Rumah Ideal Keluarga Kecil

Rumah Ideal Keluarga Kecil
Rumah ideal sangat tergantung pada kebutuhan setiap keluarga yang berbeda-beda. Ketika kita pertama kali merancang rumah baru, kita punya kesempatan untuk memastikan desain dan rancangan yang sesuai dengan kondisi keluarga kita. Secara umum ada beberapa kriteria yang menjadi faktor utama sebuah rumah dikatakan ideal untuk keluarga.

Unsur-unsur yang mempengaruhi rumah ideal misalnya ukuran rumah, desain, interior, lingkungan dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa syarat rumah layak huni agar keluarga bisa tinggal dengan nyaman dan aman.

Tata Letak Rumah Ideal
Dua pertimbangan utama saat mengatur tata letak rumah keluarga Anda adalah visibilitas dan konektivitas. Pada tahun-tahun awal, orang tua harus bersama anak-anak sepanjang waktu, tetapi tetap dapat melakukan kegiatan pribadi rutin hariannya. Agar berjalan dengan baik, pemilik rumah harus bijaksana untuk membuat tata letak dengan perbandingan yang seimbang antara area terbuka dengan ruang pribadi untuk kamar yang lebih tenang.

Rumah Ideal Keluarga Kecil
Ruang tamu rumah ideal

Kombinasi ruang yang paling umum dan sesuai dengan kebanyakan pemilik rumah adalah dapur, ruang makan dan ruang keluarga. Di ruangan inilah sebagian besar kita menghabiskan waktu setelah beraktivitas di luar rumah. Aspek penting untuk ruangan utama ini  antara lain pencahayaan alami yang baik, akses yang mudah ke area lain seperti taman, kebun dan tempat lain yang lebih santai.
Baca juga: Menata Ruang Tamu Yang Menyatu Dengan Ruang Keluarga

Dengan bertambahnya anggota keluarga, anak-anak pasti memiliki banyak barang. Mainan bisa berserakan dimana-mana, Anda harus mencuci pakaian setiap hari, sehingga tentu perlu mesin cuci. Setelah itu bertambah lagi ada kendaraan, sepatu, sepeda, peralatan kerja, dll. Semakin lama rumah akan penuh.

Rumah Ideal Keluarga Kecil
Ruang penyimpanan rumah ideal

Untuk mengatasi masalah ini, buatlah satu ruang khusus sebagai tempat penyimpanan dengan ukuran yang disesuaikan, dilengkapi dengan lemari atau rak untuk setiap anggota keluarga. Sehingga barang-barang antar anggota keluarga tidak tercampur dan lebih terorganisir. Ruang penyimpanan tertutup sangat bagus untuk menyimpan benda-benda yang tidak terpakai.
Baca juga: Membuat dan Mengatur Tempat Penyimpanan Kreatif

Untuk rumah dua lantai, kita bisa mempertimbangkan untuk menempatkan WC di tempat yang strategis, bisa diakses oleh tamu dengan mudah tapi tetap tersembunyi. Biasanya ruangan ini terletak di lorong antara ruang keluarga yang tetap bisa dijangkau dengan mudah.

Rumah Ideal Keluarga Kecil
Ruang kerja rumah ideal

Rumah modern umumnya memiliki tempat khusus untuk bekerja, belajar atau bermain anak. Secara ideal, ruangan ini harusnya terpisah, tapi jika luas terbatas tetap bisa dijadikan satu dengan pembagian yang jelas. Dengan demikian, setiap anggota keluarga dapat menjalankan aktivitasnya dengan lancar tanpa gangguan.
Baca juga: Mengatur dan Mengorganisir Ruang Kerja di Rumah

Idealnya, setiap kamar tidur memiliki kamar mandi sendiri, tetapi tidak selalu memungkinkan karena ukuran atau batasan biaya. Sebaliknya, kita bisa mengatur satu kamar mandi per dua kamar tidur, terutama jika di dalam rumah ada kamar tidur utama dan kamar tidur tamu. Teknik ini tidak baku, tentu harus disesuaikan dengan kondisi rumah itu sendiri. Minimal di masing-masing lantai terdapat satu kamar mandi.

Rumah Ideal Keluarga Kecil
Kamar mandi rumah ideal

Merancang dan mendesain rumah Anda sendiri tentunya merupakan usaha paling menantang dan membutuhkan segenap pemikiran yang akan harus dipertimbangkan dengan matang. Pada awalnya memang berat, tapi akan memudahkan Anda di masa yang akan datang. Anda tidak perlu merenovasi lagi dalam waktu yang relatif lama.

Belum ada Komentar untuk "Rumah Ideal Keluarga Kecil"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel