Arah Hadap Rumah Yang Baik

Arah Hadap Rumah Yang Baik
Kelebihan dan kekurangan arah hadap rumah utara, timur, selatan dan barat - Dari sekian banyak desain dan model rumah, kita bisa mengelompokkannya berdasarkan arah hadap rumah secara garis besar, yaitu rumah yang menghadap ke utara, timur, selatan atau barat. Sebenarnya, arah hadap rumah tidak selalu sama dengan arah hadap pintu utama. Hal ini telah menyebabkan banyak kebingungan banyak orang, terutama bagi mereka yang berencana ingin membeli rumah baru.

Baca juga: Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah
 
Arah Hadap Rumah Yang Baik
Arah Hadap Rumah tidak ditentukan arah hadap pintu
Anda tentunya pernah melihat rumah dengan daun pintu yang menghadap ke samping. Jika pintu depan utama dan rumah itu sendiri menghadap arah yang sama maka akan lebih mudah menyebut arah hadap rumah. Ketika pintu dan rumah menghadap arah yang sama akan berpotensi memudahkan kita untuk mengorganisir dan mengatur rumah tersebut. Setiap rumah dengan arah hadap yang berbeda-beda pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kondisi lahan, cuaca, lingkungan dan lain sebagainya.

Rumah atau bangunan yang menghadap ke utara atau sekitar timur laut dianggap yang paling baik karena mendapatkan sinar matahari sepanjang hari, terutama di musim hujan ketika matahari berada pada titik terendah. Selain itu kita juga perlu mempertimbangkan arah angin. Tergantung dimana lokasi rumah Anda, rumah yang menghadap ke pantai pasti mendapatkan lebih banyak angin.

Arah Hadap Rumah Yang Baik
Cahaya matahari dalam interior rumah

Rumah yang menghadap ke timur memiliki kelebihan tersendiri, yaitu bisa menikmati indahnya matahari terbit, tapi akan segera hilang ketika siang hari. Di musim kemarau, sinar matahari pagi akan terasa nyaman dan hangat. Tapi ingat, jika Anda berada di daerah perumahan atau kondominium, Anda mungkin perlu berpikir lebih untuk mengatur bagaimana cahaya matahari masuk ke dalam interior rumah.

Arah Hadap Rumah Yang Baik
Rumah menghadap ke timur di pagi hari

Sedangkan rumah yang menghadap ke selatan umumnya tidak mendapatkan banyak sinar matahari. Jadi kita perlu hati-hati ketika merancang ventilasi rumah karena kemungkinan interior akan menjadi gelap jika tidak ditangani dengan baik. Untuk mengatasinya Anda bisa menempatkan jendela yang berukuran agak besar di sisi timur rumah sehingga bagian dalam nasih bisa mendapatkan sinar matahari pagi.


Arah Hadap Rumah Yang Baik
Rumah menghadap ke barat

Rumah yang menghadap ke barat mirip dengan rumah yang menghadap ke timur, yaitu mendapatkan sinar matahari namun ketika sore hari. Matahari sore masuk pada sudut hampir horisontal dan cukup terang ketika musim kemarau. Matahari dari sudut rendah biasanya sangat terang, namun berlangsung tidak terlalu lama. Beberapa orang menghindari rumah yang menghadap ke barat, tapi bukan berarti rumah yang menghadap ke barat kurang bagus. Kita hanya perlu melakukan sedikit trik agar tetap nyaman, seperti merancang teras yang agak panjang atau memasang penutup khusus di bagian depan.

Arah Hadap Rumah Yang Baik
Pelindung dari sinar matahari

Bagi beberapa orang, arah hadap rumah menjadi faktor yang sangat penting, seperti pada Feng Shui. Semua tergantung pada masing-masing orang. Berbagai arah hadap rumah memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Yang terpenting adalah kita bisa merasa nyaman ketika berada di dalam rumah.

Belum ada Komentar untuk "Arah Hadap Rumah Yang Baik"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel