuat rumah Anda terasa lebih hidup. Rumah minimalis yang nyaman mungkin bisa digambarkan dengan berbagai cara tergantung di mana sisi kenyamanan yang ingin Anda buat. Kenyamanan berarti kepuasan dan kemudahan. Anda atau orang lain kadang-kadang merasa kebingungan tentang bagaimana membuat rumah terasa selalu nyaman terutama bagi mereka yang baru saja pindah atau yang baru mulai membangun rumah mereka. Jika Anda berada dalam situasi seperti ini, maka artikel ini sangat cocok untuk Anda.


Memang hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi ketika Anda benar-benar sudah paham bagaimana melakukannya, Anda bisa membuat rumah Anda lebih nyaman bahkan ketika Anda ingin mendekorasi ulang desain atau struktur dasar rumah. Tips-tips di bawah ini dapat menjadi pertimbangan ketika Anda ingin membuat suasana rumah Anda terasa lebih baik :

  • Tentukan apa yang Anda inginkan
Tips Merancang dan Membuat Rumah yang Nyaman
Anda tidak dapat menghindari masalah seperti menentukan bagaimana semua hal dapat tersusun dengan rapi di dalam rumah. Anda juga membutuhkan variasi, sehingga tidak akan terlihat membosankan. Tapi Anda harus tahu pasti apa yang Anda, anak-anak dan seluruh anggota keluarga inginkan. Jika rumah Anda memiliki desain modern, berpusat pada warna tertentu, akan menimbulkan suasana hati tertentu juga, tetapi tetap bervariasi. Apa yang  Anda inginkan saat ini? Apakah Anda ingin membuatnya terlihat jauh lebih luas? Menempatkan beberapa lukisan di dinding? Semua hal sebaiknya direncanakan dengan baik. Bila Anda memiliki apa yang Anda inginkan, itu akan membuat Anda merasa lebih santai.
  • Carilah cara untuk membuat Anda merasa nyaman
Kenyamanan Anda ketika berada di dalam rumah sangat penting. Rumah Anda adalah tempat perlindungan Anda. Jangan hanya terpaku pada furnitur mahal atau dekorasi mewah. Pilihlah sesuatu yang mampu memberikan penampilan ideal bagi rumah Anda. Bukan berarti segala sesuatu harus baru. Pastikan desain, furnitur atau dekorasi lainnya mampu memberi kehangatan dan kemudahan bagi kegiatan sehari-hari Anda.
  • Buatlah jadwal untuk membersihkan rumah
Tips Merancang dan Membuat Rumah yang Nyaman
Sebuah rumah yang bersih akan membuat suasana lebih nyaman. Pada kebanyakan rumah, tirai diganti satu kali dalam sebulan, sedangkan sprei diganti sekitar dua kali seminggu, furnitur logam dan kulit dibersihkan sekitar sekali seminggu, peralatan dan jendela kaca, pintu, meja dan cermin dibersihkan dua kali seminggu, lantai, mebel dan seluruh rumah dibersihkan dari debu sekitar tiga kali seminggu, toilet, kamar mandi, ruang tamu, ruang makan, dapur dan kamar tidur dibersihkan setiap hari. Hal ini bisa bervariasi tetapi lebih baik Anda memiliki jadwal sebagai pedoman sehingga akan menjaga rumah selalu nyaman dan bersih.
  • Pastikan semua benda di dalam rumah aman
Tips Merancang dan Membuat Rumah yang Nyaman
Ada peralatan atau benda-benda lain di dalam rumah yang mungkin mengalami kerusakan dan Anda tidak menyadarinya sampai Anda memeriksanya. Pastikan semuanya masih dapat digunakan dengan baik dan tidak tiba-tiba menimbulkan kecelakaan. Stop kontak yang longgar, kabel yang robek, kompor gas dan benda-benda lainnya. Periksa semua peralatan yang ada dalam rumah secara rutin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Lebih baik menjaga keamanan daripada menyesal.
  • Mengatur dan mengorganisir
Tips Merancang dan Membuat Rumah yang Nyaman
Anda pasti tidak ingin terjadi kekacauan dalam rumah Anda. Ada laci dan rak untuk menyimpan barang-barang. Pasti akan lebih mudah untuk menemukan barang yang Anda cari ketika Anda butuh jika setiap barang memiliki tempat penyimpanan atau kontainer sendiri. Jangan ragu untuk menata kembali bila memang diperlukan atau ketika penataan yang sudah ada tidak lagi nyaman dilihat. Sekali lagi, itu adalah variasi untuk menghilangkan kebosanan. Tapi tetap pastikan untuk menempatkannya di tempat yang memiliki cukup ruang.
  • Membuat tampak lebih lebar
Tips Merancang dan Membuat Rumah yang Nyaman
Sebuah rumah yang tampak luas terlihat lebih santai. Warna dan pilihan furnitur yang tepat dapat membuat rumah terlihat lebar. Dengan cara ini, Anda memiliki ruang yang cukup dan leluasa untuk bergerak dan tidak akan ada masalah ketika Anda mengundang tamu ke dalam rumah. Bila Anda memiliki semua barang yang Anda inginkan dan berpikir Anda membutuhkan semua itu, perhatikan lagi tips nomor 5 di atas.
  • Membuatnya tampak sederhana tapi kreatif
Kenyamanan dan gaya tidak harus menjadi mewah dan mencolok. Kesederhanaan bukan berarti membosankan. Semua ini adalah tentang bagaimana Anda memutar otak dan berpikir kreatif. Gunakan warna yang membuat Anda merasa nyaman. Seperti disebutkan di atas, Anda mungkin ingin menambahkan beberapa lukisan sederhana. Tapi tentu saja, Anda juga harus mempertimbangkan apakah lukisan itu terlalu besar atau malah terlalu kecil untuk dinding. Pilihlah dekorasi yang benar-benar pas dan sesuai dengan kondisi ruangan.
  • Singkirkan sampah dan kotoran
Tips Merancang dan Membuat Rumah yang Nyaman
Anda tidak perlu mengumpulkan benda-benda yang memang tidak Anda gunakan dan tidak diperlukan lagi. Kadang-kadang, semua benda-benda tersebut hanya membuat pandangan menjadi tidak nyaman. Singkirkan kardus-kardus yang menumpuk, tumpukan kertas dan semua hal lain yang tidak harus berada di dalam rumah. Dengan demikian akan menciptakan ruang yang lebih luas untuk Anda.
  • Bijaksana dalam menambah lebih banyak barang
Anda mungkin ingin menambahkan home theater ke ruang tamu, sebuah TV besar ke ruang keluarga atau lemari pakaian tambahan ke kamar tidur. Pertimbangkan dengan baik ukuran ruangan sebelum membeli barang yang ingin Anda tempatkan di dalam rumah. Pastikan hal itu tidak mempengaruhi privasi semua ruangan yang lain. Ketika Anda menambahkan peralatan atau dekorasi baru, ada baiknya juga Anda menyingkirkan beberapa benda agar tidak membuat rumah terlihat terlalu ramai.
  • Membuka ventilasi
Tips Merancang dan Membuat Rumah yang Nyaman
Selain membuka jendela-jendela dan mengikat tirainya untuk membiarkan matahari dan udara masuk ke dalam rumah, Anda juga harus terbuka dengan sesuatu yang baru namun tetap memperhatikan kesesuaiannya. Kenyamanan keluarga adalah hal terpenting. Jadi jangan mengorbankan kenyamanan demi barang-barang yang mengganggu arus udara dan sinar matahari.

Ide-ide baru selalu lahir dari waktu ke waktu. Ketika Anda merasa puas dan merasa mudah ketika berada di rumah, Anda sudah memiliki kenyamanan yang Anda cari, yaitu rumah yang sempurna untuk para penghuninya. Mempertahankan kenyamanan rumah Anda sebenarnya tidak terlalu sulit jika sudah terbiasa. Anda tidak perlu menjadi seorang desainer professional jika ingin membuat rumah Anda lebih nyaman. Anda hanya harus mencintai kenyamanan dan desain.

Belum ada Komentar untuk "Tips Merancang dan Membuat Rumah yang Nyaman"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel