Cara Membasmi Kecoa di Rumah

Kecoa adalah hama yang paling dibenci di semua tempat. Dalam beberapa kasus kecoa tidak hanya membawa penyakit, tetapi juga berhubungan dengan lingkungan yang kotor. Ada cara-cara alami untuk mengusir dan membasmi kecoa yang akan bertindak sebagai pembunuh kecoa alami, serta teknik untuk mencegah kecoa kembali lagi ke rumah kita.

Bagi pemilik rumah terutama ibu-ibu tidak perlu khawatir, berikut ini sejumlah cara dan tips untuk membasmi kecoa dan mencegahnya kembali. Untuk bisa mengusir dan mencegah kecoa dengan efektif, kita perlu memahami sedikit mengenai daur hidup kecoa.

Cara Membasmi Kecoa di Rumah
Cara Membasmi Kecoa di Rumah

Apa itu Kecoa?

Ada sekitar 4.000 spesies kecoa di seluruh dunia, hanya sedikit di antaranya yang menjadi hama. Jadi jenis-jenis kecoa di setiap negara bisa jadi berbeda. Kecoa cenderung berada di tempat yang kotor sehingga dianggap beresiko menyebarkan penyakit.

Penyebab Kecoa Masuk Rumah

Memahami penyebab mengapa kecoa masuk ke rumah kita sangat penting sehinga kita bisa mencegahnya. Kecoa tertarik pada sumber makanan yang mudah dijangkau termasuk makanan manusia, makanan hewan peliharaan, tempat yang lembab dan gelap. Jangan tinggalkan makanan, piring dan gelas kotor, selalu bersihkan secara teratur dan pastikan tempat sampah tertutup dan dibuang secara teratur juga. Kecoa menyukai lingkungan yang hangat dan lembab, itulah sebabnya mereka sering ditemukan di dapur dan kamar mandi, terutama di wastafel dan saluran air.

Cara Membasmi Kecoa di Rumah

Kecoa merupakan hewan yang sangat kuat dan mampu bertahan hidup di lingkungan yang keras. Untungnya, ada cara-cara untuk membasmi kecoa yang bisa kitabuat sendiri di rumah.

Soda Kue dan Gula

Cara Membasmi Kecoa di Rumah
Cara Membasmi Kecoa di Rumah dengan baking soda
Soda kue mungkin merupakan bahan yang paling serbaguna di dunia memasak dan kebersihan, dan ternyata juga dapat dijadikan pembasmi kecoa. Buat campuran yang terdiri dari 50 persen baking soda dan 50 persen gula, madu atau sesuatu yang manis dan menarik kecoa. Taruh dalam wadah dan tempatkan di area yang sekiranya kecoa hidup dan berkembang biak. Soda kue akan membunuh kecoa dan sangat aman digunakan.

Boraks dan Gula

Buat campuran dari tiga bagian boraks dan satu bagian gula. Campuran ini bekerja mirip dengan pembunuh kecoa karena bekerja mendehidrasi exoskeleton mereka. Kombinasi ini bekerja lebih cepat daripada menggunakan soda kue dan juga lebih murah, bebas asap dan ramah lingkungan. Meskipun ini adalah bahan alami, namun harus dijauhkan dari anak-anak dan hewan peliharaan.

Minyak Esensial

Minyak esensial bisa menjadi alternatif sebagai cara alami dan bebas bahan kimia untuk mencegah dan membunuh kecoa. Pilih aroma yang Anda sukai seperti aroma cemara, teh atau peppermint, semprotkan langsung pada kecoa atau sekitar sarangnya dan titik masuk rumah Anda.

Kulit Lemon atau Jus Lemon

Aroma segar lemon sering dikaitkan dengan rumah yang bersih dan aroma lemon sering digunakan pada pembersih rumah tangga. Tidak dapat disangkal bahwa jus lemon adalah cairan kuat yang mampu mengikis lemak dan noda, tetapi banyak orang tidak tahu ternyata lemon dapat mengusir kecoa juga.

Cara Membasmi Kecoa di Rumah
Cara Membasmi Kecoa di Rumah dengan lemon

Khasiat anti-patogenik yang terkandung dalam lemon dan jenis jeruk lainnya tidak disukai kecoa.
Anda dapat melakukan beberapa teknik menggunakan lemon untuk mencegah kecoa masuk rumah.

Gunakan jus lemon asli dan semprotkan di area yang sulit dijangkau di rumah dimana kecoa bersarang. Blender kulit lemon dan tempatkan di lantai sekitar rumah yang menjadi tempat kecoa berkeliaraan.

Cara lain yang lebih efektif menggunakan lemon, siapkan:
  • Ember atau mangkuk besar
  • Jus lemon
  • Kain atau handuk

Campur air dan jus bersamaan, pastikan lemon tidak terlalu encer. Sebaiknya masukkan jus lemon ke dalam ember terlebih dahulu, diikuti dengan menambahkan air secara perlahan untuk memastikan bahwa aroma lemon masih kuat.
Dengan menggunakan cairan ini, gunakan handuk atau lap untuk membasuh semua perabot. Tujuannya adalah untuk membersihkan semua permukaan tempat kecoa berada dan untuk mengusir mereka. Selain itu rumah Anda akan memiliki aroma bersih dan segar.

Cara Mencegah Kecoa Masuk ke Rumah

Identifikasi Masalah Kecoa

Banyaknya kecoa dalam rumah kita membuktikan bahwa ada yang menarik mereka masuk ke dalam rumah kita. Saat di dalam ruangan, kecoa menyukai area gelap, hangat dan lembab seperti kamar mandi, ruang bawah tanah, ruang cuci dan basement. Pastikan ruang-ruang tersebut tetap bersih dan kering. Sapu setiap hari lantainya sehingga meminimalisir kotoran yang menumpuk.

Karena kecoa dapat mencemari makanan dengan bakteri E Coli dan Salmonella yang menyebabkan penyakit, jangan anggap enteng kebersihan. Jika Anda kesulitan memberantas atau mengidentifikasi dari mana asal kecoa datang, mungkin saatnya berkonsultasi dengan pengendalian hama profesional.

Jangan Meninggalkan Sisa Makanan

Cara Membasmi Kecoa di Rumah
Cara Membasmi Kecoa di Rumah
Seperti halnya manusia, kecoa membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Namun tidak seperti manusia, kecoa dapat hidup dari hampir semua benda yang ada di sekitarnya, termasuk sisa makanan, puing-puing, dan bahkan remah.

Mulailah dengan langsung membersihkan makanan yang tumpah atau sisa. Jangan meninggalkan hidangan apa pun di atas meja atau di wastafel, simpan di dalam lemari tertutup rapat. Pilih tempat sampah yang dilengkapi dengan tutup dan secara rutin buang isinya.

Basmi Sarang dan Tempat Persembunyian Kecoa

Selain makanan, kecoa membutuhkan tempat untuk berkembang biak. Sudut dan celah di rumah kita menjadi tempat favorit termasuk tumpukan kertas, buku dan kotak kardus, jadi usahakan benda-benda ini selalu bersih dan tidak hanya menumpuk begitu saja. Barang-barang yang menumpuk dan tetap diam akan terbentuk sarang laba-laba dan akhirnya menjadi sarang kecoa.

Gunakan Umpan

Meskipun sanitasi dan konstruksi rumah Anda sudah sangat baik, Anda juga dapat menggunakan alat lain dalam membasmi kecoa. Umpan adalah pilihan lain yang layak untuk dicoba karena mudah diterapkan. Tempatkan umpan di luar rumah sehingga kecoa akan tertarik menuju keluar. Hal ini juga bisa meminimalisir penggunaan pestisida dan obat kimia di area yang luas karena dapat mencemari bagian yang tidak diinginkan seperti meja, perabot, furnitur, dll. Umpan adalah cara yang lebih bersih dan tidak terlalu berisiko untuk mengendalikan masalah kecoa.

Tutup Semua Titik Masuk Kecoa

Kecoa dapat menyelinap melalui celah-celah atau bahkan jendela, jadi tutup semua celah antara bagian dalam dan luar rumah dengan bahan-bahan seperti karet, busa, atau seng. Jika Anda bisa melihat cahaya matahari melalui celah dari dalam rumah, berarti kecoa bisa masuk.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membasmi Kecoa di Rumah"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel