Desain Rumah Sempit Memanjang

Desain Rumah Sempit Memanjang
Tips mendesain rumah yang sempit dan memanjang. Dekorasi rumah yang membutuhkan sedikit usaha adalah ketika mengatur rumah yang sempit dan panjang, terutama untuk ruang tamu. Dengan ruangan yang panjang serta tidak terlalu besar bisa membuat interior rumah Anda tampak seperti terowongan, sehingga membuat suasana kurang nyaman. Namun ada banyak cara untuk mengatur rumah sempit memanjang untuk membantu meminimalkan kesan yang tidak kita inginkan.


Untuk mengubah rumah sempit menjadi lebih baik, Anda bisa mencoba beberapa cara yang khusus untuk mendekorasi rumah sempit dan memanjang.
Baca juga: Warna Cat Ruang Tamu Sempit

Desain Rumah Sempit Memanjang
Desain Rumah Sempit Memanjang

Buat Area Khusus Lalu Lalang
Di setiap rumah sempit yang panjang, sangat penting untuk membuat jalan khusus untuk lalu lalang. Hal ini bisa sulit untuk interior sempit. Kita tentu tidak ingin ada orang yang tersandung perabot atau harus berjalan di ruangan yang dipenuhi barang-barang, itulah sebabnya kita perlu menyediakan area khusus untuk jalan dalam rumah. Jika memungkinkan tempatkan jalan di salah satu sisi ruangan, bukan tepat di tengah untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman.

Desain Rumah Sempit Memanjang
Desain Rumah Sempit Memanjang

Jangan Menempatkan Semua Furnitur di Dinding
Bila Anda mengatur perabotan, jangan memaksakan semuanya ke sisi dinding. Paling tidak pada salah satu sisi ruangan, Anda bisa menempatkan furnitur agak menjauh dari dinding dan berada di tengah ruangan. Teknik ini akan menciptakan area tempat duduk yang lebih luas ketika dikombinasikan dengan dengan jalan khusus di atas. Bila semua perabotan ditempatkan ke dinding maka bisa memberi dampak ruangan semakin sempit.
Baca juga: Model Furniture Rumah Minimalis

Desain Rumah Sempit Memanjang
Desain Rumah Sempit Memanjang

Manfaatkan Bentuk Lingkaran atau Oval
Salah satu cara terbaik untuk menghindari efek terowongan adalah dengan menggunakan furnitur dengan tepi yang lembut atau bundar. Meja melingkar di tengah area tempat duduk bisa memberikan kesan yang lebih kalem dan tidak kaku. Hiasan lampu bundar, sandaran kursi melingkar dan perlengkapan lain dengan bentuk lingkaran atau oval mampu mengurangi efek terowongan pada ruangan sempit memanjang.

Desain Rumah Sempit Memanjang
Desain Rumah Sempit Memanjang

Tempatkan Sesuatu Secara Tegak Lurus Terhadap Panjang Ruangan
Daripada menempatkan sofa panjang di sepanjang sisi dinding, pertimbangkan untuk menggunakan dua sofa yang lebih kecil yang ditempatkan secara tegak lurus dengan panjang ruangan. Membagi ruang sempit yang panjang dengan penempatan ini akan membantu menghindari efek terowongan. Jika Anda terpaksa meletakkan sofa panjang di sisi dinding, maka tempatkan sofa kecil di sampingnya secara tegak lurus terhadap sofa panjang, dan bukan di seberangnya.

Desain Rumah Sempit Memanjang
Desain Rumah Sempit Memanjang

Membagi Ruangan
Jika ruangan cukup panjang, Anda bisa membaginya menjadi area yang terpisah. Teknik ini biasa disebut dengan partisi. Kedua area bisa menjadi tempat dengan fungsi yang berbeda, misalnya ruang tamu dan ruang tengah, ruang tamu dan ruang kerja, dan lainnya sesuai keinginan Anda. Usahakan agar kedua area tersebut memiliki koneksi baik dari segi fungsi atau estetika. Tentu tidak tepat jika salah satu area menjadi ruang tamu sedangkan area yang satu lagi berfungsi sebagai gudang penyimpanan barang bekas.
Baca juga: Desain Partisi Rumah Minimalis

Desain Rumah Sempit Memanjang
Desain Rumah Sempit Memanjang

Gunakan Ruang Vertikal
Arahkan pandangan mata ke atas dengan memanfaatkan ruang vertikal ruangan secara maksimal. Gunakan benda-benda tinggi seperti tiang lampu tinggi atau rak buku tinggi. Gunakan tirai dari langit-langit hingga lantai, manfaatkan hiasan dinding yang tinggi. Hal ini dapat menciptakan ilusi ketinggian sehingga kesan ruang sempit dan panjang dapat berkurang. Kita juga bisa menggunakan garis-garis vertikal pada wallpaper dinding.
Baca juga: Ide Desain Pola Wallpaper Dinding Cantik

Desain Rumah Sempit Memanjang
Desain Rumah Sempit Memanjang

Efektif dan Efisien
Di ruang sempit dan memanjang, barang-barang yang berserakan adalah pantangan yang harus dihindari. Karena ruang terbatas, sesuatu yang kecil pun bisa membuat ruangan terasa tidak rapi dan menimbulkan ketidakteraturan. Pastikan semuanya ada pada tempatnya dan mengurangi perabot yang memang tidak dibutuhkan. Jika mungkin manfaatkan furnitur multifungsi seperti meja yang dilengkapi dengan laci penyimpanan.

Memang membutuhkan usaha ekstra untuk mengatur desain ruangan yang sempit dan memanjang. Dengan tips-tips di atas kita bisa mengorganisir sendiri interior rumah kita yang kecil.

Belum ada Komentar untuk "Desain Rumah Sempit Memanjang"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel