Tips Merawat Taman dan Halaman Rumah Minimalis

Memiliki pemandangan yang indah merupakan dambaan setiap orang. Hal ini juga membutuhkan uang dan usaha untuk mendapatkan suatu pemandangan yang akan menciptakan nuansa ramah ke rumah Anda. Setelah Anda memilikinya, Anda harus memastikan untuk merawatnya karena jika tidak, semua usaha dan biaya yang Anda keluarkan akan sia-sia. Keindahan lansekap akan berkurang jika Anda tidak berusaha untuk mempertahankannya.


Anda dapat melakukan perawatan taman sendiri atau juga bisa menyewa seseorang untuk melakukannya. Hal terpenting ketika merawat halaman adalah Anda tahu apa yang diperlukan taman Anda. Jadi, kali ini kita akan membahas tips-tips tentang bagaimana menjaga dan merawat taman rumah Anda dan melestarikan keindahannya. Perhatikan baik-baik tips di bawah ini :

  • Bersihkan setiap hari
Tips Merawat Taman dan Halaman Rumah Minimalis
Biasakan untuk membersihkan halaman rumah setiap hari. Meskipun hanya ada beberapa daun yang jatuh atau hanya sesuatu yang akan membuatnya terlihat berantakan. Jika Anda tidak akan membersihkannya setiap hari, kotoran atau daun akan menumpuk dan mungkin akan sulit untuk membersihkannya ketika sudah menumpuk. Menyapu halaman Anda bisa menjadi cara yang baik untuk olahraga.
  • Singkirkan tanaman yang mengganggu
Tips Merawat Taman dan Halaman Rumah Minimalis
Gulma atau tumbuhan yang dapat mengganggu tanaman lainnya dapat merusak taman dan akan membaut tampilan taman terlihat buruk. Tapi ada juga beberapa jenis gulma yang dapat membantu menambah keindahan. Anda dapat menggunakan pembunuh gulma dan pupuk untuk menjaga tanaman Anda. Atau cara yang paling mudah adalah dengan mencabutnya hingga ke akar sehingga tidak akan tumbuh lagi.
  • Periksa kesehatan tanaman secara berkala
Tips Merawat Taman dan Halaman Rumah Minimalis
Akan lebih baik jika semua tanaman Anda dalam kondisi sehat. Jangan sampai ada penyakit dan serangga yang dapat merusak tanaman. Anda dapat melakukannya di pagi hari karena Anda masih bersemangat dalam melakukannya serta kondisi tanaman masih segar. Perhatikan setiap detail sehingga Anda tidak akan merasa sulit untuk mengatasi masalah yang timbul. Anda juga harus memotong bagian yang kering dan tidak sehat sehingga tidak akan menyebar pada bagian tanaman lainnya.
  • Pengairan yang tepat
Tips Merawat Taman dan Halaman Rumah Minimalis
Tanaman akan tumbuh subur jika memiliki sistem pengairan yang tepat. Anda harus tahu jumlah air yang dibutuhkan tanaman degnan tepat karena jika tidak hal ini dapat membunuh mereka karena kekurangan air atau malah kelebihan air. Anda juga perlu tahu seberapa sering tanaman Anda harus disiram. Hal ini juga tergantung pada umur tanaman apakah Anda baru menanamnya atau sudah lama. Tanaman yang baru membutuhkan lebih banyak air daripada yang sudah sepenuhnya tumbuh dan stabil.
  • Jangan membunuh cacing tanah
Tips Merawat Taman dan Halaman Rumah Minimalis
Jika Anda melihat cacing tanah di taman Anda makan biarkanlah mereka hidup. Ini adalah tanda-tanda tanah yang sehat. Pastikan Anda menjaga tanah tetap sehat dengan mengutamakan penggunaan pupuk kandang maupun pupuk kompos. Pemupukan tanah akan membantu memberikan makanan sehat untuk tanaman.
  • Rawat juga struktur dan fitur lainnya
Tips Merawat Taman dan Halaman Rumah Minimalis
Struktur dan fitur taman seperti patung, pilar atau bangunan lain dapat menambah keindahan taman. Karena semua fitur ini terbuat dari batu bukan berarti Anda tidak merawatnya. Fitur-fitur seperti ini juga membutuhkan perawatan yang tepat. Sebaiknya Anda juga membersihkannya dari debu dan kotoran yang menempel. Anda dapat mencucinya dengan deterjen dan sabun setidaknya sekali dalam sebulan.
  • Irigasi
Tips Merawat Taman dan Halaman Rumah Minimalis
Pasanglah penyiram air yang dapat menyediakan irigasi untuk tanaman-tanaman di taman Anda. Pastikan untuk memilih ukuran sprinkler (penyiram) yang tepat. Tempatkan sprinkler di tempat yang tepat sehingga semua tanaman mendapat air sesuai dengan yang dibutuhkannya. Oleh karena itu, lihatlah kondisi halaman Anda sebelum memasang sprinkler.
  • Mengatur furnitur outdoor
Tips Merawat Taman dan Halaman Rumah Minimalis
Terdapat beberapa jenis furnitur yang dirancang khusus untuk ditempatkan di area pekarangan dan halaman. Hal ini digunakan tidak hanya untuk menambah daya tarik tetapi juga untuk memberikan tempat duduk untuk beristirahat dengan lingkungan yang segar di sekitar Anda. Pastikan furnitur outdoor yang Anda gunakan memiliki kualitas yang baik. Pilihlah bahan yang mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama dan tahan dengan perubahan cuaca. Salah satu cara sederhana untuk merawatnya adalah dengan membersihkannya secara teratur.
  • Pangkas tanaman
Tips Merawat Taman dan Halaman Rumah Minimalis
Ketika tanaman sudah tumbuh terlalu banyak, potonglah beberapa ranting dan daunnya sehingga tidak akan terlihat berantakan dan tidak mengganggu tanaman lain di sekitarnya. Jika Anda membiarkannya tumbuh tanpa kendali, maka akan mengubah tampilan taman. Pertahankan ukuran dan bentuk awal dengan memotong beberapa bagian yang melebihi batas. Anda juga harus memeriksa dan memotong cabang dan ranting yang dapat mengganggu saluran air dan irigasi untuk menghindari penyumbatan air. Jangan biarkan tanaman tumbuh terlalu besar yang dapat mengganggu pemandangan.
  • Hiasan air
Tips Merawat Taman dan Halaman Rumah Minimalis
Membuat fitur air di taman adalah salah satu cara yang baik untuk menambahkan kehidupan ke halaman Anda. Suara yang diciptakan oleh air yang mengalir membuat suasana yang santai. Salah satu hal yang dapat mengganggu hiasan air adalah ganggang dan lumut. Oleh karena itu, Anda harus memastikan dan menjaga semua fitur air tetap bebas dari kotoran. Jika kondisi air statis, Anda dapat menggantinya secara rutin dan membersihkannya sebelum memasukkan air yang baru. Jika Anda memiliki kolam, Anda harus memastikan ada keseimbangan dalam ekosistem. Hal ini dapat dilakukan dengan memasukkan beberapa ikan, tanaman air, batu, pipa dan pompa yang tepat serta sistem filter.

Memiliki taman adalah teknik yang bagus untuk memperindah tampilan rumah Anda, tetapi Anda juga harus memastikan untuk merawatnya. Tanpa perawatan yang tepat, taman tidak akan mampu mempertahankan aura yang baik. Selain itu, taman akan terlihat kotor jika tanaman di dalamnya tidak dirawat dengan baik. Beberapa tips di atas dapat membantu Anda untuk menjaga dan merawat halaman dan dan mempertahankan keindahannya. Selain itu, Anda juga harus memilih tanaman yang tepat untuk taman rumah Anda.

Belum ada Komentar untuk "Tips Merawat Taman dan Halaman Rumah Minimalis"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel