Pengharum Ruangan Alami untuk Rumah Anda

Setiap rumah, termasuk rumah Anda memiliki aroma yang unik. Baik itu bau yang harum ataupun bau yang tidka sedap. Masalahnya, kita tidak akan bisa mencium bau rumah kita seperti orang lain selain penghuni rumah. Hidung kita sudah kebal dengan aroma yang ada. Pengharum ruangan bisa menjadi solusi, terutama jika menggunakan bahan-bahan alami yang tidak berbahaya.

Tamu akan langsung merasakan nyaman atau tidaknya ia di rumah kita saat mencium aromanya. Jika aromanya sedap maka ia akan merasa nyaman, begitu juga sebaliknya. Pemilik hewan peliharaan biasanya yang paling rawan menyebabkan rumah bau karena kotoran.

Anda mungkin belum tahu bahwa kita bisa membuat sendiri pengharum ruangan dengan bahan-bahan alami tidak berbahaya. Ada beberapa cara untuk membuat ruangan semakin harum, berikut beberapa diantaranya:

Buah-buahan:

Buah bisa menjadi salah satu alternatif pengharum ruangan. Buah yang bisa kita manfaatkan antara lain apel, lemon, limau, jeruk, cranberry dan jahe. Selain sehat aroma dari buah-buahan ini sangat harum, bahkan pengharum ruangan buatan biasanya mengacu pada aroma buah ini.

Herbal:

Pengharum Ruangan Alami untuk Rumah Anda
Tanaman rosemary sebagai pengharum ruangan alami
Pohon herbal segar adalah yang terbaik untuk pengharum ruangan. Herbal bisa juga dijadikan tanaman hias interior rumah Anda. Pohon herbal yang berbatang tipis tidak akan tahan selama. Cari herbal segar yang berkayu atau dengan ranting untuk hasil terbaik seperti rosemary, thyme, serai.

Rempah-rempah:

Pengharum Ruangan Alami untuk Rumah Anda
Kayu manis sebagai pengharum ruangan alami
Kayu manis, kapulaga, cengkeh, adas atau rempah-rempah lainnya juga bisa kita pakai. Tentu saja, tidak semua jenis rempah bisa kita pakai. Anda tidak ingin ruang tamu Anda terasa seperti dapur karena aroma merica bubuk dimana-mana. Rempah bisa digunakan dengan diiris atua juga dibiarkan utuh.

Sari Pati:

Sari pati atau biasa disebut juga dengan ekstrak memberikan kesempatan untuk kita lebih bereksplorasi untuk pengharum ruangan rumah kita. Ekstrak bisa diambil dari peppermint, vanilla, maple, almond atau ekstrak kelapa untuk menambahkan aroma yang kuat pada aroma khas rumah Anda. Ada ratusan ekstrak yang tersedia, mulai dari ekstrak aroma buah, bunga, hingga makanan dan  minuman.

Pohon:

Jika Anda menyukai aroma pohon, tambahkan beberapa ranting pinus atau kayu manis. Anda juga dapat menggunakan aroma teh dan kopi.

Cara Membuat Pengharum Rumah Alami.

  • Potong buah kecil-kecil, misalnya buah jeruk atau anggur dan masukkan ke dalam wadah
  • Tambahkan rempah-rempah, ekstrak atau herbal, misalnya kayu manis, rosemary, thyme
  • Isi panci dengan air dan rebus bahan-bahan di atas
  • Setelah hampir mencapai titik didih, kecilkan api dan didihkan dengan api kecil.
Pengharum Ruangan Alami untuk Rumah Anda
Proses pembuatan pengharum ruangan alami

Anda bisa membiarkan air mendidih selama beberapa jam, dengan menambahkan air untuk mencegah bahan-bahan terbakar. Setelah dirasa sudah cukup, Anda bisa menuangkan dan mendinginkan air rebusan. Air rebusan ini bisa digunakan beberapa kali lagi. Perlu diingat bahwa buah dan herbal memiliki tingkat daya tahan yang berbeda-beda.

Membersihkan dan Menghilangkan Bau Rumah

Bau tidak sedap di ruangan berasal dari kebiasan pemilik rumah. Berikut ini beberapa langah sederhana untuk menghilangkan bau di rumah, tetapi ini hanyalah solusi untuk masalah bau yang tidak parah. Jika Anda benar-benar ingin rumah berbau segar, maka rumah harus selalu dalam kondisi bersih dan bebas dari kotoran:
  • Mengosongkan sampah setiap waktu, terutama jika ada sisa makanan.
  • Menghilangkan kotoran dan bau pada karpet dan alas dengan baik, usahakan memakai penyedot debu.
  • Jaga agar lantai tetap bersih
  • Tidak merokok di dalam ruangan
  • Membuka jendela agar udara segar masuk, lakukan sesering mungkin jika cuaca memungkinkan.
  • Menggunakan kipas pembuangan pada kamar mandi dan dapur untuk menghilangkan bau dan kelembaban dari dalam rumah.
  • Jika memiliki hewan peliharaan maka harus dirawat dengan benar, misalnya mengosongkan kotak kotoran dan membersihkan kaki binatang peliharaan setelah berada di luar ruangan.

Belum ada Komentar untuk "Pengharum Ruangan Alami untuk Rumah Anda"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel