Tips Membeli Rumah di Perumahan

Tips Membeli Rumah di Perumahan
Membeli rumah bisa membuat kita gugup dan pusing, terutama jika kita belum pernah membeli rumah sebelumnya. Bisa jadi ini adalah pembelian dengan harga tertinggi selama ini, ditambah prosesnya yang rumit dan penuh dengan biaya di luar dugaan.

Saat ini banyak developer yang menawarkan perumahan dengan promo yang menarik. Kita bisa membeli rumah secara kontan atau dengan mengangsur. Semua tergantung dari kondisi keuangan kita.

Baca juga: Tips Membeli Rumah Secara KPR

Agar proses membeli rumah bisa lebih lancar, berikut ini beberapa tips yang bisa membantu kita melalui berbagai proses untuk mendapatkan hunian yang berkualitas:

Carilah informasi sebanyak mungkin. Nasihat dari orang tua atau saudara bisa menjadi referensi kita, meskipun kita tidak harus mengikutinya. Ketika kita memutuskan untuk membeli rumah, mulailah cari informasi dari teman dan keluarga untuk mendapatkan saran yang bermaksud baik. Pendapat mereka sangat berharga, tapi pengalaman di masa lalu bukan berarti dapat kita tiru karena kondisi pasar properti yang berubah-ubah.

Luangkan waktu untuk memeriksa kondisi rumah. Teliti setiap bagian rumah yang ingin Anda beli. Apakah ada bau jamur atau hewan, ketuk dinding untuk melihat masih kokoh, gerakkan pintu dan jendela. Masuklah ke dalam dapur dan toilet. Pastikan tidak ada masalah atau kerusakan serius.

Bantuan profesional bisa sangat bermanfaat. Jika benar-benar buntu, kita bisa memanfaatkan bantuan profesional. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki teman yang paham atau ahli di bidang properti. Anda bisa menyewa agen yang bisa memberi bantuan untuk menghindari konflik. Cari tahu pengalaman seperti apa yang mereka miliki, berapa banyak pembeli yang mereka wakili dan apakah mereka dapat berbagi referensi apa pun. Bicaralah dengan beberapa agen yang berbeda sebelum memutuskan.

Anda dapat menggunakan agen untuk melakukan negosiasi, tetapi bukan berarti Anda menyerahkan semua kepada mereka. Sebagai pembeli, Anda harus merasa memegang kendali dan seolah-olah Anda tidak akan rugi melalui negosiasi yang kuat. Jangan sampai terlena dengan masalah-masalah kecil.

Tetap tenang dan cermat mengambil keputusan. Pengembang perumahan adalah tenaga penjualan yang ahli. Mereka akan membuat Anda terburu-buru dengan tawaran yang menggiurkan dan memaksa dengan halus untuk membuat penawaran sebelum orang lain merebutnya. Jika Anda merasa tergesa-gesa, maka mundur dan ambil waktu untuk berpikir. Semua kendali ada di tangan Anda, jangan biarkan pihak lain mengambil alih.

Tentukan anggaran biaya berdasarkan apa yang Anda mampu bayar sekarang, bukan jumlah maksimum yang bisa Anda pinjam. Biasanya kita akan mendapatkan daftar angsuran yang bisa kita pilih berdasarkan lama angsuran. Jika membeli kontan kita akan mendapatkan harga yang lebih rendah. Perhatikan tiap pilihan dan sesuaikan dengan kemampuan anggaran Anda.

Meskipun Anda cukup yakin bahwa Anda akan menghasilkan pendapatan lebih banyak dalam satu atau dua tahun, Anda juga harus mempertimbangkan peningkatan biaya lain dalam hidup Anda. Anak-anak, sekolah, kendaraan, dan rencana perjalanan adalah pos yang tidak murah.

Hampir semua orang suka rumah dengan kebun atau halaman yang luas, tetapi jika Anda tidak terbiasa merawat kebun lebih baik berpikir dua kali sebelum membeli. Jika halaman rumah Anda luas, Anda perlu meluangkan waktu atau menghabiskan akhir pekan dengan menyapu dan merawat rumput sekitar.

Membeli rumah bisa menjadi perjalanan panjang. Ada orang yang dengan mudah mendapatkan rumah idaman mereka, tapi belum tentu dengan kita. Oleh sebab itu jangan mudah percaya dan terburu-buru. Tidak perlu membuat rencana waktu atau deadline untuk membeli rumah. Jangan takut untuk menolak tawaran yang buruk. Masih ada rumah yang lain, atau bahkan yang lebih baik.

Belum ada Komentar untuk "Tips Membeli Rumah di Perumahan"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel