Membersihkan Udara Dalam Rumah Secara Alami

Cara alami membersihkan udara di dalam rumah sehat. Tingkat polusi udara di dalam rumah kita ternyata hampir sama dengan yang kita hirup di luar rumah, bahkan bisa lebih tinggi. Mungkin ini tidak masuk akal, namun inilah faktanya karena memang kita menghirup udara di dalam rumah hampir sepanjang waktu. Mulai dari kasur yang kita pakai tidur setiap hari, pakaian, piyama, jamur, debu, sisa makanan dan benda-benda lain menjadi penyebab utama polusi udara dalam rumah kita. Itulah sebabnya kita harus rutin membersihkan udara dalam rumah kita dan melakukan pencegahan agar udara dalam rumah tetap segar alami.

Membersihkan Udara Dalam Rumah Secara Alami
Membersihkan Udara Dalam Rumah Secara Alami (livecleantoday.com)

Zat beracun banyak ditemukan pada insektisida, perekat, shampo, krim cukur, karpet dan peralatan rumah tangga lainnya. Zat ini banyak ditemukan dalam kandungan asap rokok yang menjadi faktor utama polusi udara dan dapat menyebabkan komplikasi fatal, tidak hanya bagi perokok aktif tapi juga perokok pasif. Bahan kimia dari cat, pernis kayu, produk rambut dan kuku, produk pembersih dan deterjen, semuanya berkontribusi terhadap polusi udara di dalam rumah kita. Sangat mengejutkan memang, begitu banyak kontaminan yang berpotensi berbahaya ada di dalam rumah kita.
Baca juga: 9 Cara Merawat Rumah Agar Sehat dan Bersih

Membuat udara rumah bersih tidak hanya harus dilakukan oleh pemilik rumah di kota besar, tapi di setiap rumah. Cara terbaik untuk membersihkan udara dalam rumah adalah dengan metode alami dan menghindari peran pembersih kimia. Kita menghabiskan banyak waktu di dalam rumah, bernapas dengan udara bersih harus menjadi prioritas utama.

Cara Alami Membersihkan Udara di Rumah :

Mengatur Ventilasi Udara
Rumah dengan ventilasi yang baik bisa mengurangi tingkat kelembaban, yang merupakan masalah utama dalam kasus kualitas udara dalam ruangan. Ventilasi yang baik bukan berarti harus membuka semua jendela dan membiarkan semua polusi udara luar masuk ke ruang rumah Anda. Tempatkan ventilasi udara di tempat yang strategis, dimana udara yang masuk adalah udara bersih dan udara yang kotor bisa mengalir keluar. Alternatif lain yang cukup efektif adalah menggunakan kipas angin yang membantu membawa polutan di luar. Ruang lain yang perlu ventilasi adalah dapur karena memasak bisa menjadi sumber utama polusi udara dalam ruangan, terutama jika Anda menggunakan kompor gas.
Baca juga: Model Angin-Angin Jendela Rumah

Lilin Aromaterapi
Lilin aromaterapi bertindak sebagai pembersih udara alami. Jika Anda suka mengisi rumah Anda dengan lilin beraroma, hindari lilin parafin yang berasal dari minyak bumi dan megnandung benzena, toluena dan jelaga ke udara. Karena lilin ini malah menghasilkan polusi, pilihlah lilin alami yang mengionisasi udara dan menetralkan senyawa toksik dan kontaminan lainnya. Selain meningkatkan kualitas udara di rumah, lilin ini juga menyala lebih lama sehingga Anda tidak perlu sering menggantinya. Sebenarnya lilin murni terbakar hampir tanpa asap atau aroma dan mampu menghilangkan alergen umum seperti debu dari udara.

Tanaman Hijau
Tanaman segar dapat memurnikan dan meremajakan udara di dalam rumah dan tempat kerja, menjaga kita dari efek samping yang terkait dengan racun umum seperti amonia, formaldehid dan juga benzena. Ini juga cara terbaik untuk mengatasi dampak pencemaran di dalam ruangan, terutama jika ada anggota keluarga dengan riwayat penyakit pernafasan. Para hali menyarankan agar setidaknya ada satu tanaman dalam rumah berukuran standar untuk membersihkan udara secara efisien. Tanaman terbaik untuk menyaring racun dari udara adalah bunga lily, pohon palem yang mudah beradaptasi, dan masih banyak jenis tanaman lain. Tanaman segar juga sangat baik ditempatkan di ruang kerja dimana di dalamnya terdapat komputer, printer, faks, dan peralatan elektronik lainnya.
Baca juga: 8 Tanaman Sehat di Dalam Rumah

Minyak Esensial
Dengan adanya minyak esensial seperti kayu manis, oregano, rosemary, thyme, jeruk/lemon, cengkeh, teh dan jenis minyak lain bisa menahan perkembangan virus, jamur dan bakteri dalam rumah. Selain itu minyak esensial juga bisa menjadi pewangi alami dalam rumah. Anda bisa mengkombinasikannya dengan lilin aromaterapi agar hasilnya lebih maksimal.

Untuk memaksimalkan pembersihan udara dalam rumah kita, lakukan beberapa tips berikut ini:
  • Karpet adalah sarang berbagai kotoran sehingga harus sering dibersihkan. Terutama bagian karpet di dekat pintu masuk rumah.
Baca juga: Teknik Membersihkan Karpet Tanpa Air
  • Kurangi kelembaban berlebihan, penumpukan debu dan penggunaan produk kimia seperti cat, deterjen, dan serat sintetis. Untuk membersihkan debu gunakan kain lembab untuk menghindari penyebaran debu yang lebih parah yang berpotensi mengganggu pernapasan saat Anda membersihkannya.
  • Berhenti merokok dan mencegah jika ada tamu yang akan merokok di dalam rumah Anda.
  • Saat membeli barang-barang rumah tangga, carilah yang alami atau paling tidak bebas dari bahan kimia berbahaya.
  • Jika Anda memiliki tanaman di rumah, bersihkan daunnya secara teratur untuk menyingkirkan kotoran sehingga tanaman dapat berfungsi menyegarkan udara dengan maksimal.
  • Lepaskan alas kaki sebelum masuk rumah, atau bersihkan dengan baik. Sepatu dan sandal membawa berbagai kotoran, bisa jadi sangat berbahaya bagi kesehatan.
  • Buka jendela hanya di waktu tertentu saat udara segar, tutup kembali jika udara sudah mulai kotor. Dinginkan rumah Anda dengan menggunakan kipas angin di langit-langit dan meminimalkan penggunaan peralatan penghasil panas.
  • Bersihkan AC secara rutin, perhatikan setiap detial dan kebocoran.

Belum ada Komentar untuk "Membersihkan Udara Dalam Rumah Secara Alami"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai rumah minimalis. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel