Mau Renovasi Rumah? Simak Tips Berikut

Renovasi rumah perlu rencana dan biaya, tidak semudah membalik telapak tangan dalam waktu sehari. Memulai renovasi atau perbaikan rumah tidak akan semudah tayangan renovasi di TV. Dibutuhkan banyak waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, jika Anda sedang merenovasi dapur, kamar mandi, atau kamar tidur akan muncul rasa tidak nyaman selama beberapa waktu karena kegiatan sehari-hari kita pasti terganggu.

Proses yang bervariasi ini dapat membuat kita bertanya-tanya apakah kita harus merenovasi seluruh ruang sekaligus atau melakukannya per bagian dari ruang ke ruang lainnya. Merenovasi seluruh rumah sekaligus memungkinkan kita bisa langsung menyelesaikan semuanya, tetapi tentu saja akan membutuhkan waktu lebih lama. Tetapi di sisi lain, merenovasi ruangan yang berbeda setiap beberapa bulan atau tahun akan membuatnya terasa seperti rumah yang kita tempati masih belum selesai sempurna.



Mau Renovasi Rumah? Simak Tips Berikut
Mau Renovasi Rumah? Simak Tips Berikut

Kedua cara ini sangat tergantung dari kondisi pemilik rumah, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Renovasi rumah merupakan proses terintegrasi yang bisa melibatkan desain, instalasi, listrik, pipa air dan lainnya. Lingkup yang lebih besar, jika ditangani sekaligus memungkinkan kita untuk merencanakannya secara lebih luas dan menyeluruh. Proses dapat diselesaikan sesuai urutan yang pas dan tentu bisa lebih hemat biaya. Jadi dengan perencanaan renovasi seluruh bagian rumah akan tersusun jadwal yang lebih runtut.

Selain itu, lebih mudah mengkoordinir para pekerja bangunan dalam satu proyek sekaligus daripada banyak proyek kecil di waktu yang berbeda.

Meskipun merenovasi setiap bagian rumah secara bersamaan dianggap ideal, itu mungkin bukan pilihan yang paling realistis untuk beberapa orang. Memang butuh biaya yang relatif lebih besar jika harus merenovasi seluruh rumah sekaligus, ditambah lagi dengan waktu.

Merenovasi satu area pada satu waktu dapat memberi kita kesempatan untuk melihat hasilnya, sehingga kita dapat mengetahui mana yang cocok dan mana yang kurang sesuai. Kita bisa melihat apakah metode yang sama bisa diimplementasikan di area rumah yang lain. Dengan demikian kita bisa meminimalisir kesalahan desain.

Jika Anda memilih untuk merenovasi rumah sedikit demi sedikit, sangat direkomendasikan untuk memprioritaskan area yang paling sering Anda gunakan. Misalnya, jika Anda lebih sering menghabiskan waktu di ruang tamu dan sering dikunjungi oleh kerabat, maka ruang tamu bisa menjadi pilihan pertama.

Namun jika kamar mandi, misalnya, mengalami kerusakan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, maka kamar mandi harus didahulukan.

Dari dua piilhan di atas, apakah Anda memilih untuk merenovasi seluruh rumah sekaligus atau sedikit demi sedikit, yang paling penting adalah menyesuaikan dengan kondisi. Itulah pentingnya untuk memilih kontraktor atau tukang bangunan yang memahami kondisi di lapangan dan kebutuhan Anda. Belum tentu metode yang dikerjakan untuk sebuah rumah bisa sesuai dengan rumah Anda.

Setelah Anda tahu cara dan metode yang tepat untuk merenovasi rumah Anda, langkah selanjutnya adalah memulai. Lakukan penelitian sederhana terhadap bagian-bagian rumah, menabung, dan rencanakan jadwal renovasi yang tepat.

Belum ada Komentar untuk "Mau Renovasi Rumah? Simak Tips Berikut"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel