Pindah ke Rumah Baru? Lakukan Hal ini Segera

Pindah ke rumah baru adalah pengalaman hidup yang digambarkan oleh beberapa orang sebagai suatu kesenangan tersendiri. Kita akan menempati rumah baru dengan suasana yang baru juga. Tetapi Ada hal-hal penting lain yang perlu dilakukan saat pindah ke rumah baru.

Memang pindah rumah merupakan langkah yang benar-benar dapat memakan waktu yang lama mulai dari perencanaan, pengepakan, pemindahan, pembersihan.

Ketika tiba di rumah baru, kita menghadapi lebih banyak tantangan. Umumnya kita harus menentukan dimana meletakkan dan menyimpan setiap barang, menentukan kamar tidur masing-masing, menata furnitur dan lain sebagainya. Tetapi masih ada pekerjaan penting yang harus kita lakukan sejak kita masuk ke rumah baru. Pilih hal yang mendesak terlebih dahulu. Sesuaikan juga dengan anggaran dan waktu.

Mengganti Semua Kunci

Pindah ke Rumah Baru? Lakukan Hal ini Segera
Mengganti kunci pintu saat Pindah ke Rumah Baru
Pertama dan terpenting adalah menjamin keamanan keluarga dan isi rumah. Kita tidak tahu ada berapa banyak kunci rumah sebelumnya dan siapa saja yang membawanya. Kita tidak ingin orang asing masuk seenaknya ke rumah baru kita, jadi mengganti kunci di rumah adalah langkah awal, termasuk kunci pintu dan jendela jika ada. Jika memungkinkan lakukan ini sebelum memboyong semua barang, sehingga Anda akan merasa aman tidur di malam pertama di rumah baru Anda.

Bersih-Bersih

Rumah baru baik yang ditinggalkan oleh pemilik lama atau perumahan yang baru berdiri, tentu memiliki tingkat kotor yang berbeda. Sebelum Anda membongkar peralatan makan dan pakaian, luangkan waktu untuk membersihkan secara secara menyeluruh. Alangkah baiknya jika membersihkan semua isi rumah sebelum beraktivitas di dalamnya.

Pindah ke Rumah Baru? Lakukan Hal ini Segera
Bersih-bersih saat Pindah ke Rumah Baru

Bersih-bersih sangat penting karena kita tidak ingin sibuk mempersiapkan rumah baru di sekitar sampah dan debu. Anda dapat melakukannya sendiri, atau jika tidak memungkinkan Anda dapat memperkerjakan orang lain. Ini termasuk membersihkan lemari, rak, lantai, langit-langit, dll. Ini akan memakan beberapa waktu jika segera dilakukan, tetapi akan menjadi jauh lebih berat jika Anda sudah membongakar semua barang.

Periksa Listrik dan Air

Ini bagian yang tidak begitu disukai karena tidak banyak orang yang paham betul dengan listrik dan air. Carilah sirkuit listrik utama dan pastikan masih bekerja dengan baik. Periksa juga saklar, lampu, fitting dan stop kontak yang ada. Segera ganti dengan yang baru jika ada yang rusak. Pompa air juga harus diperiksa. Rumah yang lembab pertanda bahwa rumah memiliki masalah dengan sirkulasi air. Periksa pompa air dan pipa, pastikan tidak ada yang bocor dan merembes. Segera lakukan ini karena kita tidak ingin lantai rumah tiba-tiba basah karena kebocoran.

Memasang Peralatan dan Perabotan

Setelah listrik dan air diperiksa, kita bisa mulai memasang peralatan dan perabot yang ada. Pertama pasang kulkas di tempat yang bersih. Kulkas sangat penting karena harus segera digunakan untuk menyimpan makanan. Kita pasti terlalu sibuk untuk masak, jadi memesan makanan bisa menjadi solusi. Siapkan dapur dan isinya, kamar tidur dan ruang keluarga.

Periksa Kamar Mandi dan Toilet

Pindah ke Rumah Baru? Lakukan Hal ini Segera
Membersihkan kamar mandi saat Pindah ke Rumah Baru
Kamar mandi dan toilet sangat vital. Kedua tempat ini memiliki kesan kotor, jadi perlu segera dibersihkan. Ganti kursi toilet lama dengan yang baru jika memungkinkan sehingga kita tidak perlu khawatir tentang hal apa saja yang terjadi di dalamnya sebelum kita tempati.

Mengecat Dinding dan Langit-Langit

Ini buka hal mendesak, tapi perlu segera dilakukan jika Anda membeli rumah dari penghuni sebelumnya. Cat baru akan memberi suasana yang lebih segar daripada cat yang sudah lama. Ini bisa memakan waktu, jadi sebaiknya mempekerjakan ahlinya. Tidak ada gunanya mengecat jika dinding dan langit-langit rusak. Jadi periksa dengan baik dinding dan langit-langit dan perbaiki jika ada yang rusak. Ini adalah waktu terbaik untuk memperbaiki isi rumah sebelum Anda benar-benar sudah tinggal di dalamnya.

Memperbarui Alamat

Mengubah alamat Anda yang baru sangat penting karena berhubungan dengan banyak hal. Anda tentu tidak ingin ada surat atau kiriman barang yang tidak sampai karena Anda sudah pindah alamat. Urus juga dokumen-dokumen penting kependudukan seperti KTP dan kartu keluarga.

Berkunjung ke Tetangga

Faktor sosialisasi penting terutama untuk anak-anak kita. Jika isi rumah sudah beres, saatnya Anda sekeluarga memperkenalkan diri ke tetangga sekitar. Kita harus tahu bagaimana orang-orang yang ada di sekeliling rumah kita. Ini juga saat yang tepat untuk mencari informasi mengenai daerah tersebut seperti sarana kesehatan, perangkat desa, sekolah, pasar dan lain-lain.

Belum ada Komentar untuk "Pindah ke Rumah Baru? Lakukan Hal ini Segera"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel